Contoh Penulisan HASIL OBSERVASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI


HASIL OBSERVASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Tugas UTS Mata Kuliah Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini


Dosen : Neli Mulyani, S.PdI







Disusun Oleh : Arini Fauziyyah Nur Islami
PG PAUD
Semester I



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
SEBELAS APRIL SUMEDANG
TAHUN 2014



A.    Identitas Anak Usia Dini

Nama                           : Dita Hilwatun Nisa
Tempat/Tanggal lahir  : Tasikmalaya, 29 Juni 2009
Jenis Kelamin              : Perempuan
Tinggi Badan              : 102 cm
Berat Badan                : 15 kg
Lingkar Kepala           : 51 cm
Alamat                          kp. Sindanghayu RT/RW 008/005 Desa Sukamajukidul Kec. Indihiang Kota Tasikmalaya
Nama Ayah                 : Agus Setiawan
Pekerjaan                     : PNS
Nama Ibu                    : Yani Mardiyah
Pekerjaan                     : MRT
   Alamat                        : kp Sindanghayu RT/RW 008/005 Desa Sukamajukidul     Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya








B.     Tingkat Perkembangan Anak Usia Dini
No.
Aspek Perkembangan
 Tingkat Pencapaian Perkembangan
1.
Fisik-Motorik
1)      Motorik Kasar
a.       Sudah dapat mengendalikan kecepatan dan arah saat berlari
b.      Meloncat dengan satu kaki
c.       Mengendarai sepeda roda dua
d.      Melempar, menangkap, memantulkan  dan menendang bola
e.       Merangkak dan merayap dengan rintangan
2)      Motorik Halus
a.       Memakai dan melepas kancing baju sendiri
b.      Membentuk adonan/lilin mainan dengan tangkas
c.       Menggambar rumah sederhana dengan disertai objek-objek sederhana lainnya seperti bunga
d.      Menulis nama sendiri
e.       Menggunting bermacam-macam bentuk
2.
Kognitif
a.       Mengelompokkan benda berdasarkan ukuran
b.      Dapat menyelesaikan soal dengan benda konkret
c.       Dapat menulis nama sendiri
d.      Mengetahui nama-nama hari dalam seminggu dan nama bulan dalam satu tahun
e.       Bermain peran dengan melibatkan teman sesuai skenario yang dibuatnya sendiri
f.       Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi
3.
Bahasa
a.       Pandai untuk mengajukan pertanyaan
b.      Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
c.       Bisa mengisahkan cerita
d.      Berbicara dengan orang dewasa sudah lancar
e.       Bisa membaca sendiri
4.
Sosial Emosional
a.       Suka berbagi sesuatu pada orang lain
b.      Mengenal identitas diri; menyebut nama sendiri, mengenal jenis kelamin sendiri
c.       Mandiri dalam berbagai kegiatan
d.      Mulai memiliki sikap bertanggung jawab
e.       Tidak mudah menyerah dalam melakukan kegiatan
5.
Nilai-nilai Agama dan Moral
a.       Mengetahui agama yang dianut
b.      Melafalkan bacaan do’a harian
c.       Mengenal huruf hijaiyah dan lafadz dalam Al-Qur’an
d.      Melafalkan bacaan surat-surat dari sebagian juz Amma
e.       Menirukan gerakan shalat dan melafalkan bacaan shalat

C.     Kecerdasan Anak
             Adapun ditinjau dari segi Multiple Intelligence (MI), Dita terlihat memiliki kecerdasan bahasa (Linguistic Intelligence) mengingat Dita sangat pandai dalam mengolah kata-kata, menyenangi cerita-cerita, senang membaca, mudah mengungkapkan perasaan-perasaan dengan kata-kata dan punya ingatan tajam tentang hal-hal sepele. Untuk lebih meningkatkan kecerdasannya, saya mengenalkan dia pada buku cerita bergambar. Selain itu saja kerap kali saya meminta Dita untuk menceritakan pengalamannya di sekolah atau tempat bermainnya.


Pengunjung