PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI 1
CIAWI
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas / Program : X / peminatan ( iis ( 1,2,3,4,5)
Semester :
Genap dan Ganjil
Tahun pelajaran : 2013/2014
A.
Jumlah Minggu
Efektif dan
Tidak Efektif
No
|
SMT
|
Nama Bulan
|
Jumlah Minggu
|
||
Kalender
|
Tidak Efektif
|
Efektif
|
|||
1
|
I
SATU
|
Juli 2013
|
4
|
4
|
0
|
2
|
Agustus 2013
|
5
|
3
|
2
|
|
3
|
September 2013
|
4
|
0
|
4
|
|
4
|
Oktober 2014
|
5
|
1
|
4
|
|
5
|
Nopember 2013
|
4
|
0
|
4
|
|
6
|
Desember 2013
|
4
|
3
|
2
|
|
Jumlah Minggu dalam Semester i
|
26
|
11
|
15
|
||
7
|
2
DUA
|
Januari 2014
|
4
|
0
|
4
|
8
|
Pebruari 2014
|
4
|
0
|
4
|
|
9
|
Maret 2014
|
4
|
2
|
2
|
|
10
|
April 2014
|
5
|
1
|
4
|
|
11
|
Mei 2014
|
5
|
0
|
5
|
|
12
|
Juni 2014
|
4
|
4
|
0
|
|
13
|
Juli 2014
|
1
|
1
|
0
|
|
Jumlah Minggu dalam Semester II
|
27
|
8
|
19
|
B.Ket
Minggu Tidak efektif
SMT
|
Jenis
Kegiatan
|
Jml
minggu Tdk Efektif
|
Rekapitulasi
|
MOPD
|
1
|
Jumlah
Minggu damal 1 Th = 53
|
|
Pesantren
Ramadhan
|
3
|
SMT 1
26-11 = 15 minggu Efektif
|
|
Libur
Awal Ramadhan
|
1
|
SMT
II.27-8=19 Minggu Efektif
|
|
Libur
Idul Fitri
|
2
|
SMT 1= 15
x 3 jam /Minggu=45 Jam
|
|
Ulangan
Umum 1
|
1
|
SMT II=
19 x 3 Jam/Minggu=57 Jam
|
|
Jeda
akhir semester 1
|
1
|
||
Libur
semester 1
|
2
|
||
Jumlah SMT 1
|
11
|
||
Ujian
Akhir sekolah
|
1
|
||
Ujian
Praktek
|
1
|
||
Ujian
Nasional
|
1
|
||
Ulangan
Kenaikan Kelas
|
1
|
||
Jeda
akhri smt 2
|
2
|
||
Libur SMT
2
|
2
|
||
Jml smt 2
|
8
|
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI 1
CIAWI
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas / Program : X / WAJIB
Semester :
Genap dan Ganjil
Tahun pelajaran : 2013/2014
A.
Jumlah Minggu
Efektif dan
Tidak Efektif
No
|
SMT
|
Nama Bulan
|
Jumlah Minggu
|
||
Kalender
|
Tidak Efektif
|
Efektif
|
|||
1
|
I
SATU
|
Juli 2013
|
4
|
4
|
0
|
2
|
Agustus 2013
|
5
|
3
|
2
|
|
3
|
September 2013
|
4
|
0
|
4
|
|
4
|
Oktober 2014
|
5
|
1
|
4
|
|
5
|
Nopember 2013
|
4
|
0
|
4
|
|
6
|
Desember 2013
|
4
|
3
|
2
|
|
Jumlah Minggu dalam Semester i
|
26
|
11
|
15
|
||
7
|
2
DUA
|
Januari 2014
|
4
|
0
|
4
|
8
|
Pebruari 2014
|
4
|
0
|
4
|
|
9
|
Maret 2014
|
4
|
2
|
2
|
|
10
|
April 2014
|
5
|
1
|
4
|
|
11
|
Mei 2014
|
5
|
0
|
5
|
|
12
|
Juni 2014
|
4
|
4
|
0
|
|
13
|
Juli 2014
|
1
|
1
|
0
|
|
Jumlah Minggu dalam Semester II
|
27
|
8
|
19
|
B.Ket
Minggu Tidak efektif
SMT
|
Jenis Kegiatan
|
Jml
minggu Tdk Efektif
|
Rekapitulasi
|
MOPD
|
1
|
Jumlah
Minggu damal 1 Th = 53
|
|
Pesantren
Ramadhan
|
3
|
SMT 1
26-11 = 15 minggu Efektif
|
|
Libur
Awal Ramadhan
|
1
|
SMT
II.27-8=19 Minggu Efektif
|
|
Libur
Idul Fitri
|
2
|
SMT 1= 15
x 2 jam /Minggu=30 Jam
|
|
Ulangan
Umum 1
|
1
|
SMT II=
19 x 2 Jam/Minggu=38 Jam
|
|
Jeda
akhir semester 1
|
1
|
||
Libur
semester 1
|
2
|
||
Jumlah SMT 1
|
11
|
||
Ujian
Akhir sekolah
|
1
|
||
Ujian
Praktek
|
1
|
||
Ujian
Nasional
|
1
|
||
Ulangan
Kenaikan Kelas
|
1
|
||
Jeda
akhri smt 2
|
2
|
||
Libur SMT
2
|
2
|
||
Jml smt 2
|
8
|
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah Nasional dan Umum
Kelas / Program : XII
Semester :
Genap dan Ganjil
A.
