Kali ini saya Akan Berbagi Mengenai. Cara Penulisan Lembar Penilaian LKS.
LEMBAR PENILAIAN
A.
Intrumen Penilaian (Performance
Assesment) pada saat melaksanakan Praktikum.
Nama Siswa: Tanggal
:
No
|
Aspek Kinerja
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
§
Menunjukan minat /
inisiatif beraktivitas
§
Terlibat aktif
melaksanakan kegiatan
§
Ketepatan melakukan tugas
/ menggunakan alat
§
Menghargai hak orang lain
§
Menunjukan kreativitas
|
B.
Menilai proses pembuatan dan hasil
karya siswa berupa “model penyelam”
Kelompok : Tanggal
:
1) Menilai proses pembuatan
No
|
Aspek yang dinilai
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
§
Dikerjakan mandiri (tanpa
bantuan guru yang berarti)
§
Kerjsama antar anggota
nampak kompak
§
Waktu yang digunakan
untuk membuat penyelam efektif
§
Upaya dan hasil untuk
memperindah penyelam
|
2)
Penilaian produk atau hasil kerja
No
|
Aspek yang dinilai
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
§
Penampilan Penyelam rapih
dengan bentuk wajar
§
Dengan mudah “penyelam”
dapat diatur turun naik
§
Ada hasil kreasi untuk nenperindah
penampilan
|
Keterangan “
Nalai : SK = 0 – 3,4
K
= 3,5 – 5,4
C
= 5,5 – 6,4
B
= 6,5 – 8,4
SB = 8,5 – 10
Catatan :
Guru menentukan “kriteria” dan “indikator” pada setiap aspek yang dinilai
SK (Sangat Kurang)
K (Kurang)
C (Cukup)
B (Baik)
SB (Sangat Baik)
RUBRIK PENILAIN
1)
Rubrik Penilaian Kerja Siswa
Kualitas
|
Deskripsi
|
Sangat kurang
|
§
Tidak menunjukan minat
dan bersikap acuh tak acuh saat
pembelajaran
§
Tidak melakukan aktivitas
sedikitpun
§
Tidak melakukan tugas
dengan semestinya dan penggunaan alat
tidak sesuai dengan ketentuan
§
Mengabaikan hak orang
lain / terlalu mendomiasi
§ Tidak ada kreativitas sedikit pun
|
Kurang
|
§
Ada minat tapi bersikap acuh tak acuh
§
Aktivitas semuanya dan
kurang tekordinasi
§
Pelaksanaan tugas dan
penggunaan alat banyak kesalahan
§
Lebih mementingkan diri
sendiri, hak orang lain cenderung dia baikan
§
Kurang memiliki
keraivitas, masih suka ikut-ikutan
|
Cukup
|
§
Siswa cukup memiliki
minat dan cukup memperhatikan pelajaran
§
Ada kreativitas siswa sesuai intruksi
§
Siswa melakukan tugas menggunakan alat, tapi masih banyak
kesalahan.
§
Cukup menghargai orang
lain, kadang-kadang memberi kesempatan kepada orang lain untuk berpendapat
§
Melakukan minat /
inisiatif berkreativitas. Siswa mengikuti pelajaran dengan baik
§
Siswa terlibat aktif
§
Siswa melakukan tugas dan
menggunakan alat sesuai dengan ketentuan, tapi masih ada sedikit kekurangan
§
Menghargai hak orang lain
§
Memiliki kreativas
|
Sangat baik
|
§ Memiliki minat dan inisiatif yang tinggi, siswa beratusias
tinggi dalam belajar
§ Siswa terlibat dari awal sampai akhir
§ Siswa melakukan tugas, suka bekerjasama, mengikuti kelebihan
orang lain dan kelemahan diri sendiri
§ Daya kreativitas tinggi dan inovatif
|
2)
Rubrik Penilaian Proses
Kualitas
|
Deskripsi
|
Sangat Kurang
|
§
Siswa dapat mengerjakan
tugas sama sekali. Siswa kurang paham intruksi dari guru dan LKs
§
Anggota kelompok bekerja
sendiri-sendiri
§
Waktu yang disediakan
tidak mencukuip kebanyakan kegiatan belum dilakukan
§
Tidak ada upaya untuk memperindah penyelam
|
Kurang
|
§
Siswa dapat mengerjakan
praktikum, tapi harus dengan bimbingan guru
§
Sebagai anggota bekerja
sendiri-sendiri
§
Awaktu yang disedikan
kurang mencukupi masih ada
beberapa kegiatan yang belum dilakukan
§
Ada keinginan atau upaya untuk memperindah
penyelam, namun tidak mampu melakukannya.
|
Cukup
|
§
Sebagian praktikum dapat
dikerjakan oleh siswa tanpa bimbingan guru
§
Anggota saling bekerja
sama, tapi masih ada yang bekerja sendiri
§
Waktu yang disendiakan
mencukupi
§
Ada cukup upaya untuk memperindah penyelam
|
Baik
|
§
Dikerjakan mandiri (tanpa
bantuan guru yang berarti)
§
Kerjasama antar anggota
nampak kompak
§
Waktu yang digunakan efektif
dan hasil yang diperoleh baik
§
Ada upaya untuk memperindah perahu
|
Sangat baik
|
§
Dikerjakan mandiri, tanpa
bantuan/arahan guru sama sekali
§
Semua anggota kelompok
aktif dan bekerja bersama-sama
§
Siswa mampu menyelesaikan
praktikum sebelum habis waktu yang ditentukan
§
Siswa memiliki inisiatif
untuk memperindah perahu dan hasilnya bagus
|
3)
Rubrik Penilaian produk / hasil
karya
Kualitas
|
Deskripsi
|
Sangat kurang
|
§
Model tidak sesuai dengan
bentuk penyelam, Penempatan alat-alat selam tidak semestinya
§
Penyelam sama sekali
tidak bias turun naik didalam air
§
Tidak ada kreasi untuk
memperindah penyelam, bahkan model penyelam cenderung acak-acakkan tidak
sesuai dengan ketentuan
|
Kurang
|
§
Model penyelam agak
menyerupai bentuk penyelam. Masih banyak alat selam yang tidak ditempatkan
semestinya
§
Penyelam bisa turun
didalam air, tapi tidak bisa naik lagi
§
Kurang berkreasi dalam
memperindah model penyelam
|
Cukup
|
§ Model penyelam menyerupai bentuk penyelam masih ada sedikit
kesalahan
§ Penyelam bisa turun naik didalam air, tidak bertahan lama
§ Ada
sedikit kreasi dalam memperindah model penyelam
|
Baik
|
§ Model penyelam rapi, dengan bentuk yang wajar
§ Penyelam bisa diatur untuk naik didalam air
§ Ada
hasil kreasi untuk memperindah penampilan
|
Sangat Baik
|
§ Penampilan penyelam sangat baik dan rapi
§ Dengan mudah, model penyelam dapat diatur turun naik di dalam air
§ Memiliki kreatifitas untuk memperindah penampilan penyelam dan
hasilnya memuaskan.
|