ZAKAT HARTA PERNIAGAAN

ZAKAT HARTA PERNIAGAAN


يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ…
Hai orang-orang yang beriman infaqkanlah sebagian dari hasil usaha kamu yang baik, dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu…Q.s. Al-Baqarah:267
Mujahid berkata, tentang firman Allah min thayyibati ma kasabtum, “maksudnya adalah dari tijarah” Tafsir At-Thabari V:555
Rasulullah saw. pernah mengutus petugas penarik zakat. Salah seorang pedagang tidak membayar zakat, yaitu Khalid bin Walid yang berdagang alat-alat perang. Hal itu disampaikan kepada Rasulullah saw. Maka beliau bersabda:
…أَمَّا خَالِدٌ فَإِنَّكُمْ تَظْلِمُونَ خَالِدًا قَدِ احْتَبَسَ أَدْرَاعَهُ وَأَعْتُدَهُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ
…Adapun Khalid, maka sesungguhnya kamu hendak menganiayanya, sungguh ia telah wakafkan baju-baju besi dan alat-alat perangnya di jalan Allah…H.r. Al-Bukhari
عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ قَالَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ رَسُولَ اللهِ r كَانَ يَأْمُرُنَا أَنْ نُخْرِجَ الصَّدَقَةَ مِنِ الَّذِي نُعِدُّ لِلْبَيْعِ. رواه أبو داود.
Dari Samurah bin Jundab, ia berkata, ‘Sesungguhnya Rasulullah saw. memrintah kepada kami agar mengeluarkan shadaqah (zakat) dari (barang) yang akan dijual. H.r. Abu Daud.
أَنَّ النَّبِيَّ r قَالَ: فِي الإِبِلِ صَدَقَتُهَا وَفِي الْبَقَرِ صَدَقَتُهَا وَفِي الْبَزِّ صَدَقَتُهُ -رواه الحاكم-
Sesungguhnya Nabi saw. bersabda, “Pada (ternak) unta ada zakatnya, pada (ternak) sapi juga ada zakatnya, dan pada (perdagangan) kain juga ada zakatnya.” H.r. Al-Hakim
عَنِ ابْنِ عَمْرٍو بْنِ حَمَّاسٍ أَنَّ أَبَاهُ قَالَ مَرَرْتُ بِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ وَعَلَى عُنُقِيْ أَدَمَةٌ أَحْمِلُهَا فَقَالَ عُمَرُ أَلاَّ تُؤَدِّيَ زَكَاتَكَ يَا حَمَّاسُ؟ فَقُلْتُ يَا أَمِيْرَ الْمُؤْمِنِيْنَ مَالِيْ غَيْرُ هذِهِ الَّتِى عَلَى ظَهْرِيْ وَاهِبَةٌ فِي الْقَرْظِ فَقَالَ ذَاكَ مَالٌ فَضَعْ قَالَ فَوَضَعْتُهَا بَيْنَ يَدَيْهِ فَحَسَبَهَا فَوَجَدَهَا قَدْ وَجَبَتْ فِيْهَا الزَّكَاةُ فَأَخَذَ فِيْهَا الزَّكَاةَ.
Dari Ibnu Amr bin Hammas sesungguhnya bapaknya mengatakan, “Aku lewat kepada Umar bin Khatab, sedang pada pundaku kulit-kulit yang aku pikul. Umar bertanya, ‘Sudahkan engkau keluarkan zakatnya wahai Hammas? Aku menjawab, ‘Wahai Amirul mukminin, saya tidak mempunyai barang dagangan selain yang ada pada pundaku ini, beberapa kulit mentah yang sedang disamak’ Maka Umar berkata, ‘Itulah barang dagangan, letakanlah!’ Lalu aku meletakan dihadapannya, lalu menghitunya, lalu beliau dapatkan harta itu telah wajib dikeluarkan zakatnya, lalu beliau mengambil zakat  (perdagangan) padanya.’” H.r. Asy-Syafi’i, Al-Um 2:46
Adapun mengenai prosentasenya adalah 2 ½ % sebagaimana diamalkan Umar bin Abdil Aziz dalam suratnya kepada Ruzaiq bin Hakim
أَنِ انْظُرْ مَنْ مَرَّ بِكَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ فَخُذْ مِمَّا ظَهَرَ مِنْ أَمْوَالِهِمْ مِنَ التِّجَارَةِ مِنْ كُلِّ أَرْبَعِيْنَ دِيْنَارًا دِيْنَارًا فَمَا نَقَصَ فَبِحِسَابِ ذلِكَ. رواه الشافعي
Lihatlah siapa saja yang lewat kepadamu dari kalangan muslimin, ambillah apa-apa yang nampak pada mereka dari harta perdagangan, dari setiap empat puluh (40) dinar 1 (satu) dinar, dan apa-apa yang kurang darinya, maka dengan perhitungannya. H.r. Asy-Syafi’i, al-Um 2:46

Kesimpulan:
a. komoditas dagang yang terkena wajib zakat adalah barang-barang yang sengaja dipersiapkan untuk diperjualbelikan.
b. Zakat tijarah sebesar 2,5 % dari modal pokok komoditas dagang (dihitung dari yang telah terjual)
c. zakat tijarah tidak ada ketentuan nishab (besaran modal atau keuntungan minimal) dan haul (batas waktu jatuh tempo pertahun)


Ridwan Syam 

Pengunjung