Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Contoh Surat Lamaran Kerja. Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. 

Surat Lamaran Kerja Resmi, untuk anda yang sedang mencari-cari pekerjaan tentu tak ketinggalan dengan hal yang satu ini yaitu seputar Surat Lamaran Pekerjaan, ini merupakan syarat pokok dalam melamar ke suatu perusahaan. nah maka dari itu jika anda kesulitan dalam membuat Surat Lamaran Kerja berikut akan admin berikan contoh-contohnya.

 Surat Lamaran Kerja  – merupakan surat yang baik dan benar untuk melamar ke suatu PT/Perusahaan, di dalam surat yang baik harus mengandung bahasa yang baku dan sopan. informasi yang dituliskan harus lengkap, bila perlu anda berikan lampiran.


Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini :
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Hal atau perihal
  • Alamat tujuan
  • Salam pembuka
  • Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
  • paragraf pembuka
  • isi surat
  • paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

Bagi setiap orang yang ingin melamar kerja, tentu hal pertama yang harus diperhatikan adalah surat lamaran kerja yang Anda buat, surat lamaran yang baik merupakan kunci awal kesuksesan Anda untuk dipanggil kerja di tempat yang Anda lamar. Namun banyak juga orang yang belum paham bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang di senangi oleh HRD. Kesalahan terbesar dalam membuat surat lamaran adalah ketika bahas yang Anda tulis terlihat bertele-tele, ini mengingat HRD tak mungkin membaca semua tulisan Anda yang bertele-tele, karena masih banyak pelamar yang lain yang akan mereka baca. Jadi hal yang terpenting dalam sebuah surat lamaran kerja adalah point pentingnya saja.

Baca Juga :

Jika Anda ingin melihat bagaimana surat lamaran yang bagus dan baik di mata HRD, Anda bisa melihat contohnya seperti yang kami buat di bawah ini, perhatikan kata-kata dan point pentingnya seperti hal yang harus Anda perhatikan di bawah ini.
Penggunaan Bahasa Yang Benar, Baku, dan tanpa coretan
Surat lamaran kerja harus punya struktur yang jelas seperti kepala, pembuka, isi, dan penutup.
Tidak bertele-tele, namun padat dan jelas
Tanda tangan harus sesuai KTP
Surat lamaran harus terlihat rapi dan bersih
Tidak ada coretan ataupun bekas tipex

Adapun gambarannya mengenai surat lamaran Pekerjaan  yang benar berikut contoh yang bisa Anda ikuti, tapi tetap pastikan saat menulis usahakan jangan ada salah penulisan kata, itu sama saja Anda orang yang tidak teliti dan ceroboh, jika ada salah penulisan kata ganti lagi dengan kertas yang baru. berikut contohnya surat lamaran kerjanya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Purwokerto, 22 Pebruari 2015

KEPADA:
Yth. Bapak/Ibu Bag. Personalia
CV. Admin Computer 
Jalan Dadaha No. 46 Gunungjati
Kota Tasikmalaya

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini, saya
Nama:
Tempat/tgl lahir:
Warga negara:
Agama:
Alamat sekarang:
No. Tlp:

Bersama ini saya mengajukan lamaran kerja melalui perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan persyaratan berikut ini:
Pas photo warna 4×6 2 lembar
Foto copy KTP
Foto copy Ijazah
Foto copy SKHUN
Foto copy Trankrip nilai
Foto copy kartu kuning
Foto copy SKCK
Foto copy sertifikat-sertifikat (PKL DLL kalau punya)
Foto copy akta kelahiran
Daftar riwayat hidup

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya, kebijaksanaan dan dikabulkan permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

( ————– )

Ridwan Solihudin



Lampung, 26 Agustus 2014 
Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan
PT. Arkom Pringsewu

Dengan hormat,
Sebagaimana iklan lowongan kerja dari PT. Arkom Pringsewu, seperti terpasang pada harian Lampung Post pada tanggal 20 Agustus 2013. Saya mengajukan diri untuk bergabung dengan Tim Research and Development Tech Division pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Mengenai diri saya, dapat dijelaskan sebagai berikut:

Nama : ……………………..
TTL : …………………..
Agama : …………………..
Jenis Kelamin: …………………..
Alamat : …………………
Telepon/HP : ………………….
Email : ………………………
Status Perkawinan : ……………………..
Kewarganegaraan : …………………..

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan hal berikut :1. Pas foto terbaru.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Daftar Riwayat Hidup.

Demikian Surat Lamaran Kerja ini Saya buat dengan manaruh besar harapan untuk mendapat kesempatan wawancara langsung, dan dapat diterima untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang saya miliki. Atas perhatian Bapak/Ibu, Saya haturkan terima kasih.


Hormat saya,
Catatan penting Anda harus menyusun lampiran sesuai dengan yang tertulis dilamaran, dari mulai paling atas Pas foto dan paling bawah ditempatkan oleh riwayat hidup, Agar HRD semakin tertarik membaca surat lamaran Anda, ada baiknya lampirkan juga sertifikat yang menurut Anda penting sesuai dengan kemampuan dan Skill yang Anda miliki. Contohnya seperti sertifikat kursus atau pengalaman kerja. Jadi intinya adalah Point penting dari surat lamaran adalah kepala surat, biodata diri serta lampiran yang disertakan bersama surat lamaran.

Cukup sekian cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak melamar sebuah pekerjaan disuatu perusahaan pilihan Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda salam sukses selalu. Surat Lamaran Kerja Bank 

Pengunjung