Khasiat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat  Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Salak - Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim yang tropis. Karena beriklim tropis inilah Indonesia merupakan negara yang sangat baik untuk mengembangbiakkan segala jenis buah-buahan. Buah yang akan dibahas kali ini adalah buah salak. Buah ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, bahkan ada beberapa daerah yang menjadikan buah salak sebagai buah khas dari daerah tersebut. DI Indonesia, ada beragam jenis salak yang biasa dijumpai seperti salak pondoh, salak bali, salak condet dan masih banyak lagi jenis salak. Meski tumbuh di daerah tropis, buah salak ini sangat diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika. Masyarakat Eropa dan Amerika menyebut salak sebagai snake fruit, karena kulitnya yang bersisik seperti seekor ular.

Selain memiliki bentuk yang unik dan rasa yang manis dan asam, ternyata buah salak juga memiliki banyak kandungan gizi yang cukup lengkap. Buah salak mengandung zat-zat bergizi seperti : Kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, dan zat mineral. Selain itu, buah salak juga mengandung vitamin B dan vitamin C yang banyak. Banyaknya kandungan zat-zat bernutrisi yang terdapat pada buah salak, maka dari itu buah salak mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini manfaat buah salak bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Penelitian juga mengungkapkan bahwa salak diklaim mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya.

2. Menjaga Kesehatan

Mata
Buah salak mengandung betakaroten yang efektif untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali daripada buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka. Jika Anda bosan dengan Jus Wortel, maka jus salak bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan mata Anda.

3. Mencegah Sembelit
Ada mitos yang berkembang bahwa apabila mengkonsumsi buah salak maka akan mengakibatkan susah untuk BAB. Padahal mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo mengatakan bahwa sebaiknya ketika mengkomsumsi buah salak jangan Anda buang kulit arinya. Sebab kulit ari dalam buah itu adalah mengandung serat, kandungan serat itulah yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit. Salak juga memiliki kandungan tanin yang dikenal sebagai anti diare.

4. Membantu Program Diet
Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindarkan Anda untuk makan porsi yang lebih besar. Buah salak baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program untuk menurunkan berat badan.

5. Asupan Gizi bagi Ibu Hamil
Ibu hamil sangat membutuhkan asupan gizi seimbang untuk perkembangan dan pertumbuhan janin yang dikandungnya, sementara kandungan nutrisi yang ada pada buah salak telah memenuhi standart komposisi gizi dalam buah, jadi buah salak sangat baik bagi ibu hamil, asalkan seperti yang telah kami katakan tadi jangan buang kulit arinya.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Manfaat Buah Salak. Kandungan gizi yang terdapat pada buah salak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, maka tak ada salahnya jika mulai dari saat ini Anda mengkomsumsi buah salak secara teratur. Tapi perlu juga Anda ketahui jika mengkomsumsi buah salak secara berlebihan maka akan berdampak sembelit atau susah buang air besar. Dalam sehari cukup 4-5 buah saja. Ketika memakan buah salak usahakan makanlah bersama dengan kulit arinya karena kulit ari dari buah salak memiliki banyak kandungan serat. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Pengunjung