Contoh Program Tahunan SMA | Mata Pelajaran Sejarah

PROGRAM TAHUNAN


          Satuan Pendidikan                    : SMA NEGERI 1 CIAWI
          Mata Pelajaran                         : Sejarah Indonesia
          Kelas  / Program                       : X / peminatan ( iis ( 1,2,3,4,5)
         Semester                                    : Genap dan Ganjil
         Tahun pelajaran                         : 2013/2014
     
A.      Jumlah Minggu Efektif dan Tidak Efektif
No
SMT
Nama  Bulan
Jumlah Minggu
Kalender
Tidak Efektif
Efektif
1


I
SATU
Juli                         2013
4
4
0
2
Agustus                2013
5
3
2
3
September           2013
4
0
4
4
Oktober                2014
5
1
4
5
Nopember           2013
4
0
4
6
Desember            2013
4
3
2
Jumlah Minggu dalam Semester i
26
11
15
7
2
DUA
Januari                  2014
4
0
4
8
Pebruari               2014
4
0
4
9
Maret                   2014
4
2
2
10
April                      2014
5
1
4
11
Mei                       2014
5
0
5
12
Juni                      2014
4
4
0
13
Juli                        2014
1
1
0
Jumlah Minggu dalam Semester II
27
8
19

B.Ket Minggu Tidak efektif
SMT
Jenis Kegiatan
Jml minggu Tdk Efektif
Rekapitulasi

MOPD
1
Jumlah Minggu damal 1 Th = 53
Pesantren Ramadhan
3
SMT 1 26-11 = 15 minggu Efektif
Libur Awal Ramadhan
1
SMT II.27-8=19 Minggu Efektif
Libur Idul Fitri
2
SMT 1= 15 x 3 jam /Minggu=45 Jam
Ulangan Umum 1
1
SMT II= 19 x 3 Jam/Minggu=57 Jam
Jeda akhir semester 1
1

Libur semester 1
2

Jumlah  SMT 1
11


Ujian Akhir sekolah
1

Ujian Praktek
1

Ujian Nasional
1

Ulangan Kenaikan Kelas
1

Jeda akhri smt 2
2

Libur SMT 2
2

Jml smt 2
8







PROGRAM TAHUNAN

          Satuan Pendidikan                    : SMA NEGERI 1 CIAWI
          Mata Pelajaran                         : Sejarah Indonesia
          Kelas  / Program                       : X / WAJIB
         Semester                                    : Genap dan Ganjil
         Tahun pelajaran                         : 2013/2014
     
A.      Jumlah Minggu Efektif dan Tidak Efektif
No
SMT
Nama  Bulan
Jumlah Minggu
Kalender
Tidak Efektif
Efektif
1


I
SATU
Juli                         2013
4
4
0
2
Agustus                2013
5
3
2
3
September           2013
4
0
4
4
Oktober                2014
5
1
4
5
Nopember           2013
4
0
4
6
Desember            2013
4
3
2
Jumlah Minggu dalam Semester i
26
11
15
7
2
DUA
Januari                  2014
4
0
4
8
Pebruari               2014
4
0
4
9
Maret                   2014
4
2
2
10
April                      2014
5
1
4
11
Mei                       2014
5
0
5
12
Juni                      2014
4
4
0
13
Juli                        2014
1
1
0
Jumlah Minggu dalam Semester II
27
8
19

B.Ket Minggu Tidak efektif
SMT
Jenis Kegiatan
Jml minggu Tdk Efektif
Rekapitulasi

MOPD
1
Jumlah Minggu damal 1 Th = 53
Pesantren Ramadhan
3
SMT 1 26-11 = 15 minggu Efektif
Libur Awal Ramadhan
1
SMT II.27-8=19 Minggu Efektif
Libur Idul Fitri
2
SMT 1= 15 x 2 jam /Minggu=30 Jam
Ulangan Umum 1
1
SMT II= 19 x 2 Jam/Minggu=38 Jam
Jeda akhir semester 1
1

