Manfaat Buah Jeruk

Manfaat Buah Jeruk bagi kesehatan. Siapa yang tidak kenal dengan buah jeruk. Buah jeruk dapat dikategorikan sebagai salah satu buah favorit di masyarakat. Buah jeruk sendiri awalnya berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Dari berbagai jenis jeruk, Asia Timur merupakan asal jeruk jenis sitrun dan manis, sedangkan Asia Tenggara adalah daerah asal jenis jeruk nipis, purut dan bali. Banyak orang sering menjadikan buah jeruk sebagai bahan utama ataupun pelengkap dalam berbagai olahan makanan, wewangian, industri dan juga rempah-rempah.

Kandungan yang terdapat pada buah jeruk adalah Vitamin C, Karbohidrat, Potasium, Folat, Kalsium, Vitamin B1, Niacin atau Vitamin B3, Vitamin B6 / Pyridoxine, Fosfor, Magnesium, Tembaga, Riboflavin/ Vitamin B2, Asam pantotenat / Vitamin B5 dan Senyawa fitokimia. Dilihat dari kandungan zat bergizi yang terdapat pada buah jeruk, sudah pasti buah jeruk memiliki beberapa manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan tubuh.



1. Menjaga Kesehatan Pernapasan
Manfaat buah jeruk yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan pernapasan dan menghindari terjadinya penyakit kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan buah jeruk memiliki kandungan karotenoid betacryptoxanthin.
2. Mencegah Penyakit Kanker
Buah jeruk mengandung vitamin C yang dipercaya mampu mengatasi penyakit kanker mulut, kanker laring dan kanker perut. Dan juga buah jeruk mengandung antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas.
3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin C yang dikandung dalam buah jeruk juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang akan menyerang tubuh.
4. Mencegah Sel Rusak karena Radikal Bebas
Buah jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang mana antioksidan disini berfungsi untuk menangkal radikal bebas.
5. Menjaga Keseimbangan Gula Darah
Buah jeruk juga mengandung fruktosa yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam tubuh kita. Jadi bagi anda yang bermasalah dengan penyakit diabetes ada baiknya untuk mengonsumsi buah yang satu ini.
6. Menjaga Sistem Pencernaan
Serat yang terdapat dalam buah jeruk, bisa dimanfaatkan untuk membantu sistem pencernaan menjadi lancar. Sehingga jika mengkosumsi buah jeruk dengan rutin, maka BAB akan menjadi lancar. Buah jeruk juga baik dikomsumsi saat menjalankan program diet karena dapat menjaga keseimbangan metabolisme serta dapat menurunkan kadar kolesterol.
7. Anti Inflamasi
Buah jeruk juga mengandung Hesperidin yang mana hesperidin disini berfungsi untuk anti inflamasi. Penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa hesperidin juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit dengan menguranginya, seperti penyakit kanker, jantung, peradangan dan lainnya.
8. Mencegah Osteoporosis dan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat buah jeruk juga berupa kandungan kalium (potasium). Penting untuk anda ketahui bahwa kalium bermanfaat untuk menjaga tulang agar tidak keropos, mengobati penyakit dan menurunkan tekanan darah

tinggi.
9. Membantu Nafsu Makan
Jika ada seseorang yang merasa kurang memiliki nafsu makan dari orang normal. Maka mengkomsumsi buah jeruk sangat bermanfaat karena berfungsi sebagai penambah nafsu makan.
10.Menghilangkan Sariawan
Rasa yang sedikit asam dari buah jeruk, dapat membantu untuk menyembuhkan penderita yang sedang sariawan.
Ternyata bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kulit jerukpun bisa dimanfaat sebagai bahan untuk melakukan perawatan pada kulit. Nah, bagi para wanita pasti ingin mengetahui bagaimana cara memanfaatkan kulit jeruk untuk perawatan kulit. Bagi ladies yang berminat mencobanya, bisa mengaplikasikan kulit jeruk dengan beberapa bahan untuk perawatan kecantikan. Yuk ladies, baca pembahasan berikut ini.


1. Kulit jeruk + yogurt
Campuran kulit jeruk dan yogurt bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati, juga untuk mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat bersih dan bersinar. Caranya bersihkan bagian putih kulit jeruk, lalu cincang halus. Campurkan dengan satu sendok makan yogurt, aduk rata sampai menjadi pasta. Sebelum dioleskan ke wajah, basuh terlebih dulu wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Baru kemudian gunakan masker kulit jeruk ke seluruh bagian wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.
2. Kulit jeruk + lemon + madu + sari jeruk nipis
Ingin membuat wajah lebih kesat dan halus, gunakan masker perawatan kulit jeruk ini. Caranya bersihkan kulit jeruk, lalu campurkan dengan 1 buah lemon dengan cara diblender hingga halus (sebelumnya buang biji lemon). Tambahkan 1 sendok makan madu dan satu sendok makan air jeruk nipis, aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 25 menit baru bilas dengan air dingin.
3. Kulit jeruk + kunyit + madu
Perawatan dengan campuran kunyit dan kulit jeruk dapat menjadikan wajah bebas noda dan segar. Caranya mudah, siapkan kulit jeruk dan 1 ruas kunyit, parut kedua bahan itu sampai menjadi sebuah pasta. Tambahkan sedikit madu agar mudah larut dan mengental. Sebelum diaplikasikan, cuci wajah dengan air hangat baru oleskan wajah dengan masker tersebut. Diamkan selama 30 menit baru kemudian dibilas.
4. Kulit Jeruk + air mawar + bubuk cendana
Gunakan kulit jeruk yang sudah kering (haluskan), campur dengan air mawar dan bubuk cendana secukupnya. Oleskan ke seluruh bagian wajah termasuk leher, biarkan selama 30 menit baru kemudian bilas dengan air dingin. Perawatan ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit, wajah nampak bercahaya dan menghilangkan noda jerawat.
Kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub alami untuk mencerahkan kulit. Caranya yaitu : Kupas kulit jeruk perlahan untuk mendapatkan kulit jeruk yang lebar. Nah, buah jeruk bisa Anda makan sebagai nutrisi dari dalam. Saat mandi, usapkan bagian dalam kulit jeruk ke seluruh tubuh. Lalu bilas dengan air dingin. Gunakan scrub jeruk alami ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Demikianlah artikel tentang Khasiat  Buah Jeruk . Yuk lebih rutin lagi untuk mengkomsumsi buah jeruk untuk kesehatan tubuh, dan kulitnya jangan dibuang agar dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Pengunjung