Contoh Pemetaan SK/KD Mata Pelajaran Kaligrafi|Semester Ganjil

P E M E T A A N   SK / KD

Mata pelajaran         :    Kaligrafi                                                                                                                             
Tahun pelajaran       :    2011/2012                                                                                                                          
Kelas/Sem                  :    X / Ganjil

SK
KD
THP
INDIKATOR
THP
MATERI POKOK
RUANG LINGKUP
ALOKASI
WAKTU
1
2
3
1. Mengenal Dasar Seni Kaligrafi
1.1. Mengidentifikasi jenis karya seni kaligrafi dan macam-macamnya
C1
Mengidentifikasi pengertian kaligrafi
C1
Pengertian Seni, Kaligrafi, jenis-jenis khot/tulisan arab,
Macam-macam tulisan Arab pada saat ini
v


4 jp
1.2. Mengetahui Sejarah Kaligrafi Arab dan perkem-bangannya dari masa ke masa.
C1
Mengidentifikasi karya seni kaligrafi menurut sejarahnya
C1
Sejarah tulisan Arab
Sejarah bentuk khot/tulisan arab dimasa sahabat dan kekhalifahan Islam
v


4 jp
1.3. Mempelajari dan menguasai khot naskhi serta membuat qalam/alat tulis kaligrafi
C3
Mendeskripsikan beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni kaligrafi
C3
Beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan dan fungsi karya seni kaligrafi Islam
v


4 jp
Mampu memotong (nyogat) spidol menjadi pensil kaligrafi arab
C3
Belajar membuat pensil kaligrafi dari spidol
v
v

4 jp
Mampu menulis dengan menggunakan pensil tulis
C3
Latihan menulis dengan menggunakan pensil tulis

v

4 jp
Menulis huruf-huruf hijaiyah dengan jenis khot naskhi sesuai dengan kaidah yang diajarkan
C3
Pembelajaran dan Penguasaan tiap – tiap huruf hijaiyah

v
v
4 jp
1.4  Mempelajari dan menguasai khot naskhi serta membuat qalam/alat tulis kaligrafi
C3
Mampu menyambungkan huruf Ba, Ta’, Tsa’, Ya’, dan Nun dengan huruf2 hijaiyah baik ketika di depan, di tengah, maupun di akhir kata.
C3
Khat Nasah Karakteristik dan cara penulisannya
v
v

4 jp
Mampu menyambungkan huruf Jim, Ha’, dan Kho’ dengan huruf2 hijaiyah baik ketika di depan, di tengah, maupun di akhir kata
C3
Mempelajari cara menyambung huruf perhuruf hijaiyah, baik di depan, di tengah, maupun di akhir kata.

v
v
v
4 jp

Mengetahui/Menyetujui
Jamanis, Juli 2011
KepalaSekolah
Guru Mata Pelajaran

Drs. H. WAWAN MUFTI RIDWAN, M.SI
TATANG SUDRAJAT, S.Ag, M.Si
NIP. 196606042005011005




P E M E T A A N   S T A N D A R   I S I

Mata pelajaran         :    Kaligrafi                                                                                                                             
Tahun pelajaran       :    2010/2011                                                                                                                          
Kelas/Sem                  :    X / Genap

SK
KD
THP
INDIKATOR
THP
MATERI POKOK
RUANG LINGKUP
ALOKASI
WAKTU
1
2
3
2. Mengapresiasikan Seni Kaligrafi dalam Bentuk Kata
2.1 Mempelajari dan menguasai khot naskhi serta membuat qalam/alat tulis kaligrafi
C2
Mampu merangkai huruf Dal, Dzal, Ro’, Za’ dan Lam Alif dengan huruf-huruf hijaiyah ketika di akhir kata
C3
Mempelajari cara menyambung huruf perhuruf hijaiyah, baik di depan, di tengah, maupun di akhir kata.

v
v
4 jp
Mampu menyambung-kan huruf Sin, Syin, Shod dan Dhod, dengan huruf2 hijaiyah baik ketika di depan, di tengah, maupun di akhir kata
C3
Latihan Penggunaan spidol sebagai qalam/alat tulis kaligrafi





v
v
4 jp
Mampu menyambung-kan huruf Tho’, dan Dzho’ dengan huruf2 hijaiyah baik ketika di depan, di tengah, maupun di akhir kata
C3



4 jp
Mampu menyambung-kan huruf ’Ain, dan Ghin dengan huruf2 hijaiyah ketika di depan dan di akhir kata
C3



4 jp
2.2Mempelajari dan menguasai khot naskhi serta membuat qalam/alat tulis kaligrafi
C2
Mampu menyambungkan huruf Fa’ dan Qof dengan huruf2 hijaiyah baik ketika di depan, di tengah, maupun di akhir kata

C3
Mempelajari cara menyambung huruf perhuruf hijaiyah, baik di depan, di tengah, maupun di akhir kata.

v
v
4 jp
Mampu menyambungkan huruf Kaf dan Lam dengan huruf2 hijaiyah baik ketika di depan, di tengah, maupun di akhir kata

C3
Pembelajaran dan Penguasaan tiap – tiap huruf hijaiyah

v
v
4 jp
Mampu menyambungkan huruf Mim dan Ha’ dengan huruf-huruf hijaiyah baik ketika di depan, di tengah, maupun di akhir kata
C3

v
v
6 jp
Menulis huruf-huruf hijaiyah dengan jenis khot nash sesuai dengan kaidah yang diajarkan
C3
v
v
v
8 jp



Mengetahui/Menyetujui
Jamanis, juli 2011
KepalaSekolah
Guru Mata Pelajaran


Drs. H. WAWAN MUFTI RIDWAN, M.SI
TATANG SUDRAJAT, S.Ag, M.Si
NIP. 196606042005011005



Pengunjung