SILABUS
Nama Sekolah : Madrasah
Aliyah Assa’adah Mata Pelajaran : Percakapan
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
X / II
Alokasi Waktu : 8 x
45 menit
Standar Kompetensi : Memahami informasi lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang kegiatan sehari-hari di rumah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(menit)
|
Sumber Belajar
|
1.1
menyampaikan
secara lisan tentang kegiatan sehari-hari di rumah
1.2 Merespon
informasi atau gagasan yang disampaikan dalam bentuk percakapan/dialog
|
حوار
:
أقوم من النوم صباحا مبكراً فأتوضؤ ثمّ أصلى الصبح, وأقرأ بعض آيات من القرآن
الكريم ثمّ أدعوالله لى ولوالديّ بالخيروالتوفيق وأشكره على نعمه.
بعد ذلك أذهب الى والدتى فى المطبخ فأحيّيها تحيّة الصباح, ثمّ أساعدها فى
إعداد الطعام.
بعد أن أضع الطعام على المائدة أذهب إلى والدى فى غرفته, وأحيّيه تحيّة
الصباح ثمّ أدعوه لتناول الفطور.
وبعد تناول الفطور أودع والديّ ثمّ أذهب الى المدرسة مع بعض أصدقائى.
أقضى يوم الدراسيّ فى نشاط وسعادة. فى أثناء الحصّة أنتبه وأستمع جيّدا إلى
شرح الأستاذ, وفى اللاستراحة الأولى أقض الوقت إمّا فى المكتبة او فى المقصف,
وفى الاستراحة الثانية أقض الوقت للصلاة الظهر فى مصلّى المدرسة جماعة.
تنتهى الدّراسة فى السّاعة الواحدة والنّصف فأرجع إلى البيت وأستريح قليلا
بعد تناول الغذاء, ثمّ أصلّى العصر ثمّ أذهب إلى الملعب للنّشاط الرّياضيّ.
الأسئلة :
س : متى تقوم من النوم؟...
ج : أقوم من النوم صباحا مبكرا
س : ماذا تعمل بعد صلاة الصبح؟
ج : أقرأ بعض آيات من القرآن
الكريم ثمّ أدعوالله لى ولوالديّ بالخيروالتوفيق وأشكره على نعمه
س : ماذا تعمل بعد تناول الفطور؟
ج : أودع والديّ ثمّ أذهب الى المدرسة مع بعض
أصدقائى.
س : كيف تقضى يوم دراستك ؟
ج : أقضى يوم الدراسيّ فى نشاط
وسعادة
س : كيف تقضى الوقت فى الاستراحة
الثانية؟...
ج : أقض الوقت للصلاة الظهر فى
مصلّى المدرسة جماعة.
س : متى تنتهى الدراسة؟
ج : تنتهى الدّراسة فى السّاعة
الواحدة والنّصف
س : ماذا تعمل بعد رجوعك من
المدرسة؟
ج : أستريح قليلا بعد تناول الغذاء, ثمّ أصلّى
العصر ثمّ أذهب إلى الملعب للنّشاط الرّياضيّ.
|
Kecerdasan
Kreatif
Kecerdasan
Kreatif
Komunikatif
|
·
Melafalkan kalimat dengan suara nyaring bersama-sama
·
Mengulang
kalimat dengan suara nyaring bersama-sama
·
Melafalkan kalimat dengan suara nyaring bersama-sama
·
Mengulang kalimat dengan suara nyaring bersama-sama
·
Mengulang kalimat dengan suara nyaring satu persatu
dengan metode tanya jawab
·
Melakukan
diskusi/Tanya jawab sesuai kontek
|
§ Melafalkan kalimat
dengan fasih dan benar
§ Melafalkan kalimat
dengan intonasi yang baik dan benar
§ Memahami makna kalimt
dengan baik
§ Melafalkan kalimat
dengan fasih dan benar
§ Melafalkan kalimat
dengan intonasi yang baik dan benar
§ Memahami makna kalimat
|
·
Jenis :
Tugas individu
(menyimak dialog)
· Tugas Kelompok
(Praktik bercakap dengann metode
Tanya jawab)
|
· Paparan.dialog
sehari-hari
1 x 45
·
Merespon informasi dalam bentuk dialog/tanya jawab
1 x 45
|
1. Buku paket pelajaran
bhs. Arab Program B. Asing
2. Durusul lughah al
Arabiyah
3. Qawaidul Lughah al
Arabiyah
4. Kamus bahasa Arab
|
SILABUS
Nama Sekolah : Madrasah
Aliyah Assa’adah
