Contoh Silabus Bahasa Inggris Kurikulum Pendidikan (KTSP)

SILABUS BAHASA INGGRISKURIKULUM SATUAN TINGKAT PENDIDIKAN (KTSP)


Nama Sekolah                         : MA ASSA’ADAH JAMANIS
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                       : X/I

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan  Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(Menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
Mendengarkan
1      Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari

















Berbicara

3.     Mengungkapkan makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal  dalam konteks kehidupan sehari-hari.


1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji






3.1        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji

o berkenalan, bertemu/berpisah
mis. A: Pleased to meet you!
    B: Pleased to meet you too!
o menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
mis. A: Come to my party.
  B: Thanks for the invitation
o menerima janji
mis. A: I’ll get you the book.
B: It’s very kind of you.
o membatalkan janji
mis. A: I’m sorry I can’t make it.
B: That’s OK. We’ll do it some other time.


·      Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal
·       Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
·      Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar secara berkelompok

·      Bermain peran secara berpasangan
·      Melakukan tourist hunting dan merekam percakapannya*

·      Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan,bertemu/berpisah
·      Merespon tindak tutur berkenalan bertemu/berpisah
·      Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ ajakan
·      Merespon tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ ajakan
·      Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji
·      Merespon tindak tutur menerima janji
·      Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji
·      Merespon tindak tutur membatalkan janji




·      Menggunakan tindak tutur berkenalan
·      Menggunakan  tindak tutur tawaran/undangan/ajakan
·      Menggunakan tindak tutur menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan dalam percakapan
·      Menggunakan tindak tutur berjanji
·      Menggunakan tindak tutur menerima janji
·      Menggunakan tindak tutur membatalkan janji

Quiz
Ulangan tertulis
Tugas















Performansns

(8 x 45)
4 x 45


















4 x 45


Buku dan Script Look Ahead X

Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)

Buku dan Script Interlanguage X (BSE)

Buku Functional English X Tiga Serangkai

Buku Lain yang Relevan

Kamus

Kaset/CD

Gambar
* Kegiatan Pembelajaran ini dilakukan di daerah yang merupakan daerah kunjungan wisata mancanegara.



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan  Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(Menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
Mendengarkan
1.  Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari











Berbicara

3.  Mengungkapkan makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal  dalam konteks kehidupan sehari-hari.


1.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi







3.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi


o mengungkapkan perasaan bahagia
mis. A: I’m so happy to get a scholarship.
          B: I’m happy for you.
o  menunjukkan perhatian
mis. A: You look fantastic.
B: Thank you.
o  menunjukkan simpati
mis. A: Please accept my condolences.
B: Thank you so much.
o  memberi instruksi
mis. A: Open the window!
 B: OK.



·      Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara individu.

·       Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.

·      Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar



·      Secara berpasangan menggunakan tindak tutur dan responnya.

·      Bermain peran secara berkelompok


·      Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
·      Merespon tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
·      Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan simpati
·      Merespon tindak tutur menunjukkan simpati
·      Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan perhatian
·      Merespon tindak tutur menunjukkan perhatian
·      Mengidentifikasi makna tindak tutur instruksi
·      Merespon tindak tutur instruksi






·      Menggunakan tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
·      Menggunakan tindak tutur menunjukkan simpati
·      Menggunakan tindak tutur menunjukkan perhatian
·      Memberi instruksi lisan
·      Melakukan interview
·      Melakukan pertunjukan drama



Quiz
Ulangan tertulis
Tugas


















Tugas
Performansns

(8 x 45)

4 x 45





















4 x 45






Buku dan Script Look Ahead X

Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)

Buku dan Script Interlanguage X (BSE)

Buku Functional English X Tiga Serangkai

Buku Lain yang Relevan

Kamus

Kaset/CD

Gambar






Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan  Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(Menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
Mendengarkan
2      Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari





Berbicara

4.    Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari



2.1     Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari










4.1     Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.




·      Pengumuman lisan

·      Kosa Kata yang terkait dengan pengumuman








·      Mengidentifikasi beberapa pengumuman lisan di tempat umum secara berkelompok.

·      Mendengarkan pengumuman  melalui tape secara klasikal.

·       Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok


·      Membuat pengumuman lisan secara berpasangan dan menyampaikannya di depan kelas.


·      Mengidentifikasi topic sebuah pengumuman lisan
·      Mengidentifikasi informasi tertentu dari pengumuman
·      Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar.












·      Memberi pengumuman lisan
·      Menyampaikan undangan lisan
·      Menggunakan bahasa lisan



Tugas
Quiz
Ulangan tertulis














Performans

(8 x 45)

2 x 45

















2 x 45







Buku dan Script Look Ahead X

Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)

Buku dan Script Interlanguage X (BSE)

Buku Functional English X Tiga Serangkai

Buku Lain yang Relevan

Kamus

Kaset/CD

Gambar








Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan  Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(Menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
Mendengarkan
2.    Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari









Berbicara

4.  Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari


2.2   Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure










4.2   Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

.
·      Teks lisan berbentuk  recount
·      Teks lisan berbentuk  narrative
·      Teks lisan berbentuk  procedure




·   Mendengarkan cerita/petunjuk melakukan sesuatu untuk menemukan berbagai  informasi secara individu

·   Mendiskusikan perbedaan penggunaan bahasa secara lisan dan tertulis secara berkelompok.

·     Berdiskusi secara berkelompok untuk membuat sebuah cerita dan bercerita secara sambung menyambung.



·     Membuat sebuah cerita secara individu dan menceritakannya kepada teman sekelas


·      Mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar
·      Mengidentifikasi tokoh  dari cerita yang didengar
·      Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks
·      Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
·      Mengidentifikasi bahan yang digunakan dalam teks procedure yang didengar
·      Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang didengar










·      Menggunakan kalimat past tense dalam menyampaikan sebuah peristiwa
·      Melakukan monolog untuk menceritakan pengalaman
·      Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah procedure
·      Mendongeng




Quiz
Ulangan tertulis
Tugas




















Performans

(12 x 45)

6 x 45






















6 x 45

Buku dan Script Look Ahead X

Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)

Buku dan Script Interlanguage X (BSE)

Buku Functional English X Tiga Serangkai

Buku Lain yang Relevan

Kamus

Kaset/CD

Gambar






Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan  Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(Menit)
Sumber/ Bahan/ Alat

Membaca
5.    Memahami makna teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan




Menulis
6.   Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari



5.1     Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan





6.1       Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan



pengumuman, iklan, undangan dll




·      Mengidentifikasi beberapa pengumuman tertulis di tempat umum secara berkelompok.

·      Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok



·      Membuat pengumuman tertulis secara berpasangan dan mempublikasikannya  di kelas /sekolah


·      Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
·      Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca







·      Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
·      Menulis gagasan utama
·      Mengelaborasi gagasan utama
·      Membuat draft, merevisi, menyunting
·      Menghasilkan teks fungsional pendek




Quiz
Ulangan tertulis










Performans

(8 x 45)

4 x 45












4 x 45








Buku dan Script Look Ahead X

Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)

Buku dan Script Interlanguage X (BSE)

Buku Functional English X Tiga Serangkai

Buku Lain yang Relevan

Kamus

Kaset/CD

Gambar


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan  Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(Menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
Membaca
5      Memahami makna teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk  recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan








Menulis

6.    Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk  recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari



5.2     Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure













6.2   Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure


Teks tulis berbentuk  recount
 Past Tense
·      Jim Carrey had a trip to Bunaken.
·      Who went to Bunaken?
·      He went to Bunaken yesterday. Yesterday, he went to Bunaken. To Bunaken, he went yesterday.

Teks tulis berbentuk  Narrative

Teks tulis berbentuk  Procedure



·     Membaca  nyaring bermakna teks narrative secara individu

·     Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks,  secara berkelompok.

·     Berlatih menggunakan kalimat  past  tense  untuk menyatakan peristiwa dan kalimat imperative untuk menyatakan petunjuk.

·     Membuat draft teks narrative, recount atau procedure dengan melakukan chain writing.

·     Melakukan koreksi  teman sejawat untuk menyempurnakan draft.

·     Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman.

·      Mengidentifikasi main idea dari sebuah paragraph.
·      Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
·      Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
·      Mengidentifikasi variasi susunan kalimat dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
·      Mengidentifikasi tokoh  dari cerita yang dibaca
·      Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks
·      Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
·      Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
·      Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca


·      Menggunakan kalimat past tense dalam menyampaikan sebuah peristiwa
·      Menggunakan kalimat imperative dalam membuat sebuah resep atau petunjuk
·      Menggunakan kalimat langsung dan tak langsung dalam menulis sebuah narasi
·      Menghasilkan teks berbentuk recount
·       Menghasilkan teks berbentuk narrative
·      Menghasilkan teks berbentuk procedure

Quiz
Ulangan tertulis
Tugas

















Tugas

Performansns

(24 x 45)
12 x 45




















12 x 45





Buku dan Script Look Ahead X

Buku dan Script Developing English Competencies (BSE)

Buku dan Script Interlanguage X (BSE)

Buku Functional English X Tiga Serangkai

Buku Lain yang Relevan

Kamus
Kaset/CD

Gambar

Mengetahui/Menyetujui
Jamanis, Juli 2010
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran




Drs. H. WAWAN MUFTI RIDWAN, MSI
S A E P U L O H
NIP. 196606042005011005



Pengunjung