AYAT-AYAT CINTA DALAM ALQURAN

AYAT-AYAT CINTA DALAM ALQURAN
Oleh: Ibnu Muchtar

Cinta adalah sebentuk perasaan yang suci dan mulia. Kehadiran cinta telah melampaui batas laut dan pegunungan serta mengikis tabir perbedaan warna kulit dan bahasa. Ia menjadi buah bibir yang tak pernah lekang dimakan zaman. Orang mengabadikan cinta lewat berbagai bentuk; melalui syair, bangunan indah seperti Taj Mahal, atau mati bersama seperti kisah tragis Romeo dan Juliet. Lalu seperti apakah cinta yang termaktub dalam ayat-ayat Alquran?
Menurut Alquran, manusia diciptakan Allah swt. berpasangan lelaki-perempuan dan kepada mereka dianugerahi perasaan cinta dan kasih sayang, dan sudah menjadi fitrahnya bahwa manusia ingin mencintai dan dicintai. Tercapainya kebutuhan cinta itu, jika ditunaikan secara benar sehingga akan membuat manusia merasa tenteram, tenang dan bahagia, sebaliknya cinta tidak mengikuti prosedur akan mengantar pada penderitaan. Dalam Alquran perasaan cinta antar laki-perempuan disebut dengan berbagai istilah, antara lain mawaddah, rahmah, syaghafa, mail, hubb- mahabbah.
Istilah yang berbeda-beda itu menunjuk kepada kedalaman dan ragamnya cinta. Cinta memang memiliki dimensi yang sangat luas dan mendalam dimana perbedaan karakteristik itu akan membawa implikasi (hubungan keterlibatan) pada perbedaan tingkah laku. Cinta itu sendiri diungkap dalam bahasa Arab dengan tiga kelompok karakteristik, yaitu (1) ta`zhim (apresiatif, penghargaan, penghormatan),  (2) ihtimam (penuh perhatian), dan (3) mahabbah (cinta). Yang pertama, orang yang dicintai itu menempati kedudukan harimau atau pedang, (yang ditakuti dan dikagumi), yang kedua seperti bencana (yang harus diwaspadai) dan ketiga seperti minuman keras (yang membuat ketagihan). Tiga kelompok karakteristik itu terkumpul dalam ungkapan mahabbah, orangnya disebut habib, habibah atau mahbub.
أَنِ اقْذِفِيهِ فِي التَّابُوتِ فَاقْذِفِيهِ فِي الْيَمِّ فَلْيُلْقِهِ الْيَمُّ بِالسَّاحِلِ يَأْخُذْهُ عَدُوٌّ لِي وَعَدُوٌّ لَهُ وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي
Yaitu: "Letakkanlah ia (Musa) didalam peti, kemudian lemparkanlah ia ke sungai (Nil), maka pasti sungai itu membawanya ke tepi, supaya diambil oleh (Fir'aun) musuh-Ku dan musuhnya. Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku[1]; dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku. Q.s. Thaha (20):39
[1]. Maksudnya: setiap orang yang memandang Nabi Musa a.s. akan merasa kasih sayang kepadanya.
Secara lebih spesifik (khusus), bahasa Arab menyebut dengan enam puluh istilah jenis cinta, seperti `isyqun (dalam bahasa Indonesia menjadi asyik), hilm, gharam (asmara), wajd, syauq, lahf dan sebagainya, tetapi Alquran hanya menyebut enam istilah saja.
1. Cinta mawaddah (Q.s. Ar-Rum:21) adalah jenis cinta menggebu-gebu, membara dan nggemesi. Orang yang memiliki cinta jenis mawaddah maunya selalu berdua, enggan berpisah dan selalu ingin memuaskan dahaga cintanya.
وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Mawaddah, tersusun dari huruf-huruf  m-w-d-d-,  yang  maknanya berkisar  pada  kelapangan  dan  kekosongan.  Mawaddah  adalah kelapangan dada dan kekosongan jiwa dari kehendak  buruk.  Dia adalah  cinta  plus. Bukankah yang mencintai, sesekali hatinya kesal  sehingga  cintanya  pudar  bahkan  putus.  Tetapi  yang bersemai  dalam  hati  mawaddah,  tidak  lagi  akan memutuskan hubungan, seperti yang bisa terjadi pada orang yang  bercinta.
Ini  disebabkan  karena  hatinya begitu lapang dan kosong dari keburukan sehingga pintu-pintunya  pun  telah  tertutup  untuk dihinggapi keburukan lahir dan batin (yang mungkin datang dari pasangannya). Begitu  lebih  kurang  komentar  pakar  Al-Quran Ibrahim  Al-Biqa'i  (1480  M) dalam tafsirnya Nazhmud Durar fi Tanasub al-Ayat was Suwar, ketika  menafsirkan  ayat  yang berbicara tentang mawaddah.
2. Cinta Rahmah (Q.s. Ar-Rum:21) adalah jenis cinta yang penuh kasih sayang, lembut, siap berkorban dan siap melindungi. Orang yang memiliki cinta rahmah ini lebih memperhatikan orang yang dicintainya dibanding terhadap diri sendiri.
Rahmah adalah kondisi psikologis (jiwa) yang  muncul  di  dalam  hati akibat  menyaksikan  ketidakberdayaan  sehingga mendorong yang bersangkutan  untuk   memberdayakannya.   Karena   itu   dalam kehidupan   keluarga,   masing-masing  suami  dan  istri  akan bersungguh-sungguh bahkan  bersusah  payah  demi  mendatangkan kebaikan bagi pasangannya serta menolak segala yang mengganggu dan mengeruhkannya.

