BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seorang
guru TK dituntut antara laian untuk mengecaluasi proses pembelajaran yang
dilasanakannya. Kemampuan tersebut merupakan salahs atu kompetensi dasar
seorang guru dalam aspek kompetensi propesional.
Pada proses
pembelajaran di TK banyak hal yang perlu dinilai dalam kesehariannya, misalnya
program pembelajaran, ungkapan anak dalam bermain, dampat kegiatan tertentu
dalam pembelajaran baik yang positif
maupun yang negatif. Hal ini dilakukan agar mampu melihat perkembangan setiap
anak didiknya
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
pada latar belakang masalah penulis akan menguraikan:
- Apa saja alat penilian yang digunakan di TK.
- Bagaimana prosedur penilaian di TK
C.
Tujuan dan Manfaat
Tujuan :
-
Untuk menjelaskan bagaimana prosedur penilian yang
dilaksanakan di Tk
Manfaat:
-
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan khususnya
bagi penulis dan bagi para pembaca pada umumnya.
BAB II
KAJIAN TEORITIS
A. Pengertian
Pengertian adalah suatu usaha mengumpulkan dan
menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan,
menyeluruh tentang perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui
pembelajaran.
B. Prinsip-prinsip
- Terencana
Penilain
dilakukan secara terencana sesua dengan aspek perkembangan yang akan dinilai
- Sistematis
Penilaian dilakukan secara
teratur
- Menyeluruh
Penilaian mencakup semua aspek
perkembangan anak baik moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional,
kemandirian bahasa, kognitif, fisik motorik, seni.
- Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara
betahap dan terus menerus untuk memperoleh
gambaran tentang perkembangan anak didik
- Obyektif
Penilaian dilaksanakan
terhadap semua aspek perkembangan sebagaimana adanya.
- Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untu
memotivasi dan mengembangkan anak didik secara optimal
- Kebermaknaan
Hasil penilaian harus
mempunyai arti dan bermanfaat bagi guru, orang tuam amak didik dan pihak lain.
Guru orang tua, anak didik dan pihak lain
C.
Cara, Alat dan Prosedur
Penilaian
Ada 3
bentuk penilaian yang merupakan alternatif pilihan yang dapat digunakan guru untuk menilai perkembangan
anak didik yaitu :
1. Penilaian dengan
menggunakan simbol
Cara penilaian ini dilakukan
selama proses pembelajaran berlangsung dan terintegrasi dengan metode perkembangan.
2. Penilaian dengan
menggunakan porto folio
Penilaian dilakukan selama
proses pembelajaran berlangsung tetapi menggunakan format atau alat penilaian
tersendiri, guru harus mengisi format
sesuai dengan SKH di programkan.
3. Penilaian Gabungan
Penilaian ini merupakan
gabungan antara penilaian yang menggunakan porto folio
·
Alat penilaian yang digunaan di TK adalah:
a. Kesatuan Kegiatan
Harian (SKH)
b. Format catatan anekdot
(anekdot Record)
·
Dalam melaksanakan penilaian dengan menggunakan
simbol guru dapat memakai cara penilaian berupa:
a.
Observasi yaitu cara pengumpulan data melalui pengamatan langsung
b. Percakapan yaitu cara
pengmpulan data melalui interaksi lisan untuk mendapatkan informasi
c.
Penugasan yaitu cara mengumpulan data berupa pemberian tugas yang harus
diekrjakan oleh anak didik
d. Unjuk keja yaitu
pengumpulan data yang menuntutu anak
didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang diamati.
·
Sedangkan
alat penilaian porto folio dapat digunakan format-format sebagai berikut:
a. Format observasi
b. Format catatan
anekdot
c. Format percakapan
d. Format penugasan
e. Format unjuk kerja
D.
Prosedur Penilaian
Guru
melaksanakan penilaian dengan mengacu
pada kemampuan (indikator ), yang hendak dicapai dalam satu kesauan
kegiatan yang dirancang dalam tahapan waktu tertentu dengan
memperhatikan prinsip penilaian yang
telah ditentukan, penilaian dilakukan seiring dengan guru menilai
kemapuan semua anak yang hendak dicapai seperti yang tekah diprogramkan
dalam satuan kegiatan harian (SKH).
Adapun cara
pencatatan penilaiannya sebagai berikut
1. Apabila anak yang
belum mencapai indikator seperti yang diharapkan dalam SKHU, maka pada kolom
penilaian dituliskan anam adan diberi tandan kosong (o)
2. anak yang sudah
melebihi indiktor yang tertuang dalam SKH atau
mampu melaksanakan tugas tabpa bantuan secara tetap atau cepat atau
tangkap atau benar, maka kolom penilaian dituliskan nama dengan tanda bulatan
penuh (·)
3. Jika semua anak emunjukan kemampuan sesuai dengan
indikator yang tertuang dalam SKH, maka kolom penilaian dituliskan “semua
anak” dengan tanda cheklist (Ö)
BAB III
PEMBAHASAN MASALAH
A.
Identifikasi Masalah
Karakteristik
usia TK sangat bervaiarsi baik dalam hal kecakapan sikaf maupun minatnya, maka
dari itu agar semua pembelajaran
berjalan harus yang diinginkan guru TK
harus dituntut untuk memahami dan
menguasai berbagai komponen yang terkait dengan pendekatan pembelajaran tsb.