Jumlah Minggu Efektif dan Tidak Efektif
No
|
SMT
|
Nama Bulan
|
Jumlah Minggu
|
||
Kalender
|
Tidak Efektif
|
Efektif
|
|||
1
|
I
SATU
|
Juli 2013
|
4
|
4
|
0
|
2
|
Agustus 2013
|
5
|
3
|
2
|
|
3
|
September 2013
|
4
|
0
|
4
|
|
4
|
Oktober 2014
|
5
|
1
|
4
|
|
5
|
Nopember 2013
|
4
|
0
|
4
|
|
6
|
Desember 2013
|
4
|
3
|
2
|
|
Jumlah Minggu dalam Semester i
|
26
|
11
|
15
|
||
7
|
2
DUA
|
Januari 2014
|
4
|
0
|
4
|
8
|
Pebruari 2014
|
4
|
0
|
4
|
|
9
|
Maret 2014
|
4
|
2
|
2
|
|
10
|
April 2014
|
5
|
1
|
4
|
|
11
|
Mei 2014
|
5
|
0
|
5
|
|
12
|
Juni 2014
|
4
|
4
|
0
|
|
13
|
Juli 2014
|
1
|
1
|
0
|
|
Jumlah Minggu dalam Semester II
|
27
|
8
|
19
|
B.Ket
Minggu Tidak efektif
SMT
|
Jenis
Kegiatan
|
Jml
minggu Tdk Efektif
|
Rekapitulasi
|
MOPD
|
1
|
Jumlah
Minggu damal 1 Th = 53
|
|
Pesantren
Ramadhan
|
3
|
SMT 1
26-11 = 15 minggu Efektif
|
|
Libur
Awal Ramadhan
|
1
|
SMT
II.27-8=19 Minggu Efektif
|
|
Libur
Idul Fitri
|
2
|
SMT 1= 15
x 2 jam /Minggu=30 Jam
|
|
Ulangan
Umum 1
|
1
|
SMT II=
19 x 2 Jam/Minggu=38 Jam
|
|
Jeda akhir
semester 1
|
1
|
||
Libur
semester 1
|
2
|
||
Jumlah SMT 1
|
11
|
||
Ujian
Akhir sekolah
|
1
|
||
Ujian
Praktek
|
1
|
||
Ujian
Nasional
|
1
|
||
Ulangan
Kenaikan Kelas
|
1
|
||
Jeda
akhri smt 2
|
2
|
||
Libur SMT
2
|
2
|
||
Jml smt 2
|
8
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI
..........................................................
Kelas/Semester :
X/I
Program : Peminatan
Mata Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Topik :
Manusia dan sejarah
:
Manusia hidup dan berkreativitas dalam r ruang
dan waktu
Pertemuan
Ke : 1 DAN 2
A.Kompetensi Inti
KI.1.
Menghayati dan menggunakan ajaran
agama yang dianutnya
KI.2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli( gotong
royong,kerjasama,toleran,damai)
santun,responsif, dan pro aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai
cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI.3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual ,konseptual ,procedural
dalam ilmu
Pengetahan teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan
pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI.4.Mengolah, Menalar ,dan menyaji dalam ranah kongkreT, dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di Sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai
kaidah keilmuan
B.Kompetensi Dasar
1.1.
Menghayati proses kelahiran manusia
Indonesia dengan rasa bersukur
1.2.
