Contoh Penulisan Abstrak Skripsi|Penggunaan Model Inkuiri Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran IPA



Penggunaan Model Inkuiri Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran IPA Topik Perubahan Wujud Benda di Kelas V SD Negeri Puspasari Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya)

 ABSTRAK
 Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar secara pro aktif sebagai pengembang informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan desentralisasi pendidikan. Siswa dengan bekal IPA diarahkan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah Subhanahu wata’ala, penguasan kecakapan hidup, penguasaan prinsip-prinsip alam, kemampuan bekerja, dan bersikap ilmiah.
Refleksi awal yang dilakukan penulis yaitu terhadap tuntutan nyata di lapangan, dengan membuat suatu rancangan, pengoperasionalan dan evaluasi secara optimal mengenai pembelajaran IPA pada topik perubahan wujud benda, yang sesuai dengan kurikulum 2006.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang penggunaan Model Inkuiri pendekatan penemuan terbimbing untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran IPA topik perubahan wujud benda di kelas V SD Negeri Puspasari Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, akan meningkat.
Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas, mengambil subyek penelitian sejumlah 22 siswa kelas V SD Negeri Puspasari Kecamatan Mnagkubumi Kota Tasikmalaya. Tindakan penelitian dilakukan dalam 3 siklus, teknik pengumpulan data menggunakan analisa deskripsi kualitatif. Setelah melakukan serangkaian tindakan pembelajaran reflektif, guru berhasil dengan baik mengimplementasikan Model Inkuiri Pendekatan penemuan terbimbing dalam meningkatkan waktu efektif belajar siswa serta mengembangkan keterampilan dan sikap ilmiah siswa dalma pembelajaran. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa dengan Model Inkuiri Pendekatan Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan waktu efektif pembelajaran IPA.

Pengunjung