Khasiat Buah Belimbing

Khasiat Buah Belimbing dan Waluh Bagi Kesehatan Tubuh

Buah yang satu ini sudah pasti dikenal oleh kita semua. Buah belimbing biasanya ditemukan dalam campuran rujak ataupun campuran sayuran. Seperti yang kita ketahui, buah belimbing terdiri dari 2 (dua) jenis yang populer dikenal oleh masyarakat. Yaitu belimbing bintang dan belimbing wuluh. Belimbing bintang (nama latin : Averrhoa Carambola) biasa ditemukan dalam campuran rujak dan memiliki rasa yang manis. Sedangkan belimbing wuluh (nama latin : Averhoa Bilimbi) biasanya ditemukan dalam campuran sayur dan memiliki rasa yang asam.

Kedua jenis belimbing ini dapat berkembang baik pada iklim tropis, sehingga sangat mudah untuk dibudidayakan di Indonesia. Meskipun memiliki jenis yang sama, ternyata belimbing bintang dan belimbing wuluh memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing manfaat belimbing bintang dan belimbing wuluh bagi kesehatan.

KHASIAT BELIMBING BINTANG


Manfaat dari buah belimbing bintang bagi kesehatan, yaitu :
1. Mengurangi Kolesterol - Buah belimbing bintang sangat baik untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita, ini karena buah belimbing mengandung zat pektin, zat tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Selain itu, khasiat buah belimbing juga sangat baik untuk mencegah penyakit hepatitis.

2. Mencegah Penyakit Kanker - Buah belimbing bintang sangat baik untuk mencegah penyakit kanker, ini karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam buah belimbing, dipercaya dapat mengobati penyakit kanker.

3. Mengobati Hipertensi - Buah belimbing bintang dapat membantu untuk mengobati Hipertensi, ini karena buah belimbing memiliki kandungan kadar kalium yang cukup tinggi serta natrium yang cukup rendah, dan dipercaya dapat menjadi obat penyakit hipertensi.

4. Melancarkan Proses Pencernaan - Buah belimbing bintang dapat membantu untuk melancarkan proses pencernaan tubuh kita, ini karena buah belimbing memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu proses pencernaan tubuh kita.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Buah belimbing bintang sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, ini karena buah belimbing kaya akan kandungan vitamin khususnya vitamin A dan juga vitamin C. dalam kedua vitamin tersebut terdapat zat yang berfungsi sebagai antioksidan, dan hal tersebut dapat membantu tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit.

Manfaat buah belimbing bintang tidak hanya diperoleh dari buahnya saja, akan tetapi manfaat lain juga bisa diperoleh dari akarnya yang dipercaya dapat meredakan sakit kepala dan juga rematik. Kemudian dari daunnya yang bermanfaat untuk mengobati sakit maag, melancarkan air seni dan juga mengobati bisul. Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, buah belimbing bintang juga memiliki efek samping pada penderita ginjal karena memiliki asam axolat yang akan menyebabkan negatif pada ginjal.


MANFAAT

BELIMBING WULUH



Adapun manfaat dari buah belimbimg wuluh bagi kesehatan dan cara mengolahnya :
1. Mengobati Sakit Batuk
Bahan : Siapkan bunga belimbing wuluh sebanyak 25 kuntum, rimpang dan kulit kayu masing-masing 1 jari, bawang merah sebanyak 2 siung, daun sendok dan daun inggu sebanyak ¼ genggam.
Cara : Semua bahan dicuci bersih kemudian dipotong kecil-kecil. Setelah itu rebus semua bahan yang telah dicuci dan direbus pada air sebanyak 5 gelas sehingga airnya nanti tersisa ½ gelas. Lalu saringlah air dan minumlah 3 kali sehari. Anda juga bisa mencampurkan madu pada air tersebut sebelum diminum.
2. Menyembuhkan Rematik
Bahan: Siapkan daun belimbing wuluh yang masih muda sekitar 1 ons, merica sebanyak 15 biji, cengkeh 10 biji dan cuka putih secukupnya.
Cara: Jika sudah siap, campurkan daun belimbing, merica dan cengkeh sambil ditimbuk hingga halus. Setelah itu campurkan cuka putihnya pada bahan yang telah ditumbuk halus. Kemudian oleskan secara rutin pada bagian kulit anda yang sakit.
3. Mengobati Gondongan
Bahan : Belimbing wuluh yang masih muda dan daunnya sekitar 10 ranting serta bawang merah sebanyak 4 siung.
Cara : Haluskan semua bahan yang telah disiapkan tersebut. Setelah iu oles/balurkan pada bagian tubuh anda yang sakit secara rutin setiap hari.
4. Menghilangkan Panu
Bahan : Belimbing wuluh sebanyak 10 buah dan kapur sirih secukupnya.
Cara : Tumbuk semua belimbing wuluh hingga halus, kemudian campurkan kapur sirih yang telah disiapkan pada belimbing wuluh yang telah halus tersebut. Nah, setelah itu oleskan pada bagian kulit anda yang terkena panu.
5. Menghilangkan Jerawat
Bahan : Siapkan belimbing wuluh dan garam secukupnya saja.
Cara : Haluskan buah belimbing wuluh yang telah disiapkan, setelah itu campurkan garam secukupnya sehingga semua bahan tercampur rata. Lalu gosokkan pada bagian wajah yang jerawat.
6. Mengobati Batuk pada Anak
Bahan : Bahan yang perlu disiapkan adalah bunga belimbing wuluh sekitar ½ genggam, gula, adas dan air putih.
Cara : Campur semua bahan yang telah disiapkan lalu ditim selama mungkin sekitar beberapa jam. Jika sudah selesai, tunggulah hingga dingin. Setelah itu saringlah airnya dan minum 2 kali.
7. Mengatasi Batuk Rejan
Bahan: Belimbing wuluh sebayak 10 buah dan air garam 2 sendok.
Cara: Belimbing wuluh dicuci bersih dan campurkan garam sambil diremas-remas. Setelah itu saringlah airnya dan minum 2 kali sehari.
Mudah bukan dalam mengolah belimbing wuluh menjadi bahan pengobatan. Penting untuk anda ketahui bahwa manfaat buah belimbing wuluh tidak hanya terletak pada buahnya saja, tetapi bunga dan daunnya juga memiliki banyak manfaat.

Pengunjung