Menghayati keteladanan para pemimpin dalam
mengamalkan ajaran agamanya
2.1. Menunjukan sikap tanggungjawab peduli
terhadap berbagai hasil budaya pada
zaman pra
aksara, Hindu Budha dan Islam
2.2 .Meneladani sikap dan tindakan cinta
damai,responsif dan pro aktif yang ditunjukan oleh tokoh
sejarah
dalam mengatasi sosial dan lingkungannya
2.3. Berlaku jujur
dan bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran
Sejarah
3.1. Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup
dalam ruang dan waktu
3.2. Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan
dan keberlanjutan
3.3. Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia dimasa lalu
untuk kehidupan
Sekarang
C.Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1 Menunjukan
nilai rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas Kelahiran Manusia dalam
konsep ruang dan waktu
2.1,Menunjukan perilaku jujur disiplin
dalam mengerjakan tugas-tugas
2.2.Menunjukan sikap tanggungjawab
dalam mengerjakan tugas- tugas dengan
baik
2.3.Menunjukan sikap kerjasama, aktif,
kreaktif dan inovatif dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan alam dan sosial
3.1.Menyebutkan unsur-unsur pokok dalam
sejarah
3.2.Melalui diskusi peserta didik
dapat menemukan konsep manusia hidup
dalam ruang dan waktu
3,3.Melalui pembelajaran ingkuiri peserta
didik dapat mengklasifikasikan konsep manusia hidup
dalam Ruang dan waktu
3.4.Peserta didik dapat menemukan
pola-pola kehidupan manusia hidup dalam perubahan dan
Berkelanjutan
3.5.Mengemukakan analisis pengertian tentang konsep tantangan jawaban dan kausalitas
3.6.Menemukan hasil analisis tentang konsep perubahan dan keberlanjutan
4.1.Membuat tulisan tentang hasil kajian
mengenai keterkaitan kehidupan manusia masa lalu untuk
kelangsungan dan perbaikan masa kini dan masa yang akan datang
D.Tujuan Pembelajan
1.1.Melalui pengamatan dalam diskusi melalui penayangan slide gambaran kehidupan
manusia, mampu menunjukan sikap rasa syukur kita hidup sebagai mahluk
yang sempurna
1.2.Melalui pengamaan dalam diskusi ,
mampu menunjukan sikap tanggungjawab, disiplin,
kerjasama, toleransi, dan menghargai pendapat orang lain
2.1.
Melalui
pengamatan dalam diskusi, mampu menyebutkan tiga unsur utama sejarah
3.2.Melalui diskusi peserta didik
dapat menemukan konsep manusia hidup
dalam ruang dan waktu
3,3.Melalui pembelajaran ingkuiri peserta
didik dapat mengklasifikasikan konsep manusia hidup
dalam Ruang dan waktu
3.4.Melalui pemgamatan dan analisis ,
mampu menemukan pola-pola kehidupan
manusia hidup
dalam perubahan dan berkelanjutan
3.5.Mengemukakan analisis pengertian tentang konsep tantangan jawaban dan kausalitas
3.6.Menemukan hasil analisis tentang konsep perubahan dan keberlanjutan
4.1.Membuat tulisan tentang hasil kajian
mengenai keterkaitan kehidupan manusia masa lalu untuk
kelangsungan dan perbaikan masa kin dan masa yang akan datang
E. Materi
Pembelajaran
Tema
Manusia dan sejarah
E,1.Materi fakta
- Kejadian Manusia, pada masa lalu
- ruang ( Alam semestaa) Tempat
- waktu merupakan unsur utama dalam
sejarah kingga sekarang
E.2.Materi Konsep
- Konsep manusia bergerak
berdasarkan ruang dan waktu
- Peristiwa sejarah menghendaki sutu perubahan yanhg berkelanjutan
E.3.Makna prinsip
- Terdapat hubungan yang
signifikana antara unsur manusia, ruang dan waktu dalam penyusunan
peristiwa sejarah
E,4.Prosedural
-
Analisis
isi materi dari buku sumber,dan internet
-
Terobosan
baru/ide kreatif tentang upaya pelestarian budaya bangsa
F.Alokasi
Waktu
6 X 45 Menit / dua kali
pertemuan
G.Pendekatan
,Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Strategi :
Jigsaw
Metode :
Ceramah
,diskusi,Tanya jawab dan penugasan
H.Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.Memberikan
salam
2.Menanyakan
kepada siswa kesiapan dan
kenyamanan
untuk
belajar
3.Menanyakan
kehadiran Siswa
4.Mempersilahkan
salah satu siswa memimpin
do’a
5.Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan,
manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan
dilaksanakan
6.Siswa
menjawab prites tentang apa perbedaan yang
mendasar antara manusia dan mahluk
lainnya
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa
menerima penjelasan tema bahan
materi tentang konsep manusia dalam
ruang dan waktu
2.