Al-Quran  menggarisbawahi  hal  ini   dalam   rangka   jalinan perkawinan  karena  betapapun  hebatnya  seseorang,  ia  pasti memiliki kelemahan, dan betapapun  lemahnya  seseorang,  pasti ada  juga  unsur kekuatannya. Suami dan istri tidak luput dari keadaan demikian, sehingga  suami  dan  istri  harus  berusaha untuk saling melengkapi.

هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ
Istri-istri kamu (para suami) adalah pakaian untuk kamu, dan kamu adalah pakaian untuk mereka (Q.s. Al-Baqarah [2]: 187).

Ayat ini tidak hanya mengisyaratkan bahwa suami-istri saling membutuhkan sebagaimana kebutuhan manusia pada pakaian, tetapi juga berarti  bahwa suami istri --orang masing-masing menurut kodratnya memiliki kekurangan--harus dapat berfungsi "menutup kekurangan  pasangannya".  sebagaimana  pakaian  menutup aurat (kekurangan) pemakainya.
Termasuk dalam cinta rahmah adalah cinta antara orang yang bertalian darah, terutama cinta orang tua terhadap anaknya, dan sebaliknya. Dari itu maka dalam al Qur’an, kerabat disebut al arham, dzawi al arham , yakni orang-orang yang memiliki hubungan kasih sayang secara fitri, yang berasal dari garba (wadah, tempat) kasih sayang ibu, disebut rahim (dari kata rahmah).
Sejak janin seorang anak sudah diliputi oleh suasana psikologis kasih sayang dalam satu ruang yang disebut rahim. Selanjutnya diantara orang-orang yang memiliki hubungan darah dianjurkan untuk selalu ber silaturrahim, atau silaturrahmi artinya menyambung tali kasih sayang.
3. Cinta mail (Q.s. An-Nisa (4):129) adalah jenis cinta yang untuk sementara sangat membara sehingga menyedot seluruh perhatian hingga hal-hal lain kurang diperhatikan. Cinta mail dalam quran disebut dalam konteks orang poligami yaitu ketika sedang jatuh cinta kepada yang lebih muda (antamilu kulla al mail) cenderung mengabaikan kepada istri tua.
وَلَنْ تَسْتَطِيعُوا أَنْ تَعْدِلُوا بَيْنَ النِّسَاءِ وَلَوْ حَرَصْتُمْ فَلَا تَمِيلُوا كُلَّ الْمَيْلِ فَتَذَرُوهَا كَالْمُعَلَّقَةِ وَإِنْ تُصْلِحُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ غَفُورًا رَحِيمًا
Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
4. Cinta Syaghaf (Q.s. Yusuf (12):30) adalah cinta yang sangat mendalam, alami, orisinal dan memabukkan. Orang yang terserang cinta jenis syaghaf (qad syaghafaha hubba) bisa seperti orang gila, lupa diri hampir tak menyadari apa yang dilakukan. quran menggunakan istilah syaghaf mengisahkan cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf AS.
وَقَالَ نِسْوَةٌ فِي الْمَدِينَةِ امْرَأَةُ الْعَزِيزِ تُرَاوِدُ فَتَاهَا عَنْ نَفْسِهِ قَدْ شَغَفَهَا حُبًّا إِنَّا لَنَرَاهَا فِي ضَلَالٍ مُبِينٍ
