Kapan Wanita Mulai Shalat Dzuhur di hari Jumat. Berdasarkan hadis dibaah ini
يَاأَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا
إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنتُمْ
تَعْلَمُونَ - الجمعة : 9 –
حَدَّثَنَا عَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْعَظِيمِ
حَدَّثَنِي إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا هُرَيْمٌ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ
مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ
شِهَابٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْجُمُعَةُ
حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ
مَمْلُوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ – رواه أبو داود
…Dari Thariq bin Syihab, dari Nabi saw. saw. beliau bersabda,
“Jum’at itu adalah hak yang wajib bagi setiap muslim secara berjama’ah kecuali
empat golongan; hamba sahaya, perempuan, anak-anak, dan yang sakit.” H.r. Abu Daud,
Sunan Abu Daud, Dar al-Fikr, 1990, I:240, No. hadis 1067
Ada
orang yang berpendapat bahwa hadis Thariq ini tidak dapat dipakai hujjah,
karena:
1.
Pada sanadnya terdapat rawi yang
bernama Huraim. Menurut Ibnu Hazm, Huraim adalah rawi yang majhul (tidak
terkenal). Karena itu, hadis yang pada sanadnya terdapat rawi yang majhul tidak
dapat dipakai hujjah, karena tidak dapat diketahui apakah rawi itu benar atau
tidak.
2.
Thariq bin Syihab, walaupun ia
bertemu dengan Nabi saw. tetapi tidak mendengar apapun dari beliau. Karena itu,
tentu ia mendengar dari orang lain yang tidak disebut namanya. Hadis yang seperti ini disebut mursal,
sedangkan hadis mursal itu tidak boleh dipakai hujjah.
Tanggapan
1. Pernyataan
majhul dari Ibnu Hazm terhadap Huraim bin Sufyan tertolak, karena ia telah
dinyatakan tsiqat oleh Yahya bin Ma’in, Abu Hatim, Ibnu Saad, Al-‘Ijli (Lihat,
Tahdzibul Kamal, 1994, XXX:169). Karena
itu, rawi tersebut dipergunakan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim di dalam kitab
Shahih-nya, seperti
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ
بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَابْنُ نُمَيْرٍ وَأَبُو سَعِيدٍ
الْأَشَجُّ وَأَلْفَاظُهُمْ مُتَقَارِبَةٌ قَالُوا حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ
حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
قَالَ كُنَّا نُسَلِّمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَهُوَ فِي الصَّلَاةِ فَيَرُدُّ عَلَيْنَا فَلَمَّا رَجَعْنَا مِنْ عِنْدِ
النَّجَاشِيِّ سَلَّمْنَا عَلَيْهِ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْنَا فَقُلْنَا يَا
رَسُولَ اللَّهِ كُنَّا نُسَلِّمُ عَلَيْكَ فِي الصَّلَاةِ فَتَرُدُّ عَلَيْنَا
فَقَالَ إِنَّ فِي الصَّلَاةِ شُغْلًا
حَدَّثَنِي ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنِي إِسْحَقُ
بْنُ مَنْصُورٍ السَّلُولِيُّ حَدَّثَنَا هُرَيْمُ بْنُ سُفْيَانَ عَنِ
الْأَعْمَشِ بِهَذَا الْإِسْنَادِ نَحْوَهُ
(Lihat, Shahih Muslim, Dar al-Fikr, Beirut, 1992, I:242, No.