Peserta
didik melihat tayangan gambar-gambar dalam bentuk power point pola dan hasil
budaya manusia purba zaman pra aksara
Menanya
3.
Peserta
didik membentuk kelompok diskusi ,
jumlah peserta didik dalam kelas sebanyak 32 orang di bagi menjadi 6 kelompok, sehingga tiap kelompok
beranggotakan 5 orang
4.
Peserta
didik tiap kelompok menerima tugas pertanyaan
yang harus didiskusikan, dengan cara mencari sumber materi dari buku sejarah
dan mencari dari internet sebagai
berikut:
Kelompok 1.
1.
Apakah
yang dimaksud dengan Manusia, Waktu dan ruang
2.
Apa
tugas manusia di dunia menurut konsep
agama dan konsep ilmu sejarah
Kelompok 2
1.
Apa
tujuan hidup manusia dalam konsep waktu dan ruang dalam sejarah
2.
Mngapa
setiap orang mendambakan adanya suatu perubahan hidup lebih baik dimasa yang
akan datang
3.
Bagaimana
cara yang ditempuh manusia untuk mencapai perubahan hidup lebih baik dimasa
yang akan datang
Kelompok 4
1.
Mengapa
masa lalu merupakan cerminan kehidupan masa sekarang
2.
Mengapa
Keberlangsungan hidup manusia terbatas dalam ruang dan waktu
3.
Mengapa
pola kehidupan manusia selalu berbeda dalam konsep ruangnya
Kelompok 5
1.
Apa
artinya waktu berjalan tak henti-hentinya
2.
Bagaimana
cara menggunakan waktu yang memberikan manfaat pada kehidupan manusia
3.
Mengapa
konsep manusia ,ruang dan waktu sangat penting dalam ilmu sejarah
Kelompok 6
1.
Apa
artinya hidup ini penuh tantangan dan
jawaban dalah hubungan kausalitas
2.
Faktor-faktor
apakah yang dapat mendukung terhadap terjadinya suatu perubahan
3.
Mengapa
perubahan hidup lebih baik menjadi idaman semua manusia
Mencoba
4.1. Untuk semua kelompok disuruh membaca
buku pegangan dan mencari sumber lain yang berkaiatan dengan materi atau memncari langsung dengan
menggunakan LAPTOP atau HP.
4.2. Untuk semua kelompok mengumpulkan hasil
kajian materi dan menganalisis materi secara runtut/sistematis
4.3.Peserta didik dari kelompok inti disuruh berbaur
dengan kelompok lain sesuai
nomor tiap anggota
untuk menyampaikan kajianna
4.4.Peserta didik dari kelompok baur
supaya kembali
kepada kelompok inti
Menalar
5.1.Semua kelompok melakukan
klarisifikasi dan melakukan analisis dengan cara mengadakan kritik materi,
dan pendalaman/pemahaman materi
kemudian menyusunnya dalam sebuah ranhgkuman untuk dijadikan laporan untuk bahan presentase
5.1.Peserta
didik dari Tiap -tiap kelompok mencoba
melaksanakan presentase di depan kelas ,menjelaskan ciri-ciri dan pola kehidupan manusia purba
zaman Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum, Megalithikum, dengan cari
mencari,dari sumber buku atau internet
5.2.Kelompok
peserta didik dari kelompok yang tidak berpresentasi dipersilahkan menanyakan
masalah yang belum di mengerti, dan diperbolehkan memberikan tanggapan atau
jawaban dari kelompok lain dengan bonus penilaian
5.3.Peserta
didik dengan pengawasan guru diberi penilaian unjuk kerja pengamatan dan
diskusi secara cepat , tepat
5.4Peserta
didik dari ktiap –tiap kelompok
membuat laporan kesimpulan materi yang dibahas
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
2.
Siswa
melaksanakan tes formatif dalam jenis
tes lisan dan tulisan dalam
bentuk uraian
3.
