TIPS UNTUK MERAIH KESUKSESAN HIDUP

10 WASIAT UNTUK MERAIH KESUKSESAN

DI DALAM KEHIDUPAN NYATA

Tidak diragukan lagi bahwa kesuksesan seorang di dalam kehidupan merupakan salah satu perkara yang penting, sebab itu ia menginginkan kesuksesan di dalam pekerjaanya, juga berharap manusia mencintainya dan menerima dirinya, serta mempunyai pengaruh terhadap siapa saja yang bermu’amalah denganya. Dan untuk meraih kesukesan di dalam kehidupan nyata bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu kami kemukakan didalam makalah ini sepuluh wasiat, dengan harapan dapat membantu kalian wahai para penuntut ilmu dalam mengarungi kehidupan real kalian di masa yang akan datang. 

1. BERUSAHALAH UNTUK MEMAHAMI DIRI SENDIRI

Seseorang dapat menambah pemahaman terhadap dirinya sendiri, mungkin dengan cara mengetahui letak kekuatan (kelebihan) dan kelemahan yang ada pada dirinya, sehingga ia akan berusaha meningkatkan sisi kelebihanya dan membebaskan diri dari sisi kelemahanya. Seseorang bisa memahami dirinya lewat permasalahan-permasalahan yang dihadapinya di dalam realita kehidupan,dan hendaklah ia tidak menuduh orang lain yang menciptakan permasalahan-permasalahan dan kesulitan-kesulitan ini. Namun hendaklah melihat kepada dirinya, yang mungkin saja ditemukan tingkah laku dan tindakannya yang menyebabkan timbulnya permasalahan ini. Untuk memahami diri, seseorang juga dituntut untuk mengetahui hakikat kemampuannya, sehingga ia tidak akan membebaninya yang ia tidak mampu, bahkan ia akan menetapkan tujuan-tujuan (sasaran) real yang mungkin bisa dicapai. 

2. LATIHLAH DIRIMU UNTUK BERFIKIR TERATUR

Berfikir teratur adalah senjata paling penting bagi seseorang dalam mensikapi kehidupan yang selalu berubah-ubah dan beranekaragam. Biarpun seseorang menghimpun pengetahuan-pengetahuan, biarpun ia membaca beberapa buku, maka seluruh itu tidak akan bermanfaat untuk menghadapi hidup, mana kala tidak dibarengi dengan metode berfikir teratur yang akan membantunya untuk mengetahui sebab-sebab permasalahnnya, sehingga bisa menetapkan solusi yang tepat. 

3. HADAPI REALITA KEHIDUPAN INI DENGAN KEGEMBIRAAN DAN OPTIMISTIS

Optimistis mendorong seseorang untuk maju, dan meringankan rasa kelelahan yang telah di curahkan. Bagi seseorang yang ingin sukses didalam realita kehidupannya hendakalah memperhatikan kehidupan ini dengan pandangan yang penuh keceriaan dan kebahagiaan. Juga berharap amlanya menjadi kebaikan serta tidak menutup hati dan kedua matanya dari hal-hal yang indah lagi banyak didalam hidup ini. Manakala seseorang memandang kehidupan dengan optimis, maka ia akan sukses mengalahkan keletihan-keletihan.

4. PEKALAH TERHADAP PERASAAN MANUSIA

Kepekaan ini masalah penting dan harus, ia akan tergambar pada kesediaanmu untuk mendengarkan tentang persoalan-persoalan orang lain dan kepedulianmu untuk mencari jalan keluarnya (solusi). Juga akan tergambar pada (turut sertamu) bergembira karena kegembiraan mereka dan merasa berduka karena duka mereka serta perlakuan baikmu kepada manusia diberbagai kesempatan yang berbeda-beda. Dan rasakan selalub bahwa kamu bersama manusia dan dengan manusia.

5. JANGAN BANGGA DAN MERASA PALING TINGGI 

Dan sebagian pemuda memasuki realita kehidupan ini dengan satu keyakinan bahwa mereka telah menghasilkan segala sesuatu dan terlepas dari keritik dan petuah, sehingga mereka menutup telinganya dari segala nasehat dan bimbingan/ petunjuk. Dan seseorang yang bangga biasanya dibenci orang lain dan sedikit teman. Adapun orang yang rendah hati (tawadhu) dan merasa tidak tinggi atas lainnya, biasanya akan dicintai oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.

6. JANGAN PUTUS ASA KARENA KEGAGALAN DAN JADIKANLAH SEBAGAI CARA UNTUK MENITI HIDUP

Realita kehidupan ini diselimuti dengan duri.dan sedikit sekali seseorang meraiah kesuksesan dengan kesuksesan yang besar di dalam relita kehidupan ini tanpa mengalami kegagalan berulang-ulang didalam hidupuya. Akan tetapi dia terus berusaha dan bertekad bisa memenangkan peperangan ini dan membelah jalannya menuju kesuksesan dan kemuliaan. Bilamana kamu mengalami suatu kegagalan dalam hidupmu maka pelajarilah sebab-sebabnya, agar kamu mendapatkan pelajaran yang akan menjauhkanmu dari 

kegagalan.

