GNA Snow
Wash
1.
Profil Perusahaan
a.
Nama dan Bentuk Perusahaan
1)
Nama Perusahaan
Nama perusahaan adalah GNA Snow Wash. GNA diambil dari
nama adik adik saya yang selalu menjadi motivasi dalam berkarya. Sedangkan Snow
Wash diambil dari bahasa inggris yang artinya cuci menggunakan salju.
2)
Alamat Perusahaan / Telp / e-mail
Perusahaan GNA Snow Wash beralamat di jalan Cikeusal
RT 03/RT 04 Desa Campaga Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka 45463. No Hp
085224341732. e-mail :pratama_nev@yahoo.com
3)
Bentuk Perusahaan
Bentuk kepemilikan perusahaan ini adalah perusahaan
perseorangan, karena modal yang diinvestasikan terdiri dari modal sendiri
sebagai hasil dana bantuan yang bersifat pinjaman bergulir dalam kurun waktu
tertentu.
b.
Gambar logo / Lambang Perusahaan
Makna lambang :
Huruf GNA merupakan brand image perusahaan sekaligus nama perusahaan
diberi warna putih tanda keikhlasan melayani. Warna latar yaitu hijau muda
menandakan keramahan dan pelayanan prima. Lingkaran oval melambangkan
kedinamisan perusahaan kami.
c.
Visi Perusahaan
1)
Menjadi perusahaan jasa pelopor
yang mengutamakan pelayanan
2)
Menerapkan syari’at islam dalam
berbisnis secara utuh
3)
Menjadi perusahaan termaju di
bidang jasa
d.
Misi Perusahaan
1)
Menerapkan standar pelayanan
kepada karyawan
2)
Membangun kesan baik terhadap
bisnis dengan syari’at islam
3)
Membangun jaringan dan silaturahmi
dengan perusahaan-perusahaan lain.
e.
Tujuan Perusahaan
Sebuah tujuan sangat penting dan berpengaruh besar
terhadap arah bisnis perusahaan. Tujuan ini akan menentukan kemana perusahaan akan
dibawa dan sejauh mana cita-cita yang ingin dicapai oleh perusahaan ini. Ada 2 tujuan yang dibagi
berdasarkan jangka pendek dan jangka panjang.
Tujuan jangka pendek GNA Snow
Wash adalah :
1)
Memperkenalkan perusahaan jasa
pencucian motor
2)
Membuat image positif perusahaan
di masyarakat
3)
Mengembangkan usaha jasa cuci
motor sehingga lebih eksis
Tujuan jangka panjang GNA Snow
Wash adalah :
1)
Menjadi perusahaan jasa cuci motor
dengan administrasi terbaik dengan menghasilkan laba terbaik di bidangnya.
2)
Menjadikan perusahaan jasa cuci
motor dengan prestasi dan prestise yang tinggi di bidangnya.
3)
Menyadarkan masyarakat bahwa bisnis
dalam islam dilakukan dengan cara-cara yang sangat professional.
f.
Bidang Usaha Perusahaan
Perusahaan ini bergerak di bidang usaha jasa. Dengan
demikian pelayanan merupakan aspek utama yang diprioritaskan kepada para
konsumen. Begitulah GNA Snow Wash memberikan pelayanan yang terbaik bagi
konsumen dengan jasa pencucian motor. Dengan waktu yang efektif dan hasil yang
efisien, senyaman mungkin disediakan tempat untuk menunggu selagi sepeda motor
konsumen dikerjakan.
Cara pencuciannya sama untuk semua jenis sepeda motor,
hanya saja disesuaikan dengan kondisi masing-masing sepeda motor tersebut.
Yakni mencuci seluruh bodi motor dengan shampo khusus yang disemprotkan dengan
compressor sehingga berbentuk seperti salju. Jika cara pencucian hamper sama
dengan kebanyakan usaha jasa cuci motor lain, maka yang membedakan adalah
penerapan cara yang ramah dan syar’i dalam pelayanan ini.
g.
Susunan Pengurus
Dikarenakan perusahaan
ini masih kelas kecil menengah, maka di sini pengurus tidak banyak, disesuaikan
dengan kebutuhan saja. Yakni tiap karyawan merangkap sebagai manajer divisi
(pemasaran jasa, keuangan, SDM) bertanggung jawab kepada manajer umum atau
kepala harian. Manajer umum ini bertanggung jawab langsung kepada direksi atau
direktur perusahaan.
Adapun pengurusnya adalah sebagai berikut :
Ketua Direksi : Asep Wildan S
Manajer Umum : Nurul Misbahudin
Karyawan : dalam tahap
pencarian
h.
Modal yang Diinvestasikan
Modal yang diinvestasikan dalam GNA Snow Wash
adalah modal sendiri dari dana pinjaman bergulir dari UPI sebagai sumber utama.
2.
Analisis Lingkungan Bisnis (SWOT)
a.
Strength /kekuatan
1)
Memiliki SDM yang professional
2)
Memiliki skill pelayanan yang
terjamin
3)
Harga produk bersaing
4)
Memiliki kepedulian lingkungan
b.
Weakness / kelemahan
1)
Memerlukan promosi yang sangat
baik
2)
Kurangnya minat terhadap
pemanfaatan jasa ini
3)
Daerah masih belum perkotaan
c.
Opportunities / peluang
1)
Perusahaan perintis
2)
Menggesernya budaya desa ke budaya
kota
3)
Kondisi kesibukan semakin
meningkat
d.
Threats / Ancaman
1)
Kekuatan persediaan dana kurang
2)
Munculnya pesaing dengan dana
besar
3)
Selera / prestise tinggi konsumen
4)
Bisnis mudah ditiru
3.
Analisis Keuangan
a.
Alokasi Modal Awal
Pengeluaran
Alat-alat
1)
Mesin Rp.2.500.000,-
2)
Bangunan Rp.1.500.000,-
3)
Air Rp. 600.000,-
4)
Alat-alat ringan Rp. 400.000,-
Sewa tempat 1 tahun Rp.2.500.000,-
Promosi Rp. 500.000,-
Rp.8.000.000,-
Pendapatan modal (PMW) Rp.8.000.000,-
b.
Cash Flow
Pendapatan per bulan
1)
Hasil jasa 20 mtr/hari x Rp.5000,-
x 30hr Rp.3.000.000,-
Pengeluaran per bulan
1)
Shampoo pencuci untuk 1 bulan Rp. 500.000,-
2)
Gaji Pegawai Rp. 600.000,-
3)
PDAM / Listrik Rp. 300.000,-
4)
Lain-lain Rp. 100.000,-
Jumlah Pengeluaran Rp.1.500.000,-
Laba(Rugi) bersih tiap bulan adalah Rp.3.000.000,- dikurangi
Rp.1.500.000,- sama dengan Rp.1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah)
c.
Pengembalian Modal
Jika dihitung dari rincian di atas, maka modal akan dapat kembali setelah
6 bulan.