Di TK Aisyiyah
5 kelompok B jumlah nak 22 orang, penulis mengobservasi salah satu anak yaitu:
Nama : Risma wati
Nama Panggilan : Risama
Umur : 5 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Anak ke :
1 (satu)
Ayah : Dede
Sutsna
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Lewiuanyar Kp. Leuwihalang – Tasikmalaya
Penulis
mengobservasi abak tersebut mulai dari pertaa ia masuk kelas, sampai
pembelajaran selesai.
Hasil
akhir(penilaian) anak tersebut menunjukan adanya resfon yangsangat baik
terhadap setiap pembeejaran yang diberikan oleh gurunya.
Acanya cara ./ prosedur yang
dilakukan di TK Aisyiyah 5 sebagai
berikut:
Contoh Format Observasi
FORMAT OBSERVASI
Nama : Risma Kelompok
B
No
|
Hari/ Tanggal
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Aspek yang
diamati
|
Hasil
Pengamatan
|
1
|
Senin
21 – 04 – 2008
|
-
Berdo’a
sebelum dan sesudah belajar
-
Bermain bebas
-
Mencuci tangan
sebelum dan sesudah makan
-
Berdo’a
sebelum dan sesudah makan
-
Bernyanyi
|
-
Sikap berdo’a
dan hapalan
-
Mau bermain
bersama teman
-
Cara mencuci
tangan
-
Penggunaan
air, lap
-
Sikap dan
hapalan do’a
-
Hafalan
nyanyian
|
-
Sikap
berdo’a sesudah dan hafal
-
Mau bermain
dengan semua/ anak
-
Cara mencuci
dan penggunaa aiar, lap sdah baik
-
Sikap dan
hapalan dalam berdo’a sangat baik
-
Syairlagu
sudah begitu hafal
|
Tasikmalaya,
21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK
______________________
NIP.
|
Guru Kelompok B
______________________
NIP
|
Contoh Format Percakapan
FORMAT PERCAKAPAN
Nama : Risma Kelompok B
No
|
Hari/ Tanggal
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Aspek yang
Ditanyakan
|
Hasil
Percakapan
|
1.
|
Senin, 21 – 04
– 08
|
-
Bercakap-cakap
tentang kegiatan
|
-
Kegiatan hari
ini dan tugas untuk hari esok
|
-
Dalam menjawab
pertanyaan dari guru dan teman-teman sangat aktif
|
Tasikmalaya,
21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK
______________________
NIP.
|
Guru Kelompok B
______________________
NIP
|
Contoh Format Penugasan
FORMAT PENUGASAN
Nama : Risma Kelompok B
No
|
Hari/ Tanggal
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Jenis Penugasan
|
Hasil
Percakapan
|
1.
|
Senin, 21 – 04
– 08
|
-
Menghubungkan
tulisan dengan gambar tulisan
-
Menunjukan
jumlah sam (=) dan tidak sama (≠)
|
-
Menghubungkan
tulisan Bendera dengan gambar bendera
Memberikan tan
(=) sama, dan (≠) tidaksama gambar yang bersedia
|
-
Anak sudah
mampu menghubungkan tulisan dengan gambar
-
Dalam meilang
dan memberikan tan (=) dan (≠)
|
Tasikmalaya,
21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK
______________________
NIP.
|
Guru Kelompok B
______________________
NIP
|
Contoh Format Unjuk Kerja
FORMAT UNJUK KERJA
Nama : Risma Kelompok B
No
|
Hari/ Tanggal
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Aspek yang
di nilai
|
Hasil
Percakapan
|
1.
|
Senin, 21 – 04
– 08
|
-
Berlari sambil
melompat
|
-
Keseimbangan
dalam melompat
|
-
Dalam berlari
dan melompat sudah baik
|
Tasikmalaya,
21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK
______________________
NIP.
|
Guru Kelompok B
______________________
NIP
|
Contoh Format Hasil Karya
FORMAT HASIL KARYA
Nama : Risma Kelompok B
No
|
Hari/ Tanggal
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Jenis Penugasan
|
Hasil
Percakapan
|
1.
|
Senin, 21 – 04
– 08
|
-
Menggambar
bendara dengan menggunakan pensil warna
|
-
Kreativitas
dan perbaikan warna
|
-
Dalam
kreativitas menggambar berdera sangat
baik
|
Tasikmalaya,
21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK
______________________
NIP.
|
Guru Kelompok B
______________________
NIP
|
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kegitan
pembelajaran pada anak harus senantiasa berorienasi kepada kebutuhan anak dan
proses evaluasi ang dilakukan oleh guru harus objektif, factual dan actual
karena evaluasi yang dilakukan oleh guru berdasarkan kenyataan atas kegiatan
sehari-hari anak.
B. SARAN
Seorang
guru TK dituntut memahami evasluasi pendidikan, arena melaksanakan evasluasi /
penilaian termasuk salah satu tugas profesionalnya sebagai guru
dalam rangka mempertanggung jawabkan
upaya yang telah dilakukan oleh
guru.
DAFTAR PUSTAKA
1. Iksan Waseso, dkk.
Evaluasi Pembelajaran TK. Penerbit
Universitas Terbuka.
2. Hermin S.Pd. penilaian TK / RA
3. Drs. N. Ngalim
Purwanto, Mp. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Penerbit: ROSDA.