Contoh Silabus Bahasa Arab Semester Genap (MDA)

SILABUS

Nama Sekolah             :     Madrasah Aliyah Assa’adah                                                                                Mata Pelajaran             :     Percakapan Bahasa Arab              
Kelas/Semester            :     X / II
Alokasi Waktu             :     8 x 45 menit
Standar Kompetensi     :    Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kegiatan sehari-hari di rumah


Kompetensi Dasar

 

Materi Pembelajaran

Nilai Karakter

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Indikator Pencapaian Kompetensi


Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)
Sumber Belajar

1.1    menyampaikan secara lisan tentang kegiatan sehari-hari di rumah



























1.2  Merespon informasi atau gagasan yang disampaikan dalam bentuk percakapan/dialog


حوار :

أقوم من النوم صباحا مبكراً فأتوضؤ ثمّ أصلى الصبح, وأقرأ بعض آيات من القرآن الكريم ثمّ أدعوالله لى ولوالديّ بالخيروالتوفيق وأشكره على نعمه.
بعد ذلك أذهب الى والدتى فى المطبخ فأحيّيها تحيّة الصباح, ثمّ أساعدها فى إعداد الطعام.
بعد أن أضع الطعام على المائدة أذهب إلى والدى فى غرفته, وأحيّيه تحيّة الصباح ثمّ أدعوه لتناول الفطور.
وبعد تناول الفطور أودع والديّ ثمّ أذهب الى المدرسة مع بعض أصدقائى.
أقضى يوم الدراسيّ فى نشاط وسعادة. فى أثناء الحصّة أنتبه وأستمع جيّدا إلى شرح الأستاذ, وفى اللاستراحة الأولى أقض الوقت إمّا فى المكتبة او فى المقصف, وفى الاستراحة الثانية أقض الوقت للصلاة الظهر فى مصلّى المدرسة جماعة.
تنتهى الدّراسة فى السّاعة الواحدة والنّصف فأرجع إلى البيت وأستريح قليلا بعد تناول الغذاء, ثمّ أصلّى العصر ثمّ أذهب إلى الملعب للنّشاط الرّياضيّ.

الأسئلة :
س : متى تقوم من النوم؟...
ج : أقوم من النوم صباحا مبكرا
س : ماذا تعمل بعد صلاة الصبح؟
ج : أقرأ بعض آيات من القرآن الكريم ثمّ أدعوالله لى ولوالديّ بالخيروالتوفيق وأشكره على نعمه
س : ماذا تعمل بعد تناول الفطور؟
ج  : أودع والديّ ثمّ أذهب الى المدرسة مع بعض أصدقائى.

س : كيف تقضى يوم دراستك ؟
ج : أقضى يوم الدراسيّ فى نشاط وسعادة
س : كيف تقضى الوقت فى الاستراحة الثانية؟...
ج : أقض الوقت للصلاة الظهر فى مصلّى المدرسة جماعة.
س : متى تنتهى الدراسة؟
ج : تنتهى الدّراسة فى السّاعة الواحدة والنّصف
س : ماذا تعمل بعد رجوعك من المدرسة؟
ج  : أستريح قليلا بعد تناول الغذاء, ثمّ أصلّى العصر ثمّ أذهب إلى الملعب للنّشاط الرّياضيّ.



Kecerdasan
Kreatif





























Kecerdasan
Kreatif
Komunikatif


·         Melafalkan kalimat dengan suara nyaring bersama-sama
·         Mengulang kalimat dengan suara nyaring bersama-sama



























·         Melafalkan kalimat dengan suara nyaring bersama-sama
·         Mengulang kalimat dengan suara nyaring bersama-sama
·         Mengulang kalimat dengan suara nyaring satu persatu dengan metode tanya jawab
·         Melakukan diskusi/Tanya jawab sesuai kontek


§ Melafalkan kalimat dengan fasih dan benar
§ Melafalkan kalimat dengan intonasi yang baik dan benar
§ Memahami makna kalimt dengan baik
























§ Melafalkan kalimat dengan fasih dan benar
§ Melafalkan kalimat dengan intonasi yang baik dan benar
§ Memahami makna kalimat


·         Jenis :
Tugas individu
(menyimak dialog)




























·      Tugas Kelompok
(Praktik bercakap dengann metode Tanya jawab)


·     Paparan.dialog sehari-hari
1 x 45



























·     Merespon informasi dalam bentuk dialog/tanya jawab
   1 x 45





1. Buku paket pelajaran bhs. Arab Program B. Asing
2. Durusul lughah al Arabiyah
3. Qawaidul Lughah al Arabiyah
4. Kamus bahasa  Arab

 

 

 

SILABUS


Nama Sekolah             :     Madrasah Aliyah Assa’adah                                                                                 
Mata Pelajaran             :     Bahasa Arab                     
Kelas/Semester            :     X / II
Alokasi Waktu             :     8 x 45 menit
Standar Kompetensi           :                 Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan


Kompetensi Dasar

 

Materi Pembelajaran

Nilai Karakter

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Indikator Pencapaian Kompetensi


Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)
Sumber Belajar

1.1       Mengungkapkan informasi lisan  tentang hobi dan pekerjaan

1.2      Merespon informasi dalam bentuk percakapan atau dialog


هل زرت معرض الهوايات؟
لا، ما زرته، هيا بنا إليه
هذا هو معرض الهوايات
هذه هوايات كثيرة جدا
هذا جناح جمع الطوابع
هذه طوابع جميلة، هذا طابع هندي وهذا طابع فرنسي
وهذا جناح الخط العربي
هذه آيات بخط النسخ، وهذه أحاديث بخط الرقعة
وهذا جناح الصحافة
وهذه صحف بجميع اللغات
وهذا جناح التدبير المنزلي
هذا طعام صينى وهذا طعام عربي
وهذا جناح الرياضة
كرة القدم والسباحة والفروسية


س :السلام عليكم
ج  :وعليكم السلام ورحمة الله
س : أهلا وسهلا
ج  : أهلا بك, شكرا
س : صباح الخير
ج  : صباح النور
س : هل نتكلم معا
ج  : طيّب ...عمّا نتكلّم؟
س : نتكلّم عن الهوايات...ماذا هواياتك ؟
ج  : هواياتى لعب كرّة القدم,
س : ليلتك السعيدة
ج  : سعيدة مباركة
س : كيف حالك
ج  : انى بخير, شكرا
س : مبروك
ج  : الله يبارك فيك


س : ماذا تعمل يا أخى\أختى
ج  : أنا أكتب
س : ماذا تكتب
ج  : أكتب اللغة العربية
س : هل تتعلم اللغة العربية فى الفصل
ج  : نعم, اتعلّمها فى الفصل
س : هل تتكلم اللغة العربية فى الفصل
ج  : نعم, اتكلم اللغة العربية فيه مع اصدقائى

Kreatif
Mandiri
Komunikatif















Kreatif
Komunikatif
Kerja keras


·     Mendengarkan wacana lisan
·     Mengulangi/menirukan kalimat
·     Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
·     Menceritakan kembali isi wacana
·     Bercerita sesuai tema











·         Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
·         Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
·         Melakukan percakapan sederhana dengan teman sekelas/sebaya 
·         Bermain peran


·     Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·     Melafalkan ujaran /kalimat dengan intonasi yang tepat
·     Menyampaikan informasi sesuai konteks









§  Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan
     sesuai konteks
·     Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·     Melakukan percakapan sesuai konteks


Jenis :
Praktek (demonstrasi)
Ulangan harian














Jenis :
Tugas individu/ kelompok
Test : praktik
Bentuk : wawancara, bermain peran dan demonstrasi


·     Hobi 2 x 45
·     Pekerjaan
2 x 45














·     Hobi 2 x 45
·     Pekerjaan
2 x 45




SILABUS


Nama Sekolah             :     Madrasah Aliyah Assa’adah                                                                                 
Mata Pelajaran             :     Bahasa Arab                     
Kelas/Semester            :     X / II
Alokasi Waktu             :     8 x 45 menit
Standar Kompetensi           :    Memahami  wacana tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan


Kompetensi Dasar

 

Materi Pembelajaran

Nilai Karakter

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Indikator Pencapaian Kompetensi


Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)
Sumber Belajar
MEMBACA
7.1    Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar


7.2    Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar


7.3    Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara tepat












Wacana tentang:
a. Pekan Olah Raga
أقامت مدرستنا في الأسبوع الماضي حفلا رياضيا كبيرا حضره الآباء لمشاهدة أبنائهم، وجلسوا في الملعب الكبير.
بدأ الحفل باستعراض رياضي لجميع تلاميذ المدرسة، الذين ساروا بملابسهم الرياضة الجميلة ف صفوف منظمة.
وبعد أن وقف التلاميذ في أماكنهم في ساحة الملعب بدأوا تمرينات الرياضة في نظام ونشاط على أنغام الموسيقي ... إلخ

b. Bekerja lebih baik dari pada meminta-minta
العمل نعمة من نعم الله، ولا يعرف هذه النعمة إلا من فقدها بسبب مرض، أو غيره. زمع ذلك فبعض الناس لا يحبون العمل، ويعتمدون على غيرهم،أو يتسوَّلون في الطرق. قال الرسول صلى الله عليه وسلم: "ما أكل أحد طعاما قط خيرا من أن يأكل من عمل يده، وأن نبي الله داود كان يأكل من عمل يده" قال: لآن يأخذ أحدكم حبله، ثم يغدو إلى الجبل، فيحتطب، فيبيع، فيأكل، ويبصدق خير له من أيسأل الناس"
ذهب رجل إلى رسول الله ... إلخ
(نظر العربية بين يديك ج 2  ص132)

Kreatif
Mandiri
Gemar membaca




Kreatif
Komunikatif



Gemar membaca
Komunikatif
Kerja keras


§  Menirukan lafal guru dalam membaca kata/frasa/kalimat
§  Membaca wacana dengan nyaring di depan kelas




·      Membuat kelompok diskusi
·      Menentukan tema wacana tulis dalam kerja kelompok


§  Membaca wacana tulis
§  Menentukan informasi umum
§  Menentukan informasi tertentu dalam kerja kelompok
§  Menyusun kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat

§  Menentukan tema wacana tulis



§  Menentukan ide pokok dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

Jenis:
Tugas individu
Bentuk:
Membaca nyaring
Test praktek



Jenis:
Tugas kelompok
Bentuk:
Diskusi

Jenis :
Tugas kelompok Bentuk:
Diskusi
Test tulis
Bentuk:
Memilih dan menjawab
Ulangan harian





·     Hobi 2 x 45
·     Pekerjaan
2 x 45





·     Hobi 1 x 45
·     Pekerjaan
1 x 45


·     Hobi 1 x 45
·     Pekerjaan
1 x 45


SILABUS


Nama Sekolah             :     Madrasah Aliyah Assa’adah                                                                                 
Mata Pelajaran             :     Bahasa Arab                     
Kelas/Semester            :     X / II
Alokasi Waktu             :     8 x 45 menit
Standar Kompetensi           :                 Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan


Kompetensi Dasar

 

Materi Pembelajaran

Nilai Karakter

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Indikator Pencapaian Kompetensi


Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)
Sumber Belajar
MENULIS
8.1.  Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar







8.2.  Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

Menulis Khat riq’ah
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لآن يأخذ أحدكم حبله، ثم يغدو إلى الجبل، فيحتطب، فيبيع، فيأكل، ويبصدق خير له من أيسأل الناس"
Menulis dikte, misalnya:
عمل، يتسولون، يأكل، طعام، نتيجة المقابلة، شهادة، خبرات، الشركة، قدم
Melengkapi wacana:
العمل نعمة من ... الله، ولا يعرف هذه النعمة إلا من فقدها بسبب مرض، أو غيره. ومع ذلك فبعض الناس لا ... العمل، و ... على غيرهم،أو ... ن في الطرق. قال الرسول صلى الله عليه وسلم: "ما أكل أحد ...  قط خيرا من أن يأكل من ...  يده، وأن نبي الله داود كان يأكل من عمل يده" قال: لآن يأخذ أحدكم حبله، ثم يغدو إلى الجبل، فيحتطب، ...، فيأكل، و... خير له من أيسأل الناس"
Membuat wacana dengan pilihan tema hobi dan pekerjaan
Qawaid:
1.      بعض حروف الجر ومعانيها الكثيرة الورود
2.      العطف

Kerja keras
Kreatif
Mandiri










Kerja keras
Kreatif
Mandiri


·     Menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru
·     Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
·     Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
·     Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraf




·     Membuat cerita berdasarkan gambar
·     Membuat wacana pendek sesuai tema.


§ Menulis kalimat dengan khat riq’ah
§ Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
§  Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§  Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana

§  Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema

Jenis:
Tugas individu
Test : tulis
Bentuk uraian terbatas







Jenis:
Tugas individu
Test: tulis
Bentuk uraian
Ulangan harian

·     Hobi 2 x 45
·     Pekerjaan
2 x 45









·     Hobi 2 x 45
·     Pekerjaan
2 x 45




Pengunjung