7. JADIKANLAH HARI-HARIMU MENGARUNGI REALITA KEHIDUPAN INI SEBAGAI    AWAL PEMBELAJARAN YANG PANJANG (LAMA) LAGI SUSAH.

Belajar di dalam sekolah dan didalam kelas adalah sesuatu yang sangat berbeda dengan belajar tentang kehidupan. Dan yang penting jalani belajar ini secara berkesinambungan, dengan membaca dan menelaah secara kontinyu. Pengalaman (pengetahuan) tidak akan didapat kecuali dengan mencoba berbagai pengalaman didalam realita kehidupan ini. Manakala kamu mau menghadapi hidup, niscaya kamu akan memperoleh pengalaman.

8. JADILAH (ORANG) YANG MENJAGA LISAN DAN SEDIKIT BICARA

Berkata yang baik adalah sedekah, dan berkata yang baik adalah merupakan sihir bagi manusia, perkataan seperti “silakan “ atau “ kalau anda berkenan “, bila kamu  meminta sesuatu tertentu dengan kata tersebut, maka akan memiliki pengaruh yang bagus terhadap orang yang telah kamu cintai. Dan hendaklah kamu belajar menjadi pendengar yang baik dan diam (memperhatikan) terhadap apa yang dikatakan sehingga kamu bisa mengambil faedah darinya.

9. JANGAN MENGHARAPKAN IMBALAN (UPAH) SEGERA ATAS PEKERJAAN YANG KAMU KERJAKAN

Sebagian manusia tidak mau malakukan pekerjaan apapun selama upah tidak ada dan materi menunggunya. Barang siapa senang menghargai teman dan pemimpinny,niscaya ia akan terus melaksanakan pekerjaannya secara sempurna tanpa menunggu balasan dan ucapan terima kasih. Bangkitlah beramal soleh, bantulah manusia dan mudahkan urusan mereka.

10. KETAHUIALAH BAHWA MANUSIA ITU BERBEDA 

Sungguh di antara mereka ada perbedaan individunya. Kamu sekali-kali tidak akan mendapatkan diantara sekian orang yang kamu pergauli, dua orang yang serupa dalam berbagai hal.manusia itu berbeda, baik bentuknya, warnanya, kesenangannya dan kepribadiannya.oleh karena kamu harus menjaga itu bermu’amalah dengan orang lain, jangan berharap memperoleh dari manusia seluruhnya satu pergaulan dan jangan pula berharap mereka teratur di suatu kesempatan. Tidak ragu lagi bahwa perbedaan ini akan menjadikan kamu bermu’amalah yang baik terhadap mereka dengan segala kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Selama kamu bergaul dengan manusia, niscaya berbuat yang sama.

Terakhir, apabila kamu menghendaki kesuksesan pada dirimu secara hakiki didalam realita kehidupan ini, maka wajib mengamalkan sepuluh wasiat ini dibarengi dengan ahlaq yang baik :kejujuran, amanah, kasih sayang dan taqwa...... berprinsiplah untuk selalu bermua’malah terhadap manuasia seperti halnya kamu suka mereka bermu’amalah terhadapmu.

KESIMPULAN

Kesuksesan hidup di dunia ini menjadi dambaan seluruh insan, kesuksesan tidak akan datang secara tiba-tiba akan tetapi harus dibarengi dengan kerja keras dan optimal. Oleh karena itu seseorang yang mengharapkan kesuksesan di dalam hidupnya, ia harus mengetahui kemampuan/ kelebihan dan kelemahan yang di miliki, sehingga ia akan berusaha menggali dan mengembabangkan potensinya dan membuang jauh-jauh kelemahannya, juga harus berifikir teratur, sebab betapapun pengetahuan segudang, namun tidak diiringi dengan cara berifkir dengan teratur akan sia-sia. Di samping itu rasa optimis harus selalu tertanam dan jangan pernah takut dengan kegagalan, namun jadikanlah kegagalan sebagai langkah awal menuju kesuksesan dan kemuliaan.

Sifat-sifat yang mesti dihindari demi tercapainya kesuksesan adalah tidak merasa bangga dan lebih hebat dari yang lainnya, namun hendaklah tawadhu, berlaku santun, menaruh simpati dan kepeduliaan terhadap problem-problem yang mereka  hadapi dan berusaha mencari jalan keluarnya. Selain itu dalam melakukan amal kebajikan jangan ditujukan demi pamrih-

pamrih tertentu baik upah atau rasa terima kasih dan juga jangan pernah berharap memperoleh pergaulan yanga sama dari seluruh insan, sebab manusia itu berbeda-beda baik bentuk, prilaku,warna dan kepribadiannya.

Juga ada unsur penting yang menunjang kesuksesan seseorang yang tidak boleh dikesampingkan adalah berlaku jujur, amanah dan taqwa kepada alloh di berbagai situasi dan kondisi.



Pengunjung