Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Secara Lengkap

Contoh Laporan Keuangan - Sahabat budiman kali ini admin akan sedikit berbagi mengenai Laporan Keuangan  salah satu jenis perusahaan yang mudah untuk dijalankan adalah perusahaan dagang. Kenapa? Karena kegiatan bisnisnya hanya sebatas membeli barang dagangan kemudian menjualnya kembali tanpa mengubah bentuk barang tersebut. Oleh sebab itu perusahaan ini disebut dengan perusahaan dagang, yaitu perusahaan yang memperdagangkan produk melalui pembelian dan penjualan. 

Pada dasarnya laporan keuangan perusahaan dagang sama seperti perusahaan lain. Namun yang membedakan adalah elemen-elemen atau jenis akun yang termasuk di dalam laporan keuangan tersebut, 


Contoh Laporan Keuangan

Ada beberapa bagian yang dibahas dalam penyusunan laporan keuangan sebagai contoh kami sajikan beberapa larapoan keuangan diantaranya sebagai berikut:

Laporan Laba Rugi


Laporan laba rugi adalah laporan yang mencerminkan aktivitas operasi perusahaan. Laporan ini menyajikan rincian informasi tentang penghasilan, beban, laba atau rugi perusahaan pada periode tertentu. Terdapat dua komponen utama dalam laporan laba rugi, yaitu penjualan dan beban. Sedangkan komponen lainnya adalah harga pokok penjualan. Berikut adalah contoh laporan laba rugi perusahaan dagang.

Contoh Laporan Laba Rugi


Neraca
Neraca adalah laporan yang mencatat informasi tentang daftar aktiva, kewajiban, dan modal suatu bisnis pada periode tertentu. Bentuk neraca secara umum dalam laporan keuangan dibagi menjadi dua, yaitu bentuk Staffel atau neraca yang disusun ke bawah dan meletakkan saldo pada bagian samping dengan kolom debit krefit, dan bentuk Scontro yang memisahkan antara aktiva dan pasiva pada posisi kanan dan kiri. Berikut adalah contoh neraca dengan bentuk Staffel
Contoh Neraca


Laporan Arus Kas
Laporan arus kas adalah laporan yang memperlihatkan jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai dari pemilik serta jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan, seperti beban yang harus dikeluarkan, pembayaran utang, dan pengambilan prive. Berikut adalah contoh laporan arus kas.
Contoh Laporan Arus Kas


Laporan Piutang
Laporan piutang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan pengurangan piutang perusahaan serta saldo akhir piutang masing-masing pelanggan. Laporan piutang biasanya akan menyajikan data-data kode pelanggan, nama pelanggan, saldo awal piutang, penjualan, uang muka, potongan penjualan, retur penjualan, PPN leluaran, pembayaran piutang dan saldo akhir piutang. Berikut adalah contoh laporan piutang yang biasa disajikan oleh Jurnal.
Contoh Laporan Piutang


Laporan Persediaan atau Stok Barang
Laporan ini menyajikan rincian stok barang seperti daftar barang beserta kodenya, harga penjualan, stok awal, pembelian barang, retur pembelian, penjualan, retur penjualan, hingga stok akhir yang tersedia pada toko maupun yang ada pada gudang. Berikut adalah contoh laporan persediaan.

Contoh  Laporan Persediaan atau Stok Barang


Demikianlah informasi mengenai Contoh laporan keuangan perusahaan dagang secara lengkap beserta transaksinya. Dengan laporan keuangan yang lengkap, detail, dan tepat, Anda akan lebih mudah membuat suatu keputusan dalam mengembangkan bisnis Anda.

Pengunjung