Contoh Makalah|Sinar Gama Sebagai Penghambat Bagi Kesehatan|Ilmu Kesehatan|Jurusan Akbid


Kali ini saya akan berbagi Materi Mengenai Bahaya Sinar Gama Bagi Kesehatan, Di Mulai dari Bab I, Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Fisika dan biologi merupakan dua dari sekian banyak ilmu pengetahuan alam yang ada. Penyatuan dua cabang ilmu ini menghasilkan cabang ilmu biofisika, dan fisika medis. Biofisika mempelajari tentang bagaimana mengaplikasikan hasil temuan bidang fisika terhadap dunia biologis (ilmu penyakit dan penanggulangannya). Sebagai contoh, penggunaan sinar gamma sebagai penghambat sel kanker. Selain itu, ilmu instrumentasi digunakan bagi membentuk gambar bagian tubuh yang berpenyakit, baik secara 1-D, 2-D atau 3-D.
Fisika merupakan ilmu yang memahami tentang interaksi alam dan penyebab interaksi tersebut. Biologi mempelajari tentang benda hidup serta sifat-sifat dari benda hidup. Penyatuan antara keduanya memberikan sebuah cabang ilmu baru yang memperkaya khazanah ilmu pengetahuan alam. Dan penggabungan ilmu tersebut biasanya disebut dengan biofisika.
Dewasa ini, terdapat tiga tipe perawatan kanker yang paling umum yaitu operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Perawatan ditujukan untuk membuang sel – sel kanker atau menghancurkan mereka dalam tubuh dengan obat – obatan atau agen lainnya
Dan pada makalah ini akan membahas tentang penggunaan sinar gamma yang merupakan salah satu radioterapi sebagai penghambat sel kanker dan pelacak bagian tubuh yang digerogoti kanker.

1.2 Rumusan Masalah
Apa yang dimaksud dengan radiasi gamma?
Apa yang dimaksud dengan kanker?
Apa saja penyebab kanker?
Bagaimana proses penggunaan sinar gamma sebagai penghambat sel kanker dan pelacak bagian tubuh yang digerogoti kanker?

1.3 Tujuan
Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan radiasi gamma.
Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kanker.
Untuk mengetahui apa yang menyebabkan kanker.
Untuk mengetahui bagaimana proses sinar gamma sebagai penghambat sel kanker dan pelacak bagian tubuh yang digerogoti kanker.


Pengunjung