METODE MENGAJAR
Strategi Mengajar
1. EXAMPLES
NON EXAMPLES
Contoh
dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
1.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan
pemelajaran
2.
Guru menempelkan gambar di papan tulis/dinding atau
ditayangkan melalui OHP
3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk
memperhatikan/menganalisa gambar
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari
analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil
diskusinya
6. Berdasrkan hasil diskusi siswa, guru menjelaskan materi sesuai
tujuan yang ingin dicapai
7.
Kesimpulan
2. PICTURE AND
PICTURE
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Menyajikan materi sebagai pengantar
3.
Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan
berkaitan dengan materi
4.
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian
memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar
tersebut
6.
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan
konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7.
Kesimpulan/rangkuman
3. NUMBERED HEADS TOGETHER
(KEPALA
BERNOMOR)
Spencer Kagan, 1992
Langkah-langkah :
1.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap
kelompok mendapat nomor
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap
anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang
dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5.
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk
nomor yang lain
6. Kesimpulan
4. COOPERATIVE SCRIPT
(Dansereau CS., 1985)
Skrip kooperatif :
Metode belajar yang dilakukan dengan cara:
siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan,
bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
2.
Guru membagikan materi kepada setiap siswa untuk dibaca
dan membuat ringkasan
3.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan
sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara membacakan ringkasannya
selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Peserta/murid
lainnya :
a. Menyimak/mengoreksi/menunjukkan
ide-ide pokok yang kurang lengkap
b. Membantu
mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau
dengan materi lainnya
- Bertukar peran, semula sebagai
pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
- Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan
Guru
- Penutup
5. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
(Modifikasi Dari Number
Heads)
Langkah-langkah :
- Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
- Penugasan diberikan kepada setiap
siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai. Misalnya :
siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal
dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
- Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja
sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung
bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan
ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan
hasil kerja sama mereka
- Laporkan hasil dan tanggapan dari
kelompok yang lain
- Kesimpulan
5. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
(Modifikasi Dari Number
Heads)
Langkah-langkah :
- Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
- Penugasan diberikan kepada setiap
siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai. Misalnya :
siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal
dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
- Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja
sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung
bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan
ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan
hasil kerja sama mereka
- Laporkan hasil dan tanggapan dari
kelompok yang lain
- Kesimpulan
7. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
(Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, And Snapp, 1978)
Langkah-langkah :
- Siswa
dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
- Tiap
orang dalam tim diberi
bagian materi yang berbeda
- Tiap orang dalam tim diberi bagian
materi yang ditugaskan
- Anggota dari tim yang berbeda yang
telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru
(kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
- Setelah selesai diskusi sebagai tim
ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman
satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota
lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
- Tiap tim ahli mempresentasikan hasil
diskusi
- Guru
memberi evaluasi
- Penutup
8. PROBLEM BASED INTRODUCTION (OBI)
(PEMBELAJARAN BERDASARKAN
MASALAH)
Langkah-langkah
:
- Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi
siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
- Guru
membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang
berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal,
dll.)
- Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis,
pemecahan masalah.
- Guru
membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti
laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
- Guru
membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap
penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
- Penutup
9. ARTIKULASI
Langkah-langkah :
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
- Guru
menyajikan materi sebagaimana biasa
- Untuk
mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
- Suruhlan
seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru
dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian
berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
- Suruh
siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan
teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil
wawancaranya
- Guru
mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
- Kesimpulan/penutup
10. MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk
menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
- Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru
mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya
permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
- Membentuk
kelompok yang anggotanya 2-3 orang
- Tiap
kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
- Tiap
kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru
mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
- Dari
data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi
bandingan sesuai konsep yang disediakan guru
11. MAKE – A MATCH
(MENCARI PASANGAN)
(Lorna Curran, 1994)
(Lorna Curran, 1994)
Langkah-langkah :
- Guru
menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang
cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian
lainnya kartu jawaban
- Setiap siswa mendapat satu buah kartu
- Tiap
siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
- Setiap
siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya
(soal jawaban)
- Setiap
siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
- Setelah
satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda
dari sebelumnya
- Demikian
seterusnya
- Kesimpulan/penutup
12. THINK PAIR AND SHARE
(Frank Lyman, 1985)
Langkah-langkah
:
- Guru
menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
- Siswa
diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
- Siswa
diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan
mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
- Guru
memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
- Berawal
dari kegiatan tersebutmengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan
menambah materi yang belum diuangkapkan para siswa
- Guru
memberi kesimpulan
- Penutup
13. DEBATE
Langkah-langkah :
1. Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yg
lainnya kontra
2. Guru memberikan tugas untuk membaca materiyang akan didebatkan
oleh kedua kelompok diatas
3. Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu
anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh
kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa
mengemukakan pendapatnya.