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas/Semester :
X / II
Alokasi Waktu : 8
x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(menit)
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mengungkapkan informasi lisan tentang hobi dan pekerjaan
1.2 Merespon informasi dalam bentuk percakapan atau
dialog
|
هل زرت معرض الهوايات؟
لا، ما زرته، هيا بنا إليه
هذا هو معرض الهوايات
هذه هوايات كثيرة جدا
هذا جناح جمع الطوابع
هذه طوابع جميلة، هذا طابع هندي وهذا طابع فرنسي
وهذا جناح الخط العربي
هذه آيات بخط النسخ، وهذه أحاديث بخط الرقعة
وهذا جناح الصحافة
وهذه صحف بجميع اللغات
وهذا جناح التدبير المنزلي
هذا طعام صينى وهذا طعام عربي
وهذا جناح الرياضة
كرة القدم والسباحة والفروسية
س :السلام عليكم
ج :وعليكم السلام
ورحمة الله
س : أهلا وسهلا
ج : أهلا بك,
شكرا
س : صباح الخير
ج : صباح النور
س : هل نتكلم معا
ج : طيّب ...عمّا
نتكلّم؟
س : نتكلّم عن الهوايات...ماذا هواياتك ؟
ج : هواياتى لعب
كرّة القدم,
س : ليلتك السعيدة
ج : سعيدة مباركة
س : كيف حالك
ج : انى بخير,
شكرا
س : مبروك
ج : الله يبارك فيك
س : ماذا تعمل يا أخى\أختى
ج : أنا أكتب
س : ماذا تكتب
ج : أكتب اللغة
العربية
س : هل تتعلم اللغة العربية فى الفصل
ج : نعم,
اتعلّمها فى الفصل
س : هل تتكلم اللغة العربية فى الفصل
ج : نعم, اتكلم اللغة العربية فيه مع اصدقائى
|
Kreatif
Mandiri
Komunikatif
Kreatif
Komunikatif
Kerja keras
|
· Mendengarkan wacana
lisan
· Mengulangi/menirukan kalimat
· Menjawab secara lisan
mengenai isi wacana dengan tepat
· Menceritakan kembali
isi wacana
· Bercerita sesuai tema
·
Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
·
Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
·
Melakukan percakapan sederhana dengan teman
sekelas/sebaya
·
Bermain peran
|
· Menirukan ujaran
(kata,frasa, kalimat) dengan tepat
· Melafalkan ujaran /kalimat dengan intonasi yang tepat
· Menyampaikan informasi
sesuai konteks
§ Mengajukan pertanyaan
sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
· Menceritakan
keadaan/kegiatan sesuai konteks
· Melakukan percakapan
sesuai konteks
|
Jenis :
Praktek (demonstrasi)
Ulangan harian
Jenis :
Tugas individu/ kelompok
Test : praktik
Bentuk : wawancara, bermain peran dan demonstrasi
|
·
Hobi 2 x 45
·
Pekerjaan
2 x 45
·
Hobi 2 x 45
·
Pekerjaan
2 x 45
|
SILABUS
Nama Sekolah : Madrasah
Aliyah Assa’adah
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas/Semester :
X / II
Alokasi Waktu : 8 x
45 menit
Standar Kompetensi : Memahami
wacana tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(menit)
|
Sumber Belajar
|
MEMBACA
7.1 Melafalkan dan membaca
nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar
7.2 Mengidentifikasi bentuk
dan tema wacana secara tepat dan benar
7.3 Menemukan makna dan
gagasan atau ide wacana secara tepat
|
Wacana tentang:
a. Pekan Olah Raga
أقامت مدرستنا في الأسبوع الماضي
حفلا رياضيا كبيرا حضره الآباء لمشاهدة أبنائهم، وجلسوا في الملعب الكبير.
بدأ الحفل باستعراض رياضي لجميع
تلاميذ المدرسة، الذين ساروا بملابسهم الرياضة الجميلة ف صفوف منظمة.
وبعد أن وقف التلاميذ في أماكنهم
في ساحة الملعب بدأوا تمرينات الرياضة في نظام ونشاط على أنغام الموسيقي ... إلخ
b.