hadis 538, ditempatkan pada
كتاب المساجد باب تحريم
الكلام في الصلاة ونسخ ما كان من إباحة
حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ
حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ
عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِاللَّهِ رَضِي اللَّه عَنْه قَالَ كُنَّا نُسَلِّمُ عَلَى
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي الصَّلَاةِ فَيَرُدُّ
عَلَيْنَا فَلَمَّا رَجَعْنَا مِنْ عِنْدِ النَّجَاشِيِّ سَلَّمْنَا عَلَيْهِ
فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْنَا وَقَالَ إِنَّ فِي الصَّلَاةِ شُغْلًا
حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ
بْنُ مَنْصُورٍ السَّلُولِيُّ حَدَّثَنَا هُرَيْمُ بْنُ سُفْيَانَ عَنِ
الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِاللَّهِ رَضِي اللَّه
عَنْه عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ
(Lihat, Shahih al-Bukhari, Dar al-Salam, Riyadh, 1997,
hal. 235, No. hadis 1199, ditempatkan
pada
كتاب العمل في الصلاة باب
ما ينهى من الكلام في الصلاة
2. Hadis yang dikatakan oleh sahabat dari
Nabi saw. padahal ia tidak mendengar secara langsung dari beliau, disebut mursal
sahabi. Menurut ahli hadis mursal shahabi dapat dipakai hujjah. Meskipun
demikian, hadis tersebut sebenarnya tidak mursal sahabi, karena pada riwayat
Al-Hakim, Thariq bin Syihab menerima dari sahabat lain, yaitu Abu Musa. Adapun
keterangan lengkapnya sebagai berikut:
حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ
بْنُ إِسْحَاقَ الفَقِيْهُ ثَنَا عُبَيْدُ بْنُ مُحَمَّدٍ العِجْلِيُّ حَدَّثَنِي
الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْعَظِيْمِ الْعَنْبَرِيُّ حَدَّثَنِي إِسْحَاقُ بْنُ
مَنْصُوْرٍ ثَنَا هُرَيْمُ بْنُ سُفْيَانَ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ
الْمُنْتَشِرِ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِيْ
مُوْسَى عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه
وسلم قَالَ الْجُمُعَةُ حَقٌّ
وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ
أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ – المستدرك على الصحيحين 1: 425 -
Keterangan para rawi Abu Daud dan
Al-Hakim di atas
[a]
Al-Abbas bin Abdul Azhim (w. 246 H). An-Nasai berkata, “Tsiqat” (Tahdzibul Kamal,
1994, XIV:222-225)
[b] Ishaq bin Manshur. Ibnu Main berkata,
“Laisa bihi Ba’sun (tsiqat)” (Tahdzibul Kamal, 1994, II:478-480)
[c] Huraim bin Sufyan. Ibnu Main berkata,
“Tsiqat” (Tahdzibul Kamal, 1994,
XXX:169).
[d] Ibrahim bin Muhamad bin
al-Muntasyir. Abu Hatim berkata, “Tsiqat” (Tahdzibul Kamal, 1994, II:183-184).
[f]
Qais bin Muslim. Ibnu Main berkata, “Tsiqat” (Tahdzibul Kamal, 1994, XXIV:81-83).
[g]
Thariq bin Syihab sahabat Rasul
[h]
Abu Musa Shahabat Rasul
Tanggapan Untuk Wanita Wajib Jum’at
Pertama, keterangan No. 3 (halaman
2) tentang
ففي رواية عثمان بن واقد
عن نافع عند أبي عوانة وابن خزيمة وابن حبان في صحاحهم بلفظ من أتى الجمعة من الرجال والنساء فليغتسل، ومن
لم يأتها فليس عليه غسل ورجاله ثقات
Di sini ada
ketidakjujuran, keterangan Ibnu Hajar tidak dikutip seluruhnya. Padahal
keterangan beliau selengkapnya adalah sebagai berikut:
ومنها زيادة في المتن،
ففي رواية عثمان بن واقد عن نافع عند أبي عوانة وابن خزيمة وابن حبان في صحاحهم
بلفظ " من أتى الجمعة من الرجال والنساء فليغتسل، ومن لم يأتها فليس عليه غسل
" ورجاله ثقات، لكن قال البزار: أخشى أن يكون عثمان بن واقد وهم فيه. – فتح
الباري 2: 417 –
Keterangan Ibnu Hajar ini dapat
dibuktikan berdasrkan penelitian sebagai berikut:
Riwayat Usman bin Waqid dari Nafi,
riwayat Abu ‘Awanah, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Hiban dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمْعَةَ مِنَ الرِّجَالِ
وَالنَّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ
Ternyata daif dilihat dari dua segi
A. Sanad
Pada sanadnya terdapat dua orang
rawi
[1] Usman bin Waqid daif. Ini yang
dimaksud oleh al-Bazzar
قال البزار: أخشى أن يكون
عثمان بن واقد وهم فيه – فتح الباري 2: 417 –
Penilaian al-Bazzar diperkuat oleh
Abu Daud dan Ibnu Hajar sendiri. Abu Daud berkata:
هو
ضعيف حدث هذا أن النبي صلى الله
عليه وسلم قال من أتى الجمعة من الرجال
والنساء فليغتسل ولا نعلم أن أحدا قال هذا غيره – تهذيب الكمال 19: 505 –
Dia daif. Dia menceritakan ini bahwa
Nabi bersabda, ‘Man atal jum’ata…Dan kami tidak mengetahui seorang pun
mengatakan ini (tambahan kalimat minar rijal wan nisa) kecuali dirinya. (Tahdzibul Kamal, 1994, XIX:505).