4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis guru
menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah
ide yang diharapkan guru terpenuhi
5.
Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
6.
Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa
membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai
14. ROLE PLAYING
Langkah-langkah :
1. Guru menyusun/menyiapkan skenario yang
akan ditampilkan
2.
Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum kbm
3.
Guru membentuk kelompok siswa yang
anggotanya 5 orang
4.
Memberikan penjelasan tentang kompetensi
yang ingin dicapai
5.
Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk
untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing-masing siswa duduk di kelompoknya, masing-masing
sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan
7.
Setelah selesai dipentaskan, masing-masing
siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
8. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil
kesimpulannya
9.
Guru memberikan kesimpulan secara umum
10.
Evaluasi
11.
Penutup
15. GROUP INVESTIGATION
(Sharan, 1992)
Langkah-langkah
:
1.
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
heterogen
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu
materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang
berbeda dari kelompok lain
4. Masing-masing kelompok membahas materi
yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
5. Setelah selesai diskusi, lewat juru
bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6.
Guru memberikan penjelasan singkat
sekaligus memberi kesimpulan
7.
Evaluasi
8.
Penutup
16.
TALKING STIK
Langkah-langkah :
1.
Guru menyiapkan sebuah tongkat
2.
Guru menyampaikan materi pokok yang akan
dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk untuk membaca dan
mempelajari materi pada pegangannya/paketnya
3.
Setelah selesai membaca buku dan
mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4.
Guru mengambil tongkat dan memberikan
kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang
tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar
siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5.
Guru memberikan kesimpulan
6.
Evaluasi dan penutup
17. BERTUKAR
PASANGAN
Langkah-langkah :
- Setiap
siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangannya atau
siswa menunjukkan pasangannya
- Guru memberikan tugas dan siswa
mengerjakan tugas dengan pasangannya
- Setelah selesai setiap pasangan
bergabungdengan satu pasangan yang lain
- Kedua pasangan tersebut bertukar
pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan
mengukuhkan jawaban mereka
- Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian
dibagikan kepada pasangan semula
18. SNOWBALL
THROWING
Langkah-langkah
:
- Guru
menyampaikan materi yang akan disajikan
- Guru
membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok
untuk memberikan penjelasan tentang materi
- Masing-masing
ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan
materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
- Kemudian
masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan
satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh
ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat
seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15
menit
- Setelah siswa dapat satu bola/satu
pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
- Evaluasi
dan penutup
19. STUDENT
FASILITATOR AND EXPLATING
Siswa/peserta
mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah-langkah :
- Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan
kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk
menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun
yang lainnya
- Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
- Guru menjelaskan kembali semua materi yang disajikan
saat itu
- Penutup
20. COURSE REVIEW
HORAY
Langkah-langkah :
- Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan
kesempatan siswa tanya jawab
- Untuk menguji
pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan
tiap kotak diisi angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
- Guru membaca
soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya
disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan
diisi tanda silang (x)
- Siswa yang
sudah mendapat tanda Ö
vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau
yel-yel lainnya
- Nilai siswa
dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
- Penutup
21. DEMONSTRATION
Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan
Langkah-langkah
:
- Guru
menyampaikan TPK
- Guru
menyajikan gambaran sekilas materi yang akan dismpaikan
- Siapkan
bahan atau alat yang diperlukan
- Menunjukan
salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah
disiapkan
- Seluruh siswa memperhatikan
demontrasi dan menganalisa
- Tiap siswa atau kelompok mengemukakan
hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
- Guru
membuat kesimpulan
22. EXPLISIT
INTRUCTION
(PENGAJARAN LANGSUNG)
(Rosenshina &
Stevens, 1986)
Model ini khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa
tentang pengetahuan proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat
diajarkan dengan pola selangkah demi
selangklah
Langkah-langkah :
- Menyampaikan
tujuan dan mempersiapkan siswa
- Mendemonstrasikan
pengetahuan dan ketrampilan
- Membimbing
pelatihan
- Mengecek
pemahaman dan memberikan umpan balik
- Memberikan
kesempatan untuk latihan lanjutan
23. COOPERATIVE
INTEGRATED READING AND KOMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU
MEMBACA DAN MENULIS
(Steven & Slavin, 1995)
Langkah-langkah :
- Membentuk
kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
- Guru memberikan wacana/kliping sesuai
dengan topik pembelajaran
- Siswa bekerja sama saling membacakan
dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan
ditulis pada lembar kertas
- Mempresentasikan/membacakan
hasil kelompok
- Guru
membuat kesimpulan bersama
- Penutup
24.