Libur semester 1
2

Jumlah  SMT 1
11


Ujian Akhir sekolah
1

Ujian Praktek
1

Ujian Nasional
1

Ulangan Kenaikan Kelas
1

Jeda akhri smt 2
2

Libur SMT 2
2

Jml smt 2
8







PROGRAM TAHUNAN


          Satuan Pendidikan                    : Ilmu Pengetahuan Sosial
          Mata Pelajaran                         : Sejarah Nasional dan Umum
          Kelas  / Program                       : XII
         Semester                                    : Genap dan Ganjil
A.         Jumlah Minggu Efektif dan Tidak Efektif
No
SMT
Nama  Bulan
Jumlah Minggu
Kalender
Tidak Efektif
Efektif
1


I
SATU
Juli                         2013
4
4
0
2
Agustus                2013
5
3
2
3
September           2013
4
0
4
4
Oktober                2014
5
1
4
5
Nopember           2013
4
0
4
6
Desember            2013
4
3
2
Jumlah Minggu dalam Semester i
26
11
15
7
2
DUA
Januari                  2014
4
0
4
8
Pebruari               2014
4
0
4
9
Maret                   2014
4
2
2
10
April                      2014
5
1
4
11
Mei                       2014
5
0
5
12
Juni                      2014
4
4
0
13
Juli                        2014
1
1
0
Jumlah Minggu dalam Semester II
27
8
19

B.Ket Minggu Tidak efektif
SMT
Jenis Kegiatan
Jml minggu Tdk Efektif
Rekapitulasi

MOPD
1
Jumlah Minggu damal 1 Th = 53
Pesantren Ramadhan
3
SMT 1 26-11 = 15 minggu Efektif
Libur Awal Ramadhan
1
SMT II.27-8=19 Minggu Efektif
Libur Idul Fitri
2
SMT 1= 15 x 2 jam /Minggu=30 Jam
Ulangan Umum 1
1
SMT II= 19 x 2 Jam/Minggu=38 Jam
Jeda akhir semester 1
1

Libur semester 1
2

Jumlah  SMT 1
11


Ujian Akhir sekolah
1

Ujian Praktek
1

Ujian Nasional
1

Ulangan Kenaikan Kelas
1

Jeda akhri smt 2
2

Libur SMT 2
2

Jml smt 2
8





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                Satuan  Pendidikan                         : SMA NEGERI ..........................................................
                                Kelas/Semester                                                : X/I
                                Program                                               : Peminatan
                             Mata  Pelajaran                                   : Sejarah  Indonesia
                                Topik                                                     : Manusia  dan sejarah
                                                                                                : Manusia hidup dan berkreativitas dalam r ruang
                                                                                         dan waktu
                                Pertemuan Ke                                   : 1 DAN 2

A.Kompetensi  Inti 
KI.1.  Menghayati dan menggunakan  ajaran agama yang dianutnya
KI.2.  Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli( gotong
          royong,kerjasama,toleran,damai) santun,responsif, dan pro aktif dan menunjukan sikap sebagai
          bagian  dari solusi  atas berbagai  permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
          dengan lingkungan sosial  dan alam  serta dalam  menempatkan diri  sebagai
          cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3.  Memahami dan menerapkan  pengetahuan faktual ,konseptual ,procedural dalam ilmu
          Pengetahan     teknologi, seni, budaya  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
          kebangsaan, kenegaraan       dan   peradaban terkait fenomena  dan kejadian serta menerapkan
          pengetahuan  prosedural  pada  bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
          untuk memecahkan  masalah.

KI.4.Mengolah, Menalar ,dan menyaji  dalam ranah kongkreT, dan ranah abstrak terkait dengan
       pengembangan dari yang dipelajarinya di Sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
       metode sesuai  kaidah keilmuan

B.Kompetensi Dasar

1.1.  Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia  dengan rasa bersukur
1.2.  Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya
2.1. Menunjukan sikap tanggungjawab peduli terhadap berbagai hasil  budaya pada zaman pra
        aksara, Hindu Budha dan Islam
2.2 .Meneladani sikap dan tindakan cinta damai,responsif dan pro aktif yang ditunjukan oleh tokoh
        sejarah dalam mengatasi  sosial dan lingkungannya
2.3. Berlaku jujur  dan bertanggungjawab  dalam mengerjakan  tugas-tugas  dari pembelajaran 
        Sejarah
3.1. Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu
3.2. Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
3.3. Menganalisis keterkaitan  peristiwa sejarah tentang manusia dimasa lalu untuk kehidupan
        Sekarang

