DOA QIYAMUL LAEL DAN TEMPATNYA

DOA QIYAMUL LAEL DAN TEMPATNYA


A. Sebelum Shalat

عَنْ طَاوُسٍ سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَتَهَجَّدُ قَالَ اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالأْرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَوْ لاَ إِلَهَ غَيْرُكَ
Dari Thawus, ia mendengar Ibnu Abas berkata, “Nabi saw. bila bangun dari tidur malam hendak tahajjud, beliau berkata, ‘Allohumma lakalhamdu anta nuurus samaawaati wal ardl..(Artinya: Ya Allah Tuhan kami, bagi-Mu segala pujian, Engkaulah cahaya langit-langit dan bumi dan segala apa yang ada di dalamnya. Dan Hanya milik-Mu segala pujian. Engkaulah Yang Maha mengurus langit-langit dan bumi dan siapa pun yang ada padanya. Dan Hanya milik-Mu segala pujian. Engkaulah kebenaran, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, hari kiamat itu benar, dan para nabi itu benar, dan Muhammad itu benar. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah diri. hanya kepada-Mu aku berlindung, dan hanya kepada-Mu aku memohon keputusan hukum. Ya Allah, Aku memohon ampunan-Mu dari dosa-dosaku yang telah lalu dan akan datang, yang aku sembunyikan dan aku tampakkan, Engkaulah Yang Maha terdahulu dan Engkaulah Yang Maha terakhir dan tiada Tuhan selain Engkau).

H.r. Ahmad, Musnad Ahmad, V : 191; ath Thabrani, Al Mu’jamul Kabir, V : 351; al Haitsami, Majma’uz Zawaid, X : 113, dari Zaed bin Tsabit, dari Abu Darda. Al Hakim, Al Mustadrak ‘alash Shahihaen, I : 697; ath Thabrani, Al Mu’jamul Kabir, V : 157, dari Zaed bin Tsabit. Abdurrazaq, al Mushannaf II:79; Al Bukhari (Shahih al-Bukhari, hal. 1.338, Kitabud Da’wat, No. hadis 6.317; hal. 1.572, Kitabut Tauhid, No. hadis 7.499, dari Ibnu Abas. Namun Al Bukhari meriwayatkan pula dengan redaksi yang agak berbeda sebagai berikut:

Pertama (Shahih al-Bukhari, hal. 220, Kitabul Jum’ah, No. hadis 1.120):
اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ …إلى الآخر
Kedua (Shahih al-Bukhari, hal. 1.561, Kitabut Tauhid, No. hadis 7.442):
اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ أَنْتَ الْحَقُّ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ خَاصَمْتُ وَبِكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَأَسْرَرْتُ وَأَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

B. Waktu Sujud


عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ فَقَدْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً مِنَ الْفِرَاشِ فَالْتَمَسْتُهُ فَوَقَعَتْ يَدِي عَلَى بَطْنِ قَدَمَيْهِ وَهُوَ فِي الْمَسْجِدِ وَهُمَا مَنْصُوبَتَانِ وَهُوَ يَقُولُ اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ
Dari Aisyah, ia berkata, “Aku kehilangan Rasulullah saw. dari tempat tidur pada suatu malam. Lalu aku mencarinya (meraba-raba karena gelap) di mesjid, maka tanganku menyentuh bagian perut (dampal) kedua telapak kaki beliau dalam keadaan tegak berdiri, dan beliau berdoa, ‘Ya Allah! Aku berlindung kepada ridha-Mu dari kemurkaan-Mu dan kepada ampunan-Mu dari siksaan-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu, aku tidak dapat menghitung pujian atas-Mu sebagaimana Engkau memuji atas diri-Mu’.” H.r. Muslim, Abu Daud, an-Nasai, Ibnu Majah, Ahmad

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ بِتُّ عِنْدَ خَالَتِي مَيْمُونَةَ بِنْتِ الْحَارِثِ وَبَاتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَهَا فَرَأَيْتُهُ قَامَ لِحَاجَتِهِ فَأَتَى الْقِرْبَةَ فَحَلَّ شِنَاقَهَا ثُمَّ تَوَضَّأَ وُضُوءًا بَيْنَ الْوُضُوءَيْنِ ثُمَّ أَتَى فِرَاشَهُ فَنَامَ ثُمَّ قَامَ قَوْمَةً أُخْرَى فَأَتَى الْقِرْبَةَ فَحَلَّ شِنَاقَهَا ثُمَّ تَوَضَّأَ وُضُوءًا هُوَ الْوُضُوءُ ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي وَكَانَ يَقُولُ فِي سُجُودِهِ اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي سَمْعِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي بَصَرِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ تَحْتِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِي نُورًا وَعَنْ يَمِينِي نُورًا وَعَنْ يَسَارِي نُورًا وَاجْعَلْ أَمَامِي نُورًا وَاجْعَلْ خَلْفِي نُورًا وَأَعْظِمْ لِي نُورًا ثُمَّ نَامَ حَتَّى نَفَخَ فَأَتَاهُ بِلَالٌ فَأَيْقَظَهُ لِلصَّلَاةِ – النسائي –

Dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Aku bermalam di samping bibiku Maimunah binti al-Harits, pada saat itu Rasulullah bermalam di samping (Maimunah), lalu aku (Ibnu Abbas) melihat beliau bangun untuk memenuhi keperluannya. kemudian beliau membawa Qirbah (tempat air) lalu beliau menggantungkannya.  Maka beliau berwudhu diantara dua wudhu. Kemudian beliau kembali ke tempat tidurnya lalu tidur. Kemudian beliau bangun kembali lantas membawa Qirbah kemudian menggantungkannya lalu berwudhu kembali seperti yang telah dilakukannya. Lalu beliau shalat dan beliau berdoa dalam sujudnya itu yakni Allahmmaj ‘al fi qalbin nuran ……Ya Allalh! Jadikanlah cahaya dalam hatiku, tetapkanlah cahaya dalam lisanku, tetapkanlah cahaya pada pendengaranku, tetapkanlah cahaya pada penglihatanku, tetapkanlah cahaya di belakangku, cahaya di depanku, tetapkanlah cahaya dari atasku, dan cahaya dari bawahku. Ya Allah! Besarkanlah cahaya bagiku. Kemudian beliau tidur kembali sehingga mendengkur, lalu Bilal mendatanginya hendak membangunkan untuk shalat.” H.r. an-Nasai


C. Setelah Shalat


عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ رَقَدَ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَيْقَظَ فَتَسَوَّكَ وَتَوَضَّأَ وَهُوَ يَقُولُ ( إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ) فَقَرَأَ هَؤُلَاءِ الْآيَاتِ حَتَّى خَتَمَ السُّورَةَ ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ فَأَطَالَ فِيهِمَا الْقِيَامَ وَالرُّكُوعَ وَالسُّجُودَ ثُمَّ انْصَرَفَ فَنَامَ حَتَّى نَفَخَ ثُمَّ فَعَلَ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ سِتَّ رَكَعَاتٍ كُلَّ ذَلِكَ يَسْتَاكُ وَيَتَوَضَّأُ وَيَقْرَأُ هَؤُلَاءِ الْآيَاتِ ثُمَّ أَوْتَرَ بِثَلَاثٍ فَأَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ فَخَرَجَ إِلَى الصَّلَاةِ وَهُوَ يَقُولُ اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي لِسَانِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي سَمْعِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي بَصَرِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِي نُورًا وَمِنْ أَمَامِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِي نُورًا وَمِنْ تَحْتِي نُورًا اللَّهُمَّ أَعْطِنِي نُورًا – مسلم –

Dari Abdullah bin Abbas, bahwasanya ia tidur disamping Rasulullah saw., kemudian beliau bangun terus bersiwak dan berwudhu. Beliau membaca ayat inna fi khalqis samawati……beliau membaca ayat itu sampai akhir surat. kemudian shalat dua rakaat dan memanjangkan pada kedua raka’at itu berdiri, rukuk dan sujud. Kemudian beliau berpaling lantas tidur sehingga mendengkur. Lalu beliau melakukan seperti itu sebanyak tiga kali enam rakaat pada setiap hal itu beliau bersiwak dan berwudhu dan membaca ayat-ayat itu kemudian berwitir dengan tiga. Lalu muadzin mengumandangkan adzan kemudian beliau keluar hendak shalat sambil membaca Allahmmaj ‘al fi qalbin nuran ……Ya Allalh! Jadikanlah cahaya dalam hatiku, tetapkanlah cahaya dalam lisanku, tetapkanlah cahaya pada pendengaranku, tetapkanlah cahaya pada penglihatanku, tetapkanlah cahaya dibelakangku, cahaya di depanku, tetapkanlah cahaya dari atasku, dan cahaya dari bawahku. Ya Allah! Besarkanlah cahaya bagiku. H.r. Muslim


Pengunjung