INSIDE-OUTSIDE-CILCLE
(LINGKARAN KECIL – LINGKARAN BESAR)
Spencer Kagan
Siswa saling membagi
informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat
dan teratur”
Langkah-langkah
:
- Separuh
kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
- Separuh
kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke
dalam
- Dua siswa
yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran
informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang
bersamaan
- Kemudian
siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang
berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
- Sekarang
giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
25. TEBAK KATA
Media :
·
Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah
ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada
kartu yang ingin ditebak.
- Buat
kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak
(kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan
ditelinga
Langkah-langkah
:
- Jelaskan
TPK atau materi ± 45 menit
- Suruhlah
siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
- Seorang
siswa diberi kartu yang berukuran 10x10 cm yang nanti dibacakan pada
pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm
yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
- Sementara
siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya
sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10 cm. jawaban
tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
- Apabila
jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh
duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan
dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
- Dan
seterusnya
CONTOH
KARTU
- Perusahaan
ini tanggung-jawabnya tidak terbatas
- Dimiliki
oleh 1 orang
- Struktur
organisasinya tidak resmi
- Bila
untung dimiliki,diambil sendiri
SIAPAKAH AKU ?
Jawabnya: PERUSAHAAN
PERSEORANGAN
Latar belakang timbulnya koperasi
Indonesia
KATA KONSEP
Penjajahan UU
Kep/stb NO 91 Tahun 1992
Penderitaan Asas
Demokrasi
Kemiskinan Ekonomi
Rakyat
Solidaritas Alat
Distribusi
Organisasi Koperasi Asas
Pancasila
Aria Wirya Atmaja UUD
1995 Pasal 23
Bank Penolong & tabungan UU No 12
Tahun 1997
Koperasi Simpan Pinjam UU
No 25 Tahun 1992
Budi Utomo
Serikat Dagang Islam Koperasi
Konsumsi
Tugas :
- Buatlah sekurang-kurangnya lima kalimat menurut
pendapatmu sendiri. Secara ringkas harus mencangkup paling sedikit 4 kata
dari daftar diatas dan setiap kata dapat dipakai berulang-ulang
- Kerja kelompok
Diskusikanlah
kalimat-kalimat anda apabila kalimat anda sudah benar
- Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan
kembali untuk mendapatkan Kesimpulan
26.
WORD SQUARE
Media :
* Buat kotak sesuai keperluan
* Buat soal sesuai TPK
* Buat kotak sesuai keperluan
* Buat soal sesuai TPK
Langkah-langkah
:
- Sampaikan
materi sesuai TPK
- Bagikan
lembaran kegiatan sesuai contoh
- Siswa disuruh
menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
- Berikan poin setiap jawaban dalam kotak
T
|
Y
|
E
|
N
|
I
|
O
|
K
|
N
|
R
|
A
|
U
|
A
|
N
|
K
|
U
|
O
|
A
|
B
|
A
|
R
|
T
|
E
|
R
|
M
|
N
|
A
|
N
|
I
|
R
|
R
|
S
|
I
|
S
|
D
|
G
|
I
|
I
|
T
|
G
|
N
|
A
|
O
|
N
|
L
|
S
|
A
|
I
|
A
|
K
|
L
|
A
|
A
|
I
|
R
|
S
|
L
|
S
|
A
|
C
|
E
|
K
|
B
|
O
|
S
|
I
|
R
|
I
|
N
|
G
|
G
|
I
|
T
|
Contoh
Soal
1.
Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan
cara …….
2.
……. Digunakan sebagai alat pembayaran yang
sah
3.
Uang ……. Saat ini banyak di palsukan
4.
Nilai bahan pembuatan uang disebut …….
5.
Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau
jasa disebut nilai …….
6.
Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang
asing disebut …….
7.
Nilai yang tertulis pada mata uang disebut nilai …….
8.
Dorongan seseorang menyimpan uang untuk
keperluan jual beli disebut motif …….
9.
Perintah tertulis dari seseorang yang
mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut …….