C.Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1  Menunjukan nilai rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas Kelahiran Manusia  dalam
       konsep ruang dan waktu
2.1,Menunjukan perilaku jujur disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas
2.2.Menunjukan sikap tanggungjawab dalam  mengerjakan tugas- tugas dengan baik
2.3.Menunjukan sikap kerjasama, aktif, kreaktif dan inovatif dalam  berinteraksi secara efektif
       dengan lingkungan alam dan sosial 
3.1.Menyebutkan unsur-unsur pokok dalam sejarah
3.2.Melalui diskusi peserta didik dapat  menemukan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu
3,3.Melalui pembelajaran ingkuiri peserta didik dapat mengklasifikasikan konsep manusia hidup
       dalam Ruang dan waktu
3.4.Peserta didik dapat menemukan pola-pola kehidupan manusia hidup dalam perubahan dan
       Berkelanjutan
3.5.Mengemukakan  analisis pengertian  tentang konsep tantangan jawaban dan  kausalitas
3.6.Menemukan hasil analisis  tentang konsep perubahan dan keberlanjutan
4.1.Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan manusia masa lalu untuk
      kelangsungan dan perbaikan masa kini dan masa yang akan datang

D.Tujuan Pembelajan

1.1.Melalui pengamatan dalam diskusi  melalui penayangan slide gambaran kehidupan
       manusia, mampu menunjukan sikap rasa syukur kita hidup sebagai mahluk yang sempurna
1.2.Melalui pengamaan dalam diskusi , mampu menunjukan sikap tanggungjawab, disiplin,
       kerjasama, toleransi, dan menghargai pendapat orang lain
2.1. Melalui pengamatan dalam diskusi, mampu menyebutkan tiga unsur utama sejarah
3.2.Melalui diskusi peserta didik dapat  menemukan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu
3,3.Melalui pembelajaran ingkuiri peserta didik dapat mengklasifikasikan konsep manusia hidup
       dalam Ruang dan waktu
3.4.Melalui pemgamatan dan analisis , mampu  menemukan pola-pola kehidupan manusia hidup
       dalam perubahan dan berkelanjutan
3.5.Mengemukakan  analisis pengertian  tentang konsep tantangan jawaban dan  kausalitas
3.6.Menemukan hasil analisis  tentang konsep perubahan dan keberlanjutan
4.1.Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan manusia masa lalu untuk
      kelangsungan dan perbaikan masa kin dan masa yang akan datang


E. Materi Pembelajaran
 Tema   
   Manusia dan sejarah

E,1.Materi fakta

      - Kejadian Manusia, pada masa lalu
      -  ruang ( Alam  semestaa) Tempat
     -  waktu  merupakan unsur utama   dalam sejarah kingga sekarang

E.2.Materi Konsep

       - Konsep manusia  bergerak berdasarkan ruang dan waktu
       - Peristiwa sejarah menghendaki sutu perubahan yanhg berkelanjutan

E.3.Makna prinsip
      - Terdapat hubungan yang signifikana antara unsur manusia, ruang dan waktu dalam penyusunan
         peristiwa sejarah

E,4.Prosedural
-          Analisis isi materi dari buku sumber,dan internet
-          Terobosan baru/ide kreatif tentang upaya pelestarian budaya bangsa



F.Alokasi Waktu
    6 X 45 Menit / dua kali pertemuan

G.Pendekatan ,Strategi dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan                                : Saintifik
     Strategi                                         :  Jigsaw
     Metode                                        :  Ceramah ,diskusi,Tanya jawab dan penugasan         
        
