HASIL OBSERVASI PERKEMBANGAN ANAK
USIA DINI
Tugas UTS Mata Kuliah
Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini
Dosen : Neli Mulyani,
S.PdI
Disusun
Oleh : Arini Fauziyyah Nur Islami
PG
PAUD
Semester
I
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
SEBELAS
APRIL SUMEDANG
TAHUN
2014
A.
Identitas Anak Usia Dini
Nama : Dita Hilwatun Nisa
Tempat/Tanggal lahir : Tasikmalaya, 29 Juni 2009
Jenis Kelamin : Perempuan
Tinggi Badan : 102 cm
Berat Badan : 15 kg
Lingkar Kepala : 51 cm
Alamat kp. Sindanghayu
RT/RW 008/005 Desa Sukamajukidul Kec. Indihiang Kota Tasikmalaya
Nama Ayah : Agus Setiawan
Pekerjaan : PNS
Nama Ibu : Yani Mardiyah
Pekerjaan : MRT
Alamat : kp Sindanghayu RT/RW
008/005 Desa Sukamajukidul Kecamatan
Indihiang Kota Tasikmalaya
B.
Tingkat Perkembangan Anak Usia Dini
No.
|
Aspek Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
1.
|
Fisik-Motorik
|
|
1)
Motorik Kasar
|
a.
Sudah dapat mengendalikan kecepatan dan arah
saat berlari
b.
Meloncat dengan satu kaki
c.
Mengendarai sepeda roda dua
d.
Melempar, menangkap, memantulkan dan menendang bola
e.
Merangkak dan merayap dengan rintangan
|
|
2)
Motorik Halus
|
a.
Memakai dan melepas kancing baju sendiri
b.
Membentuk adonan/lilin mainan dengan tangkas
c.
Menggambar rumah sederhana dengan disertai
objek-objek sederhana lainnya seperti bunga
d.
Menulis nama sendiri
e.
Menggunting bermacam-macam bentuk
|
|
2.
|
Kognitif
|
a.
Mengelompokkan benda berdasarkan ukuran
b.
Dapat menyelesaikan soal dengan benda konkret
c.
Dapat menulis nama sendiri
d.
Mengetahui nama-nama hari dalam seminggu dan
nama bulan dalam satu tahun
e.
Bermain peran dengan melibatkan teman sesuai
skenario yang dibuatnya sendiri
f.
Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi
|
3.
|
Bahasa
|
a.
Pandai untuk mengajukan pertanyaan
b.
Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
c.
Bisa mengisahkan cerita
d.
Berbicara dengan orang dewasa sudah lancar
e.
Bisa membaca sendiri
|
4.
|
Sosial Emosional
|
a.
Suka berbagi sesuatu pada orang lain
b.
Mengenal identitas diri; menyebut nama
sendiri, mengenal jenis kelamin sendiri
c.
Mandiri dalam berbagai kegiatan
d.
Mulai memiliki sikap bertanggung jawab
e.
Tidak mudah menyerah dalam melakukan kegiatan
|
5.
|
Nilai-nilai Agama dan Moral
|
a.
Mengetahui agama yang dianut
b.
Melafalkan bacaan do’a harian
c.
Mengenal huruf hijaiyah dan lafadz dalam
Al-Qur’an
d.
Melafalkan bacaan surat-surat dari sebagian
juz Amma
e.
Menirukan gerakan shalat dan melafalkan bacaan
shalat
|
C.
Kecerdasan Anak
Adapun ditinjau dari segi Multiple
Intelligence (MI), Dita terlihat memiliki kecerdasan bahasa (Linguistic
Intelligence) mengingat Dita sangat pandai dalam mengolah kata-kata, menyenangi
cerita-cerita, senang membaca, mudah mengungkapkan perasaan-perasaan dengan
kata-kata dan punya ingatan tajam tentang hal-hal sepele. Untuk lebih
meningkatkan kecerdasannya, saya mengenalkan dia pada buku cerita bergambar.
Selain itu saja kerap kali saya meminta Dita untuk menceritakan pengalamannya
di sekolah atau tempat bermainnya.