Kata Ibnu Hajar: “Usman shaduq namun
sering keliru” (Taqribut Tahdzib I:396)
[2] murid Usman bernama Zaid bin
Hubab daif.
Imam Ahmad berkata, “Zaid shaduq
tetapi banyak salah” Tahdzibul Kamal, 1994, X:46
B.
Matan
Hadis tentang mendatangi Jum’at
diterima oleh 120 orang, antara lain
[1]
Malik bin Anas (riwayat al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, hal. 174, No.
hadis 877; An-Nasai, as-Sunanul Kubra, I:521, No. hadis 1678), dengan
lafal
إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الْجُمُعَةَ
فَلْيَغْتَسِلْ
[2] al-Laits (riwayat Muslim, Shahih Muslim, I:372, No.
hadis 844), dengan lafal
إِذَا أَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْتِيَ
الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ – رواه مسلم –
[3] Abu Ishaq as-Sabi’i (riwayat
Ahmad, Musnad Imam Ahmad, XIX:51, No. hadis 5008; X:174, No. hadis 5961;
X:404, No. hadis 6327; riwayat Ibnu Majah, Sunan Ibnu Majah, I:11, No.
hadis 1088; An-Nasai, as-Sunanul Kubra, I:521, No. hadis 1679), dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
[4] Malik bin Mighwal (riwayat Ahmad, Musnad Imam Ahmad, IX:50,
No. hadis 5005), dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
[5] Yahya bin Abu Katsir (riwayat
Ahmad, Musnad Imam Ahmad, IX:331, No. hadis 5456; at-Thabrani, al-Mu’jamul
Ausath, I:22, No. hadis 56) dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
(Riwayat An-Nasai, as-Sunanul Kubra, I:521, No. hadis 1676),
dengan lafal
إذا أتى أحدكم الجمعة فليغتسل
[6] Ubaidullah bin Umar (riwayat
Ahmad, Musnad Imam Ahmad, X:56, No. hadis 5777; X:375, No. hadis 6267;
at-Thabrani, al-Mu’jamul Ausath, VI:80, No. hadis 5856; al-Mu’jamul Kabir,
XII:376, No. hadis 13392), dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
(riwayat Ahmad, Musnad Imam Ahmad, VIII:39, No. hadis 4466),
dengan lafal
إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْجُمْعَةِ
فَلْيَغْتَسِلْ
[7]
Al-Hakam bin ‘Utaibah (riwayat Ahmad, Musnad Imam Ahmad, IX:345, No. hadis
5482; An-Nasai, As-Sunanul Kubra, I:521, No. hadis 1677), dengan lafal
إِذَا رَاحَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْجُمْعَةِ
فَلْيَغْتَسِلْ
[8] Ayyub as-Sakhtiyani (riwayat
Ahmad, Musnad Imam Ahmad, IX:102, No. hadis 5083) dengan lafal
إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْجُمْعَةِ
فَلْيَغْتَسِلْ
(riwayat Ahmad, Musnad Imam Ahmad, IX:348, No. hadis 5488)
dengan lafal
إِذَا رَاحَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْجُمْعَةِ
فَلْيَغْتَسِلْ
[9] Abu ‘Adzbah (riwayat at-Thabrani, al-Mu’jamul Ausath, I:12,
No. hadis 22), dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
[10] Abudullah bin Said bin Abu
Hindun (riwayat at-Thabrani, al-Mu’jamul Ausath, I:88, No. hadis 257), dengan
lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
[11] Khalifah (riwayat at-Thabrani, al-Mu’jamul Ausath, II:298,
No. hadis 997), dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
[12] Usman bin al-Aswad (riwayat at-Thabrani, al-Mu’jamul
Ausath, III:362, No. hadis 3407), dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
[13] Muhamad bin Ishaq (riwayat
Muhamad bin Ahmad as-Shaidawi, Mu’jamus Syuyukh, hal. 366), dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
[14] Ibnu Abu Laila (riwayat at-Thabrani, al-Mu’jamul Kabir,
XII:383, No. hadis 13419), dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
Semuanya dari Nafi, dari Ibnu Umar.