 H.Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.Memberikan salam
2.Menanyakan kepada siswa  kesiapan  dan kenyamanan
   untuk belajar 
3.Menanyakan kehadiran Siswa
4.Mempersilahkan salah satu siswa memimpin do’a
5.Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan,
   manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
   dilaksanakan
6.Siswa menjawab prites tentang apa perbedaan yang    
    mendasar antara manusia dan mahluk lainnya
10 menit
Inti
Mengamati
1.       Siswa menerima penjelasan tema  bahan materi  tentang konsep manusia dalam ruang dan waktu
2.       Peserta didik melihat tayangan gambar-gambar dalam bentuk power point pola dan hasil budaya manusia purba zaman pra aksara
Menanya
3.       Peserta didik  membentuk kelompok diskusi , jumlah peserta didik dalam kelas sebanyak 32 orang di bagi menjadi  6 kelompok, sehingga tiap kelompok beranggotakan  5  orang
4.       Peserta didik  tiap kelompok menerima tugas pertanyaan yang harus didiskusikan, dengan cara mencari sumber materi dari buku sejarah dan mencari dari internet  sebagai berikut:

Kelompok 1.
1.       Apakah yang dimaksud dengan Manusia, Waktu dan ruang
2.       Apa tugas  manusia di dunia menurut konsep agama dan konsep ilmu sejarah
Kelompok 2
1.       Apa tujuan hidup manusia dalam konsep waktu dan ruang dalam sejarah
2.       Mngapa setiap orang mendambakan adanya suatu perubahan hidup lebih baik dimasa yang akan datang
3.       Bagaimana cara yang ditempuh manusia untuk mencapai perubahan hidup lebih baik dimasa yang akan datang

Kelompok 4
1.       Mengapa masa lalu merupakan cerminan kehidupan masa sekarang
2.       Mengapa Keberlangsungan hidup manusia terbatas dalam ruang dan waktu
3.       Mengapa pola kehidupan manusia selalu berbeda dalam konsep ruangnya
Kelompok 5
1.       Apa artinya waktu berjalan tak henti-hentinya
2.       Bagaimana cara menggunakan waktu yang memberikan manfaat pada kehidupan manusia
3.       Mengapa konsep manusia ,ruang dan waktu sangat penting dalam ilmu sejarah
Kelompok 6
1.       Apa artinya  hidup ini penuh tantangan dan jawaban dalah hubungan kausalitas
2.       Faktor-faktor apakah yang dapat mendukung terhadap terjadinya suatu perubahan
3.       Mengapa perubahan hidup lebih baik menjadi idaman semua manusia
Mencoba
4.1. Untuk semua kelompok disuruh membaca buku pegangan dan mencari sumber lain yang berkaiatan dengan  materi atau memncari langsung dengan menggunakan LAPTOP atau HP.
4.2. Untuk semua kelompok mengumpulkan hasil kajian materi dan menganalisis materi secara runtut/sistematis
4.3.Peserta didik dari kelompok inti disuruh berbaur     
       dengan kelompok lain sesuai nomor tiap anggota
       untuk menyampaikan  kajianna
        4.4.Peserta didik dari kelompok baur supaya kembali
              kepada kelompok inti
Menalar
5.1.Semua kelompok melakukan klarisifikasi dan melakukan analisis dengan cara mengadakan kritik materi, dan pendalaman/pemahaman  materi kemudian menyusunnya dalam sebuah ranhgkuman untuk dijadikan  laporan untuk bahan presentase
5.1.Peserta didik dari Tiap -tiap kelompok  mencoba melaksanakan presentase di depan kelas ,menjelaskan  ciri-ciri dan pola kehidupan manusia purba zaman Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum, Megalithikum, dengan cari mencari,dari sumber buku atau internet
5.2.Kelompok peserta didik dari kelompok yang tidak berpresentasi dipersilahkan menanyakan masalah yang belum di mengerti, dan diperbolehkan memberikan tanggapan atau jawaban dari kelompok lain dengan bonus penilaian
5.3.Peserta didik dengan pengawasan guru diberi penilaian unjuk kerja pengamatan dan diskusi secara cepat , tepat
5.4Peserta didik dari ktiap –tiap  kelompok membuat laporan kesimpulan materi yang dibahas
60 menit
Penutup
1.       Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
2.       Siswa melaksanakan tes formatif dalam jenis  tes lisan dan tulisan  dalam bentuk uraian
3.       Peserta didik diberi impormasi mengenai bahan materi untuk minggu depan

