SILABUS BAHASA INGGRISKURIKULUM SATUAN TINGKAT PENDIDIKAN (KTSP)
Nama Sekolah : MA ASSA’ADAH JAMANIS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(Menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
Mendengarkan
1
Memahami
makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3.
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui
ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan
membatalkan janji
|
o berkenalan, bertemu/berpisah
mis. A: Pleased to meet you!
B: Pleased
to meet you too!
o menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
mis. A: Come to my party.
B: Thanks
for the invitation
o
menerima janji
mis. A: I’ll get you the book.
B: It’s very kind of you.
o membatalkan janji
mis. A: I’m sorry I can’t make it.
B: That’s OK. We’ll do it some other time.
|
· Mendengarkan percakapan
interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal
· Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain
yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
· Mendiskusikan respon yang
diberikan terhadap tindak tutur yang didengar secara berkelompok
· Bermain peran secara
berpasangan
· Melakukan tourist hunting
dan merekam percakapannya*
|
· Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan,bertemu/berpisah
· Merespon
tindak tutur berkenalan bertemu/berpisah
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui
tawaran/undangan/ ajakan
· Merespon tindak tutur menyetujui
tawaran/undangan/ ajakan
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima
janji
· Merespon tindak
tutur menerima janji
· Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan
janji
· Merespon tindak
tutur membatalkan janji
· Menggunakan
tindak tutur berkenalan
· Menggunakan tindak tutur tawaran/undangan/ajakan
· Menggunakan tindak tutur menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan dalam percakapan
· Menggunakan
tindak tutur berjanji
· Menggunakan
tindak tutur menerima janji
· Menggunakan tindak tutur membatalkan janji
|
Quiz
Ulangan tertulis
Tugas
Performansns
|
(8 x 45)
4 x 45
4 x 45
|
Buku
dan Script Look Ahead X
Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)
Buku
dan Script Interlanguage X (BSE)
Buku Functional English X Tiga Serangkai
Buku
Lain yang Relevan
Kamus
Kaset/CD
Gambar
|
* Kegiatan
Pembelajaran ini dilakukan di daerah yang merupakan daerah kunjungan wisata
mancanegara.
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(Menit)
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
|
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan
bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
3.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan
bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
|
o mengungkapkan perasaan bahagia
mis. A: I’m so happy to get a scholarship.
B: I’m happy for you.
o menunjukkan perhatian
mis. A: You look fantastic.
B: Thank you.
o menunjukkan simpati
mis. A: Please accept my condolences.
B: Thank you so much.
o memberi instruksi
mis. A: Open the window!
B: OK.
|
· Mendengarkan percakapan
interpersonal/transaksional melalui tape secara individu.
· Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan
dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
· Mendiskusikan respon yang
diberikan terhadap tindak tutur yang didengar
· Secara berpasangan
menggunakan tindak tutur dan responnya.
· Bermain peran secara
berkelompok
|
· Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan
perasaan bahagia
· Merespon tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan
simpati
· Merespon tindak
tutur menunjukkan simpati
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan perhatian
· Merespon
tindak tutur menunjukkan perhatian
· Mengidentifikasi
makna tindak tutur instruksi
· Merespon
tindak tutur instruksi
· Menggunakan tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
· Menggunakan
tindak tutur menunjukkan simpati
· Menggunakan
tindak tutur menunjukkan perhatian
· Memberi instruksi lisan
· Melakukan interview
· Melakukan
pertunjukan drama
|
Quiz
Ulangan tertulis
Tugas
Tugas
Performansns
|
(8 x 45)
4 x 45
4 x 45
|
Buku
dan Script Look Ahead X
Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)
Buku
dan Script Interlanguage X (BSE)
Buku Functional English X Tiga Serangkai
Buku
Lain yang Relevan
Kamus
Kaset/CD
Gambar
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(Menit)
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
Mendengarkan
2
Memahami makna
teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount,
narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
4.
Mengungkapkan makna
dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative
dan procedure sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
2.1
Merespon makna
secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek
sederhana (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
|
· Pengumuman
lisan
· Kosa
Kata yang terkait dengan pengumuman
|
· Mengidentifikasi beberapa
pengumuman lisan di tempat umum secara berkelompok.
· Mendengarkan pengumuman melalui tape secara klasikal.
· Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang
digunakan secara berkelompok
· Membuat pengumuman lisan
secara berpasangan dan menyampaikannya di depan kelas.
|
·
Mengidentifikasi
topic sebuah pengumuman lisan
·
Mengidentifikasi
informasi tertentu dari pengumuman
·
Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar.
· Memberi pengumuman lisan
· Menyampaikan undangan lisan
· Menggunakan bahasa lisan
|
Tugas
Quiz
Ulangan tertulis
Performans
|
(8 x 45)
2 x 45
2 x 45
|
Buku
dan Script Look Ahead X
Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)
Buku
dan Script Interlanguage X (BSE)
Buku Functional English X Tiga Serangkai
Buku
Lain yang Relevan
Kamus
Kaset/CD
Gambar
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(Menit)
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
Mendengarkan
2.