27. TAKE AND GIVE
Media
:
- Kartu ukuran ±
10x15 cm sejumlah peserta tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda
dengan kartu yang lainnya, materi sesuai dengan TPK
- Kartu dibuat
untuk contoh sejumlah siswa
Langkah-langkah :
- Siapkan kelas sebagaimana mestinya
- Jelaskan materi sesuai TPK
- Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap siswa diberi
masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
- Semua siswa
disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu
contoh
- Demikian
seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi
masing-masing (take and give)
- Untuk
mengevaluasi keberhasilan berikan berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai
dengan kartunya (kartu orang lain)
- Strategi ini
dapat dimodifikasi sesuai keadaan
- Kesimpulan
28. SCRAMBLE
Media
:
- Buatlah
pertanyaan yang sesuai dengan TPK
- Buat jawaban
yang diacak hurufnya
Langkah-Langkah
:
- Guru
menyajikan materi sesuai TPK
- Membagikan
lembar kerja sesuai contoh
Susunlah huruf-huruf pada kolom sehingga
merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan kolom A.
A
|
B
|
1.
Sebelum mengenal
uang orang melakukan pertukaran dengan cara …
2.
... digunakan sebagai alat pembayaran
yang sah
3.
Uang ... saat ini banyak dipalsukan
4.
Nilai bahan pembuatan uang disebut nilai
...
5.
Kemampuan uang untuk ditukar dengan
sejumlah barang atau jasa disebut nilai ...
6.
Nilai perbandingan
uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut ...
7. Nilai yang tertulis pada uang
disebut nilai ...
8. dorongan seseorang menyimpan uang
untuk keperluan jual beli disebut ...
9. Perintah tertulis dari seseorang
yang mempunyai rekening di bank untuk membayar sejumlah uang disebut ...
|
1.
TARREB
2.
GANU
3.
TRASEK
4.
KISTRINI
5.
LIRI
6.
SRUK
7.
MINALON
8.
SAKSITRAN
9. KEC
|
29. CONSEPSENTENSE
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompentensi
yang ingin dicapai
- Guru menyajikan materi secukupnya
- Guru membentuk kelompok yang anggotanya
± 4 orang secara heterogen
- Menyajikan
beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan
- Tiap
kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4
kata kunci setiap kalimat
- Hasil
diskusi kelompok. Didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu Guru
- Kesimpulan
30. COMPLETTE SENTENSE
Media :
Siapkan blangko isian
berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan yang ingin dicapai
- Menyampaikan
materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku atau model dengan
waktu secukupnya
- Bentuk kelompok 2 atau 3 orang secara
heterogen
- Bagikan lembar kerja berupa paragraf
yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh)
- Peserta diharap berdiskusi untuk
melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia
- Bicarakan
bersama-sama anggota kelompok
- Setelah
jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta disuruh membaca
berulang-ulang sampai mengerti atau hapal
- Kesimpulan
31. TIME TOKEN
Arends, 1998
Struktur yang dapat digunakan untuk
mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi
pembicaraan atau siswa diam sama sekali
Langkah-langkah
:
- Kondisikan
kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)
- Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30
detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu keadaan
- Bila telah selesai bicara kopon yang dipegang siswa
diserahkan. Setiap bebicara satu kupon
- Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara
lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis
- Dan
seterusnya
32. PAIR CHEKS
Spencer Kagan, 1993
Apa Yang Dilakukan?
- Bekerja Berpasangan. Bentuk tim dalam
pasangan-pasangan dua siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal yang pas
sebab semua itu akan membantu melatih
- Pelatih Mengecek. Apabila patner benar pelatih memberi kupon
- Bertukar Peran. Seluruh patner bertukar peran dan mengurangi langkah
1 – 3
- Pasangan
Mengecek
a. Seluruh
pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban
b.
Guru mengarahkan
jawaban /ide sesuai konsep
33. KELILING KELOMPOK
Masing-masing anggota kelompok
mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi
dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya
Caranya………….?
1. Salah
satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan
pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
2.
Siswa berikutnya juga
ikut memberikan kontribusinya
3. Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan
34. TARI BAMBU
Agar siswa saling
berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam
waktu singkat secara teratur strategi ini cocok untuk materi yang membutuhkan
pertukaran pengalaman pikiran dan onformasi antar siswa
Caranya?
- Separuh kelas
atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar . Jika ada cukup ruang mereka bisa
berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa berjajar di
sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan
kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
- Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran
yang pertama
- Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran
berbagi sinformasi.
- Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di
ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan
cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran
bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan
35. TWO STAY TWO STRAY
DUA TINGGAL DUA TAMU
Spencer Kagan, 1992
Memberi
kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok
lainnya.
Caranya
:
- Siswa bekerja
sama dalam kelompok berempat seperti biasa
- Setelah
selesai, dua orang dari masing-masing bertamu kedua kelompok yang lain
- Dua orang yang
tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi
mereka ke tamu mereka
- Tamu mohon
diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka
dari kelompok lain
- Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka