MEMAHAMI BAHASA QURAN-SUNNAH

MEMAHAMI BAHASA QURAN-SUNNAH
(Bagian ke-2)
Oleh: Ibnu Muchtar

Nash-nash[1] Alquran dan Sunah adalah berbahasa Arab. Untuk memahami hukum-hukum dari kedua nash tersebut secara sempurna lagi benar, haruslah memperhatikan uslub-uslub (gaya bahasa) bahasa Arab dan kaifiyat dilalah (cara penunjukkan) lafal nash itu kepada artinya. Karena itu, para ahli ushul fikih (metode penetapan hukum mengarahkan penelitian mereka terhadap uslub-uslub dan ibarah-ibarah bahasa Arab yang lazim dipergunakan oleh sastrawan-sastrawan Arab dalam menggubah sya’ir dan prosa.  Dari penelitian ini mereka menyusun kaidah-kaidah yang dapat dipergunakan untuk memahami nash-nash Alquran dan Sunah secara benar sesuai dengan pemahaman orang Arab sendiri. Kaidah-kaidah tersebut kemudian dikenal dengan istilah qawaid al-lughawiyyah al-ushuliyyah (kaidah-kaidah ushul fikih yang dipetik dari bahasa).
Pada umumnya ulama ushul fikih memulai pembahasan tentang maudhu’ (topik) ini dengan membicarakan makna-makna dari suatu lafal yang diciptakan untuk menyatakan makna-makna tertentu.

Pembagian Lafal ditinjau dari Segi Makna
Ulama ushul fikih menetapkan bahwa perhubungan lafal dengan makna memiliki berbagai aspek yang harus dibahas. Mereka membagi lafal dalam hubungannya dengan makna kepada beberapa bagian sebagai berikut:
Pertama, ditinjau dari segi makna yang diciptakan untuk lafal, lafal itu dibagi menjadi 4 bagian, yakni
[1] al-Khash, yaitu lafal yang diciptakan untuk memberi pengertian satuan-satuan tertentu. Lafal Khash mencakup
(a)    mutlaq (yang tidak diterangkan pembatasnya), seperti lafal dam (darah) dalam Alquran, surat al-Maidah:3.
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ...
Artinya: “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi...”
(b)   muqayyad (yang diterangkan pembatasnya), seperti lafal dam masfuhan (darah yang mengalir) dalam Alquran, surat al-An’am:145.
قُلْ لَا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلَّا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ...
Artinya: “Katakanlah: Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi...’.”
(c)      amr (lafal yang menunjukkan makna perintah), seperti lafal aqimu (dirikanlah) dan aatu (tunaikan) dalam Alquran, surat al-Baqarah:43
وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآَتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
Artinya: “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk
(d)   nahyu (lafal yang menunjukkan makna larangan), seperti lafal la taqrabu (jangan mendekati) dalam Alquran, surat an-Nisa:43.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat”
[2] al-Amm, yaitu suatu lafal yang sengaja diciptakan oleh bahasa untuk menunjukkan satu makna yang dapat mencakup seluruh satuan tanpa dibatasi jumlah tertentu, seperti lafal jami’an (seluruh) pada Alquran, surat al-Baqarah:29
هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا
Artinya: “Dia-lah Allah, yang menjadikan seluruh yang ada di bumi untuk kamu”
[3] al-musytarak, yaitu lafal yang memiliki makna lebih dari satu yang berbeda-beda, Dan untuk menentukan salah satu maknanya diperlukan qarinah (keterangan pendukung), seperti kata yad dalam Alquran surat al-Maidah:38.
وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا جَزَاءً بِمَا كَسَبَا
Artinya: “Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan”
Kata yad di atas adalah musytarak dapat bermakna (a) hasta (dari ujung jari hingga bahu), (b) lengan bawah (dari ujung jari hingga sikut), dan (c) telapak tangan (dari ujung jari sampai pergelangan tangan), baik yang kanan maupun kiri. Namun berdasarkan perbuatan Rasul bahwa tangan yang dimaksud adalah telapak tangan  yang kanan. Maka perbuatan Rasul itu merupakan qarinah kepada makna yang diamksud.
Kedua, ditinjau dari segi makna yang dipergunakan untuk lafal, maka lafal itu dibagi menjadi 4 bagian;
[1] al-haqiqah, yaitu lafal yang digunakan untuk arti hakiki atau sebenarnya. Jika pemakaian arti itu sesuai dengan istilah bahasa dinamai haqiqah lughawiyyah, seperti lafal insan yang arti haikinya secara bahasa adalah hayawanun natiqun (binatang yang berakal). Jika pemakiannya itu sesuai dengan istilah syara’ dinamai haqiqah syari’iyyah, seperti lafal shalat yang arti hakikinya menurut syara’ adalah ucapan-ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Jika pemakainnya itu sesuai dengan istilah adat atau kebiasaan umum disebut haqiqah ‘urfiyyah ‘ammah, seperti lafal dabbah yang dipakai untuk semua binatang yang berkaki empat.
[2] al-majaz, yaitu lafal yang digunakan untuk arti kiasan (pinjaman, bukan sebenarnya). Sebagaimana halnya lafal haqiqi, lafal majazi terbagi pula kepada (a) majaz lughawi, seperti lafal asad (singa) yang arti majazinya adalah seorang pemberani, (b) majaz syar’i, seperti lafal la mastum dalam surat al-Maidah:6 yang arti majazinya adalah bersetubuh, dan (c) majaz ‘urfi, seperti lafal dabbah yang arti majazinya adalah  setiap binatang yang melata di atas permukaan bumi.
[3]sharih, yaitu lafal yang jelas maksudnya karena sudah termasyhur dalam penggunaannya, baik secara haqiqi maupun majazi. Seperti lafal isytara (membeli) dan ba’a (menjual) adalah lafal sharih, karena jelas sekali maksudnya.
[4] al-kinayah, yaitu lafal yang tersembunyi maksudnya karena tidak termasyhur dalam penggunaannya, baik secara haqiqi maupun majazi. Dan untuk memahaminya diperlukan qarinah (keterangan pendukung), misalnya
أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا
Artinya: “Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati?” Q.s.Al-Hujurat:12
memakan daging saudaranya pada ayat ini maksudnya Ghibah
Ketiga, ditinjau dari segi kaifiyat atau cara-cara penunjukkan lafal kepada makna menurut kehendak pembicara, maka lafal itu dibagi menjadi 4 bagian, yakni
[1] dilalah ibarah, yaitu petunjuk yang diperoleh dari makna yang tersurat dalam nash. Disebut pula ibaratun nash.
[2] dilalah isyarah, yaitu petunjuk yang diperoleh dari makna yang tersirat dalam nash.
[3] dilalah ad-dilalah, yaitu penunjukkan suatu lafal bahwa hukum yang diambil dari nash yang disebutkan berlaku pula bagi perbuatan yang tidak disebutkan dalam nash, karena adanya persamaan illat (sebab) antara kedua macam perbuatan tersebut. Dilalah ad-dilalah disebut pula dilalatun nash, fahwal khitab atau lahnal khitab. Sedangkan ulama syafi’iyyah menamainya mafhum muwafaqah, karena adanya persamaan hukum antara yang tidak disebutkan dengan yang disebutkan dalam nash. Misalnya kata uf dalam firman Allah
فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ
“Maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan uf..Q.s. Al-Isra:23
Hukum yang dipahamkan dari ayat ini menurut dilalatun nash ialah larangan menyebut uf (ah) kepada kedua orang tua. Setiap ahli bahasa mengetahui bahwa ‘illat (sebab) larangan tersebut ialah menyakitkan hati kedua orang tua. Karena itu ketentuan ini berlaku kepada setiap perbuatan atau perkataan yang menyakiti hati orang tua,
[4] dilalah iqtidha, yaitu penunjukkan lafal kepada sesuatu yang tidak disebut oleh nash. Namun pengertian nash itu baru dapat dibenarkan jika yang tidak disebut itu dinyatakan dalam perkiraan yang tepat. Misalnya firman Allah
وَاسْأَلْ الْقَرْيَةَ الَّتِي كُنَّا فِيهَا
“Dan tanyalah negeri yang kami tadi berada di situ..” Q.s. Yusuf:82.
Ayat ini tidak benar maknanya apabila tidak dibubuhkan lafal ahlu (penduduk) sebelum qaryah (negeri). Dengan demikian ayat itu dapat dipahami demikian: “Dan tanyakanlah kepada penduduk negeri..”


1- تقسيم اللفظ باعتبار المعنى الموضوع له
1.     Ditinjau dari segi makna yang diciptakan untuknya, lafal itu dibagi menjadi 4 bagian, yakni [a] al-Khas, yang mencakup lafal mutlaq, muqayyad, amr, dan nahyu. [b] al-Amm, [c] al-musytarak, [d] al-muawwal.
2- تقسيم اللفظ باعتبار استعماله في المعنى الذي وضع له
2.    Ditinjau dari segi makna yang dipergunakan untuknya, maka lafal itu dibagi menjadi 4 bagian, yakni [a] al-haqiqah, [b] al-majaz, [c] sharih, [d] al-kinayah.
3- تقسيم اللفظ باعتبار وضوح المعنى المقصود له
3.    Ditinjau dari segi kejelasan makna, maka lafal itu dibagi menjadi 2 bagian, yakni [a] zhahir, [b] khafi.
4- تقسيم اللفظ باعتبار كيفية دلالة اللفظ على معناه
4.    Ditinjau dari segi kaifiyat atau cara-cara penunjukkan lafal kepada makna menurut kehendak pembicara, maka lafal itu dibagi menjadi 4 bagian, yakni [a] dilalah ibarah, [b] dilalah isyarah, [c] dilalah ad-dilalah, [d] dilalah iqtidha.

Adapun pengklasifikasian hukum syariat menjadi beberapa macam  aspek dalam kehidupan manusia, hal itu  berdasarkan  perbedaan kondisi manusia itu sendiri.



[1] Perkataan atau kalimat dari Alquran atau hadis yang dipakai sebagai alasan atau dasar untuk memutuskan suatu masalah

Pengunjung