Penggunaan Model Inkuiri Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan
Efektifitas Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran IPA
Topik Perubahan Wujud Benda di Kelas V SD Negeri Puspasari Kecamatan Mangkubumi
Kota Tasikmalaya)
ABSTRAK
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar secara pro aktif
sebagai pengembang informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan
desentralisasi pendidikan. Siswa dengan bekal IPA diarahkan dapat mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan
ketaqwaan terhadap Allah Subhanahu wata’ala, penguasan kecakapan hidup,
penguasaan prinsip-prinsip alam, kemampuan bekerja, dan bersikap ilmiah.
Refleksi awal yang dilakukan penulis yaitu
terhadap tuntutan nyata di lapangan, dengan membuat suatu rancangan,
pengoperasionalan dan evaluasi secara optimal mengenai pembelajaran IPA pada
topik perubahan wujud benda, yang sesuai dengan kurikulum 2006.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk memperoleh data empirik tentang penggunaan Model Inkuiri
pendekatan penemuan terbimbing untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran IPA
topik perubahan wujud benda di kelas V SD Negeri Puspasari Kecamatan Mangkubumi
Kota Tasikmalaya, akan meningkat.
Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan
Kelas, mengambil subyek penelitian sejumlah 22 siswa kelas V SD Negeri
Puspasari Kecamatan Mnagkubumi Kota Tasikmalaya. Tindakan penelitian dilakukan
dalam 3 siklus, teknik pengumpulan data menggunakan analisa deskripsi
kualitatif. Setelah melakukan serangkaian tindakan pembelajaran reflektif, guru
berhasil dengan baik mengimplementasikan Model Inkuiri Pendekatan penemuan
terbimbing dalam meningkatkan waktu efektif belajar siswa serta mengembangkan
keterampilan dan sikap ilmiah siswa dalma pembelajaran. Hasil penelitian ini
telah menunjukkan bahwa dengan Model Inkuiri Pendekatan Penemuan Terbimbing
dapat meningkatkan waktu efektif pembelajaran IPA.