  
20 menit

I. J..Sumber Belajar :
        1.Media Pembelajaran
           a. Power Point
           b. LKS
           c. ICT/Internet
        2. Alat bahan
             a. Laptop
             b. Infocus
        3. Sumber Bahan
              1. Kemendikbud RI.2013 Buku pegangan guru sejarah Indonesia bagi  kelas X  program wajib
              2. Kemendikbud RI, 2013 Buku Siswa Sejarah Indonesia bagi siswa kelas x program wajib
              3.. Buku sumber Sejarah SMA X  Djoened Poesponegoro,Marwati, dan Nugroho Notosusanto.
                  2009.Sejarah Nasional Indonesia I
4.Jakarta;Balai Pustaka   Mulyana,Slamet.1979.Negara Kertagama dan Tafsir Sejarahnya.
     Jakarta;Bhratara.
5.Soekmono,R.1985.Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2. Yogjakarta:Kanisius.
6.Yamin,Muhammad.1966.Lukisan Sedjarah.Djakarta:Djambatan.
7. White board/papan flanel
6. Power point
7.LCD
8.Internet
9.Kartu pembelajaran
10.Peta Sejarah
J.Uji Kompetensi
                Jenis tes : 1. Tes tulisan dalam bentuk tes uraian
                    2.Penugasan  Carilah   temuan hasil budaya berupa kebendaan maupun dalam       
                      bentuk fakta mental berupa  benda dan fakta sosial yang masih digunakan oleh
                      masyarakat  kita sekarang
            
1.       Tes Tulisan Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar
1. Sebutkan 3 macam unsur sejarah
2.Apakah  yang dimaksud dengan Manusia, waktu dan ruang dalam sejarah
3.Apakah peranan manusia dalam sejarah
4.Mengapa  kehidupam masa lampau dalam sejarah dijadikan  cerminan buat kehidupan
    masa kini
5.Apakah yang dimaksud dengan peristiwa sejarah penuh dengan tantangan dan jawaban
6. Buatlah sebuah contoh peristiwa sejarah berubah dan berkelanjutan , baik bidang sosial,
     hasil bangunan, masalah ekonomi maupun politik

K.Kunci Jawaban
1.  Manusia, ruang dan waktu
2.Manusia adalah mahluk yang ciptakan Allah SWT dalam keadaan sempurna,dan manusia itu
    sebagai mahluk sosial
     Ruang adalah sebagai tempat berlangsungnya proses kehiduapan manusia  antara awal dan tepi
     Waktu adalah serangkaian /urutan –urutan suatu peristiwa sejarah manusia , yang terbentang
     antara masa lalu , masa sekarang dan masa yang akan datang.
3.Peranan manusia dalam sejarah adalah sebagai obyek dan subyek, obyek disini dimaknai sebagai
    pakta mental,kebendaan,dan pakta mentipack sebagai bukti dan fakta peristiwa sejarah manusia
    Sedangkan manusia sebagai subyek , dengan makna sebagai pelaku sejarah, yang menghasilkan
    peristiwa sejarah manusia itu sendiri
4  Peristiwa manusia masa lam[au terdiri dari berbagai peristiwa yang baik dan buruk, sehingga  
     manusia sebagai penguasa dunia dapat membeda- bedakan , dan  manusia menghendaki adanya
     sutau perubahan
5.Kehidupan manusia berjalan  dengan sendirinya sepanjang zaman  yang penuh tantangan
    alam,tantangan sosial, ekonomi, budaya bahkan politik, sehingga dengan berbagai tantangan
    tersebut manusia harus mampu mengendalikannyan dan menemukan solusi terbaik untuk
    mencapai kehidupan yang lebih gemilang satu suatu waktu ke waktu lain.
Format Penilaian Tes Kompetensi 1

NO
SOAL
SKOR
 1
      1    -  3
2
      1   -   3
3
      1   -   3
4
      1   -   5
5
      1   -   6
Skor Ideal 20 : 2 = 10
Lampiran penugasan

 Buatlah kajian  tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu dan
 hubungannya dengan perubahan kehidupan masa lalu, masa kini dan masa yang akan  
 datang
                                                                                    Tasikmalaya,        ,         Tahun 2013
                   Mengetahui                                                         Guru Mata Pelajaran
                   Kepala Sekolah  



                Drs. H NANDANG, M,Pd                                    OTIM MIHARJA, MM.Pd.


                NIP. 19620611V 198501 1 001                              NIP. 19640110 198703 1 007

Pengunjung