Bekerja lebih baik dari pada meminta-minta
العمل نعمة من نعم الله، ولا
يعرف هذه النعمة إلا من فقدها بسبب مرض، أو غيره. زمع ذلك فبعض الناس لا يحبون
العمل، ويعتمدون على غيرهم،أو يتسوَّلون في الطرق. قال الرسول صلى الله عليه
وسلم: "ما أكل أحد طعاما قط خيرا من أن يأكل من عمل يده، وأن نبي الله داود
كان يأكل من عمل يده" قال: لآن يأخذ أحدكم حبله، ثم يغدو إلى الجبل،
فيحتطب، فيبيع، فيأكل، ويبصدق خير له من أيسأل الناس"
ذهب رجل إلى رسول الله ... إلخ
(نظر العربية بين يديك ج 2 ص132)
|
Kreatif
Mandiri
Gemar membaca
Kreatif
Komunikatif
Gemar membaca
Komunikatif
Kerja keras
|
§ Menirukan lafal guru
dalam membaca kata/frasa/kalimat
§ Membaca wacana dengan
nyaring di depan kelas
·
Membuat kelompok diskusi
·
Menentukan tema wacana tulis dalam kerja kelompok
§ Membaca wacana tulis
§ Menentukan informasi
umum
§ Menentukan informasi
tertentu dalam kerja kelompok
§ Menyusun kalimat
menjadi wacana dalam kerja kelompok
§ Menjawab pertanyaan
mengenai informasi rinci dari wacana tulis
|
§ Melafalkan
kata/frasa/kalimat dengan tepat
§ Membaca nyaring
kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§ Menentukan tema wacana
tulis
§ Menentukan ide pokok
dari wacana tulis
§ Menentukan informasi
rinci dari wacana tulis
§ Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan
mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan
dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana
tulis
|
Jenis:
Tugas individu
Bentuk:
Membaca nyaring
Test praktek
Jenis:
Tugas kelompok
Bentuk:
Diskusi
Jenis :
Tugas kelompok Bentuk:
Diskusi
Test tulis
Bentuk:
Memilih dan menjawab
Ulangan harian
|
·
Hobi 2 x 45
·
Pekerjaan
2 x 45
·
Hobi 1 x 45
·
Pekerjaan
1 x 45
·
Hobi 1 x 45
·
Pekerjaan
1 x 45
|
SILABUS
Nama Sekolah : Madrasah
Aliyah Assa’adah
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas/Semester :
X / II
Alokasi Waktu : 8 x
45 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan
pekerjaan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(menit)
|
Sumber Belajar
|
MENULIS
8.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat
dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
|
Menulis Khat riq’ah
قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم : لآن يأخذ أحدكم حبله، ثم يغدو إلى الجبل،
فيحتطب، فيبيع، فيأكل، ويبصدق خير له من أيسأل الناس"
Menulis dikte,
misalnya:
عمل،
يتسولون، يأكل، طعام، نتيجة المقابلة، شهادة، خبرات، الشركة، قدم
Melengkapi wacana:
العمل نعمة من ... الله، ولا
يعرف هذه النعمة إلا من فقدها بسبب مرض، أو غيره. ومع ذلك فبعض الناس لا ...
العمل، و ... على غيرهم،أو ... ن في الطرق. قال الرسول صلى الله عليه وسلم:
"ما أكل أحد ... قط خيرا من أن
يأكل من ... يده، وأن نبي الله داود كان
يأكل من عمل يده" قال: لآن يأخذ أحدكم حبله، ثم يغدو إلى الجبل، فيحتطب،
...، فيأكل، و... خير له من أيسأل الناس"
Membuat wacana dengan pilihan tema hobi dan pekerjaan
Qawaid:
1. بعض حروف الجر ومعانيها الكثيرة
الورود
2. العطف
|
Kerja keras
Kreatif
Mandiri
Kerja keras
Kreatif
Mandiri
|
· Menyalin khat riq’ah
yang dicontohkan oleh guru
· Menulis kata-kata,
frasa atau kalimat yang didiktekan guru
· Melengkapi wacana
dengan kosa kata yang tersedia
· Menyusun frasa/kalimat
yang tersedia menjadi sebuah paragraf
· Membuat cerita
berdasarkan gambar
· Membuat wacana pendek
sesuai tema.
|
§ Menulis kalimat dengan khat riq’ah
§ Menulis kata-kata,
frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
§ Menyusun kata / frasa
menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§ Menyusun frasa/kalimat
yang tersedia menjadi wacana
§ Membuat wacana/cerita
sederhana sesuai tema
|
Jenis:
Tugas individu
Test : tulis
Bentuk uraian terbatas
Jenis:
Tugas individu
Test: tulis
Bentuk uraian
Ulangan harian
|
·
Hobi 2 x 45
·
Pekerjaan
2 x 45
·
Hobi 2 x 45
·
Pekerjaan
2 x 45
|