Peserta
didik diberi impormasi mengenai bahan materi untuk minggu depan
|
20 menit
|
I. J..Sumber
Belajar :
1.Media Pembelajaran
a. Power Point
b. LKS
c. ICT/Internet
2. Alat bahan
a. Laptop
b. Infocus
3. Sumber Bahan
1. Kemendikbud RI.2013 Buku
pegangan guru sejarah Indonesia bagi
kelas X program wajib
2. Kemendikbud RI, 2013 Buku
Siswa Sejarah Indonesia bagi siswa kelas x program wajib
3.. Buku sumber Sejarah SMA X Djoened
Poesponegoro,Marwati, dan Nugroho
Notosusanto.
2009.Sejarah Nasional
Indonesia I
4.Jakarta;Balai
Pustaka Mulyana,Slamet.1979.Negara Kertagama
dan Tafsir Sejarahnya.
Jakarta;Bhratara.
5.Soekmono,R.1985.Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2.
Yogjakarta:Kanisius.
6.Yamin,Muhammad.1966.Lukisan Sedjarah.Djakarta:Djambatan.
7.
White board/papan flanel
6. Power point
7.LCD
8.Internet
9.Kartu pembelajaran
10.Peta
Sejarah
J.Uji
Kompetensi
Jenis tes : 1. Tes tulisan dalam
bentuk tes uraian
2.Penugasan
Carilah temuan hasil budaya
berupa kebendaan maupun dalam
bentuk fakta mental
berupa benda dan fakta sosial yang masih
digunakan oleh
masyarakat kita sekarang
1.
Tes
Tulisan Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat
dan benar
1. Sebutkan 3 macam unsur sejarah
2.Apakah yang dimaksud dengan
Manusia, waktu dan ruang dalam sejarah
3.Apakah peranan manusia dalam sejarah
4.Mengapa kehidupam masa lampau
dalam sejarah dijadikan cerminan buat
kehidupan
masa kini
5.Apakah yang dimaksud dengan peristiwa sejarah penuh dengan tantangan dan
jawaban
6. Buatlah sebuah contoh peristiwa sejarah berubah dan berkelanjutan , baik
bidang sosial,
hasil bangunan, masalah ekonomi
maupun politik
K.Kunci Jawaban
1.
Manusia, ruang dan waktu
2.Manusia adalah mahluk yang ciptakan
Allah SWT dalam keadaan sempurna,dan manusia itu
sebagai mahluk sosial
Ruang adalah sebagai tempat berlangsungnya proses kehiduapan
manusia antara awal dan tepi
Waktu adalah serangkaian /urutan –urutan suatu peristiwa sejarah manusia
, yang terbentang
antara masa lalu , masa sekarang dan masa yang akan datang.
3.Peranan manusia dalam sejarah adalah
sebagai obyek dan subyek, obyek disini dimaknai sebagai
pakta mental,kebendaan,dan pakta mentipack sebagai bukti dan fakta
peristiwa sejarah manusia
Sedangkan manusia sebagai subyek , dengan makna sebagai pelaku sejarah,
yang menghasilkan
peristiwa sejarah manusia itu sendiri
4
Peristiwa manusia masa lam[au terdiri dari berbagai peristiwa yang baik
dan buruk, sehingga
manusia sebagai penguasa dunia dapat membeda- bedakan , dan manusia menghendaki adanya
sutau perubahan
5.Kehidupan manusia berjalan dengan sendirinya sepanjang zaman yang penuh tantangan
alam,tantangan
sosial, ekonomi, budaya bahkan politik, sehingga dengan berbagai tantangan
tersebut
manusia harus mampu mengendalikannyan dan menemukan solusi terbaik untuk
mencapai
kehidupan yang lebih gemilang satu suatu waktu ke waktu lain.
Format Penilaian Tes Kompetensi 1
NO
SOAL
|
SKOR
|
1
|
1 - 3
|
2
|
1 - 3
|
3
|
1 - 3
|
4
|
1 - 5
|
5
|
1 - 6
|
Skor Ideal 20 : 2 = 10
Lampiran penugasan
Buatlah
kajian tentang aktivitas manusia yang
terbatas dalam ruang dan waktu dan
hubungannya dengan perubahan kehidupan masa
lalu, masa kini dan masa yang akan
datang
Tasikmalaya, , Tahun 2013
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah
Drs. H NANDANG, M,Pd OTIM MIHARJA, MM.Pd.
NIP. 19620611V 198501
1 001 NIP. 19640110 198703 1 007