Dan wanita-wanita di kota berkata: "Isteri Al Aziz menggoda bujangnya untuk menundukkan dirinya (kepadanya), sesungguhnya cintanya kepada bujangnya itu adalah sangat mendalam. Sesungguhnya kami memandangnya dalam kesesatan yang nyata."
Al Aziz sebutan bagi Raja di Mesir
5. Cinta Ra’fah yaitu rasa kasih yang dalam hingga mengalahkan norma-norma kebenaran. Misalnya kasihan kepada anak sehingga tidak tega membangunkan untuk shalat subuh, membelanya mesti salah. Quran menyebutkan istilah ini agar janganlah cinta ra’fah menyebabkan orang tidak menegakkan hukum Allah swt, seperti dalam kasus hukuman bagi pezina
الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِئَةَ جَلْدَةٍ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِرِ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ
Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman. (Q.s. An-Nur (24):2)
6. Cinta Shobwah yaitu cinta buta, cinta yang mendorong perilaku menyimpang tanpa sanggup mengelak. Quran menyebut istilah ini ketika mengisahkan nabi Yusuf \nberdoa agar dipisahkan dengan Zulaikha namun Nabi Yusuf tergelincir dalam perbuatan bodoh
قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ
Yusuf berkata: "Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh (Q.s. Yusuf (12):33)
Cinta Syauq (rindu) istilah ini bukan dari Alquran tapi hadis yang menafsirkan Quran. Dalam surat al-ankabut ayat 5 dikatakan
مَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ اللَّهِ فَإِنَّ أَجَلَ اللَّهِ لَآَتٍ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
barangsiapa rindu berjumpa Allah swt. waktunya pasti akan tiba. kalimat kerinduan ini diungkapkan dalam doa Nabi
وَلَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ
"(dan Aku mohon) dapat merasakan nikmatnya memandang wajah-Mu dan nikmatnya kerinduan untuk berjumpa denganMu" H.r. Ahmad
Menurut Ibn Qayyim dalam kitab Raudlat al Muhibbin wa Nuzhat al Musytaqin, Syauq (rindu) adalah pengembaraan hati kepada sang kekasih (safar al qalb ila al mahbub), dan kobaran cinta yang apinya berada di dalam hati sang pecinta (hurqat al mahabbah wa iltihab nariha fi qalb al muhibbi).
Cinta kulfah, yakni perasaan cinta yang disertai kesadaran mendidik kepada hal-hal yang positip meski sulit, seperti orang tua yang menyuruh anaknya menyapu, membersihkan kamar sendiri, meski ada pembantu. Meskipun secara istilah cinta ini tidak disebut dalam Alquran, namun secara tersirat terkandung dalam Alquran ketika menyatakan bahwa Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya, la yukallifullah nafsan illa wus`aha (Q.s. Al-Baqarah (2):286)

Pengunjung