Memahami makna
teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount,
narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog
berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
2.2 Merespon
makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks: recount, narrative, dan procedure
4.2 Mengungkapkan
makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk: recount,
narrative, dan procedure
|
.
·
Teks lisan berbentuk recount
·
Teks lisan berbentuk narrative
· Teks lisan berbentuk procedure
|
· Mendengarkan cerita/petunjuk
melakukan sesuatu untuk menemukan berbagai
informasi secara individu
· Mendiskusikan perbedaan
penggunaan bahasa secara lisan dan tertulis secara berkelompok.
·
Berdiskusi secara berkelompok
untuk membuat sebuah cerita dan bercerita secara sambung menyambung.
·
Membuat sebuah cerita secara individu dan
menceritakannya kepada teman sekelas
|
·
Mengidentifikasi main
idea dari teks yang didengar
·
Mengidentifikasi tokoh
dari cerita yang didengar
·
Mengidentifikasi urutan peristiwa
dalam teks
·
Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
·
Mengidentifikasi bahan yang digunakan dalam teks procedure yang didengar
·
Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang didengar
· Menggunakan kalimat past
tense dalam menyampaikan sebuah peristiwa
· Melakukan monolog untuk
menceritakan pengalaman
· Melakukan monolog untuk
menyampaikan sebuah procedure
· Mendongeng
|
Quiz
Ulangan tertulis
Tugas
Performans
|
(12 x 45)
6 x 45
6 x 45
|
Buku
dan Script Look Ahead X
Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)
Buku
dan Script Interlanguage X (BSE)
Buku Functional English X Tiga Serangkai
Buku
Lain yang Relevan
Kamus
Kaset/CD
Gambar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(Menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
Membaca
5.
Memahami makna
teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
5.1
Merespon makna
dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
6.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional
pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan
|
pengumuman, iklan, undangan dll
|
· Mengidentifikasi beberapa
pengumuman tertulis di tempat umum secara berkelompok.
· Mendiskusikan isi dan bentuk
bahasa yang digunakan secara berkelompok
· Membuat pengumuman tertulis
secara berpasangan dan mempublikasikannya
di kelas /sekolah
|
·
Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang
dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
·
Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca
·
Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan,
dan tata tulis dengan akurat
·
Menulis gagasan utama
·
Mengelaborasi gagasan utama
·
Membuat draft, merevisi, menyunting
·
Menghasilkan teks fungsional pendek
|
Quiz
Ulangan tertulis
Performans
|
(8 x 45)
4 x 45
4 x 45
|
Buku
dan Script Look Ahead X
Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)
Buku
dan Script Interlanguage X (BSE)
Buku Functional English X Tiga Serangkai
Buku
Lain yang Relevan
Kamus
Kaset/CD
Gambar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(Menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
Membaca
5
Memahami makna
teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
5.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative,
dan procedure
6.2 Mengungkapkan
makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Teks tulis berbentuk recount
Past Tense
·
Jim Carrey
had a trip to Bunaken.
·
Who went to
Bunaken?
·
He went to
Bunaken yesterday. Yesterday, he went to Bunaken. To Bunaken, he went
yesterday.
Teks tulis berbentuk Narrative
Teks tulis berbentuk Procedure
|
·
Membaca nyaring bermakna teks narrative secara individu
·
Mendiskusikan berbagai aspek
dari teks seperti isi dan struktur teks,
secara berkelompok.
·
Berlatih menggunakan
kalimat past tense untuk menyatakan peristiwa dan kalimat imperative untuk menyatakan petunjuk.
·
Membuat draft teks narrative, recount atau procedure dengan melakukan chain writing.
·
Melakukan koreksi teman sejawat untuk menyempurnakan draft.
·
Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman.
|
· Mengidentifikasi main idea dari sebuah paragraph.
·
Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi variasi susunan kalimat dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
·
Mengidentifikasi tokoh
dari cerita yang dibaca
· Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks
·
Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
· Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
·
Menggunakan
kalimat past tense dalam
menyampaikan sebuah peristiwa
·
Menggunakan
kalimat imperative dalam membuat
sebuah resep atau petunjuk
·
Menggunakan
kalimat langsung dan tak langsung dalam menulis sebuah narasi
· Menghasilkan teks berbentuk recount
· Menghasilkan teks berbentuk narrative
· Menghasilkan teks berbentuk procedure
|
Quiz
Ulangan tertulis
Tugas
Tugas
Performansns
|
(24 x 45)
12 x 45
12 x 45
|
Buku
dan Script Look Ahead X
Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)
Buku
dan Script Interlanguage X (BSE)
Buku Functional English X Tiga Serangkai
Buku
Lain yang Relevan
Kamus
Kaset/CD
Gambar
|
Mengetahui/Menyetujui
|
Jamanis,
Juli 2010
|
|
Kepala
Sekolah
|
Guru
Mata Pelajaran
|
|
Drs.
H. WAWAN MUFTI RIDWAN, MSI
|
S A
E P U L O H
|
|
NIP.
196606042005011005
|