Namun tidak ada satu pun yang meriwayatkan dengan lafal
مَنْ أَتَى الْجُمْعَةَ مِنَ الرِّجَالِ
وَالنَّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ
غُسْلٌ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ
Hal ini menjadi bukti bahwa kalimat منَ
الرِّجَالِ وَالنَّسَاءِ dan وَمَنْ
لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ adalah idraj (tambahan) dari Usman
bin Waqid atau Zaid bin Hubab yang banyak salah itu. Inilah yang dimaksud oleh
Ibnu Hajar
ومنها زيادة في المتن،
ففي رواية عثمان بن واقد عن نافع عند أبي عوانة وابن خزيمة وابن حبان في صحاحهم
بلفظ " من أتى الجمعة من الرجال والنساء فليغتسل، ومن لم يأتها فليس عليه غسل
" ورجاله ثقات، لكن قال البزار: أخشى أن يكون عثمان بن واقد وهم فيه. – فتح
الباري 2: 417 –
Kedua, keterangan No. 4 (halaman 2)
tentang
من شهد الجمعة من الرجال
والنساء فليغتسل (رواه الجماعة وابن حبان النيل 1: 296 )
Apakah keterangan ini mengutip dari
Nailul Authar atau mengutip dari pedoman salat Prof Hasbi as-Shidiqi. Sebab
pada tiga versi Nailul Authar yang kami teliti
[a]
terbitan Dar al-Fikr, Beirut, 1994, jilid II/juz 3, hal. 269-344, tentang
Abwabul Jum’at, sebanyak 16 bab.
[b]
terbitan Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, Beirut, 1999, jilid II/juz 3, hal. 234-298,
tentang Abwabul Jum’at, sebanyak 16 bab.
[c]
terbitan Dar al-Fikr, Beirut, tanpa tahun, jilid III, hal. 271-348, tentang
Abwabul Jum’at, sebanyak 16 bab.
tidak ada satupun yang memuat
keterangan itu. Demikian pula ketika kami teliti Shahih Ibnu Hiban terbitan Dar
al-Baz, Mekah, 1987, III:191-205, bab Shalat Jum’at , dari hadis No. 2759 s/d
2799, keterangan itu tidak kami temukan. Barangkali dimuat pada Nailul Authar
terbitan Jama’atul Muslimin dan yang
dimaksud dengan riwayat al-Jama’ah di sini juga Jama’atul Muslimin?
Ketiga pada keterangan No. 5
(halaman 3) tentang perkataan Qatadah
لم يبق مع النبي ص يومئذ إلا اثنا عشر رجلا
وامرأة (تفسير الطبري 26: 104 )
Riwayat ini mursal tabi’i, karena
diceritakan oleh Qatadah yang tidak mengalami peristiwa itu, sebab Qatadah
lahir pada tahun 60/61 hijriah (Lihat, Tahdzibul Kamal, XXIII:516). Sedangkan
keterangan Jabir bin Abdullah yang mengalami langsung peristiwa itu tidak ada
kata imra-atan. Adapun keterangannya sebagai berikut:
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِاللَّهِ رَضِي
اللَّه عَنْه قَالَ أَقْبَلَتْ عِيرٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَنَحْنُ مَعَ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَثَارَ النَّاسُ إِلَّا اثْنَيْ عَشَرَ رَجُلًا
فَأَنْزَلَ اللَّهُ ( وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا
إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا ) – رواه البخاري -