Contoh Penulisan Abstrak Skripsi Yang Baik dan Benar 2014|

ABSTRAK

Pembedahan adalah  salah satu bentuk terapi medis yang merupakan upaya yang dapat mendatangkan stress karena terdapat ancaman terhadap tubuh, integritas dan jiwa seseorang, dimana reaksi psikologis pasien terhadap penyakit fisik dapat menyebabkan ancaman serius pada kesehatan yang menuntut perhatian perawat. Untuk menanggapi reaksi psikologis semacam ini membutuhkan komunikasi khusus antara pasien dan perawat dimana perawat memerlukan waktu untuk menanyakan dan mendengar ketakutan, kekhawatiran, keyakinan mengenai kesehatan dan keadaan pasien sendiri. Hal ini termasuk memberikan dukungan emosional dan memberikan informasi yang diarahkan langsung pada perawatan psikologis.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kebutuhan pasien pre operatif akan dukungan psikologis dan dukungan spiritual di ruang bedah Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin Bandung.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang akan dilakukan pembedahan di ruang bedah Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin Bandung pada bulan November 2005. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling sebanyak 40 orang pasien pre operatif.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Diperoleh hasil sebagai berikut: kebutuhan psikologis yang berdasarkan kategori kebutuhan informasi adalah 55 % sangat memerlukan dukungan informasi, 45 % cukup memerlukan dukungan informasi. Untuk kategori kebutuhan emosional 77,5 % sangat memerlukan dukungan emosional, 22,5 % cukup memerlukan dukungan emosional. Untuk kebutuhan spiritual 80 % sangat memerlukan dukungan spiritual dan 20 % cukup memerlukan dukungan spiritual.
 Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pasien yang akan mengalami tindakan pembedahan dalam mengurangi rasa nyeri, kecemasan dan membantu bisa istirahat serta mengurangi lama hari perawatan mereka sangat memerlukan dukungan psikologis dan spiritual sehingga perawat perlu menyediakan waktu khusus untuk komunikasi untuk menanyakan dan mendengar ketakutan, kekhawatiran, keyakinan mengenai kesehatan dan keadaan pasien sehingga pasien akan merasa yakin dan tenang dalam menghadapi tindakan pembedahan karena dengan kesiapan pasien akan membantu dalam kelancaran intra-operatif dan mempercepat proses penyembuhan.



Pengunjung