Contoh Penulisa Lembar Penilaian LKS


Kali ini saya Akan Berbagi Mengenai. Cara Penulisan Lembar Penilaian LKS.

LEMBAR PENILAIAN

 A.    Intrumen Penilaian (Performance Assesment) pada saat melaksanakan Praktikum.
 Nama Siswa:                                             Tanggal :
No
Aspek Kinerja
SK
K
C
B
SB

§  Menunjukan minat / inisiatif beraktivitas
§  Terlibat aktif melaksanakan kegiatan
§  Ketepatan melakukan tugas / menggunakan alat
§  Menghargai hak orang lain
§  Menunjukan kreativitas






B.     Menilai proses pembuatan dan hasil karya siswa berupa “model penyelam”
Kelompok :                                                           Tanggal :
1)      Menilai proses pembuatan
No
Aspek yang dinilai
SK
K
C
B
SB

§  Dikerjakan mandiri (tanpa bantuan guru yang berarti)
§  Kerjsama antar anggota nampak kompak
§  Waktu yang digunakan untuk membuat penyelam efektif
§  Upaya dan hasil untuk memperindah penyelam







2)      Penilaian produk atau hasil kerja
No
Aspek yang dinilai
SK
K
C
B
SB

§  Penampilan Penyelam rapih dengan bentuk wajar
§  Dengan mudah “penyelam” dapat diatur turun naik
§  Ada hasil kreasi untuk nenperindah penampilan






            Keterangan “
Nalai :  SK =  0 – 3,4
 K   = 3,5 – 5,4
 C   = 5,5 – 6,4
  B  = 6,5 – 8,4
 SB = 8,5 – 10
Catatan :
Guru menentukan “kriteria” dan “indikator” pada setiap aspek yang dinilai
SK (Sangat Kurang)
K  (Kurang)
C  (Cukup)
B   (Baik)
SB (Sangat Baik)









RUBRIK PENILAIN
1)      Rubrik Penilaian Kerja Siswa
Kualitas
Deskripsi
Sangat kurang
§  Tidak menunjukan minat dan  bersikap acuh tak acuh saat pembelajaran
§  Tidak melakukan aktivitas sedikitpun
§  Tidak melakukan tugas dengan  semestinya dan penggunaan alat tidak sesuai dengan ketentuan
§  Mengabaikan hak orang lain / terlalu mendomiasi
§  Tidak ada kreativitas sedikit pun
Kurang
§  Ada minat tapi bersikap acuh tak acuh
§  Aktivitas semuanya dan kurang tekordinasi
§  Pelaksanaan tugas dan penggunaan  alat banyak kesalahan 
§  Lebih mementingkan diri sendiri, hak orang lain cenderung dia baikan
§  Kurang memiliki keraivitas, masih suka ikut-ikutan
Cukup
§  Siswa cukup memiliki minat dan cukup memperhatikan pelajaran
§  Ada kreativitas siswa sesuai intruksi
§  Siswa melakukan  tugas menggunakan alat, tapi masih banyak kesalahan.
§  Cukup menghargai orang lain, kadang-kadang memberi kesempatan kepada orang lain  untuk berpendapat 
§  Melakukan minat / inisiatif berkreativitas. Siswa mengikuti pelajaran dengan baik
§  Siswa terlibat aktif
§  Siswa melakukan tugas dan menggunakan alat sesuai dengan ketentuan, tapi masih ada sedikit kekurangan
§  Menghargai hak orang lain
§  Memiliki kreativas
Sangat baik
§  Memiliki minat dan inisiatif yang tinggi, siswa beratusias tinggi dalam belajar 
§  Siswa terlibat dari awal sampai akhir
§  Siswa melakukan tugas, suka bekerjasama, mengikuti kelebihan orang lain dan kelemahan diri sendiri
§  Daya kreativitas tinggi dan inovatif

2)      Rubrik Penilaian Proses
Kualitas
Deskripsi
Sangat Kurang
§  Siswa dapat mengerjakan tugas sama sekali. Siswa kurang paham intruksi dari guru dan LKs
§  Anggota kelompok bekerja sendiri-sendiri
§  Waktu yang disediakan tidak mencukuip kebanyakan kegiatan belum dilakukan 
§  Tidak ada upaya  untuk memperindah penyelam
Kurang
§  Siswa dapat mengerjakan praktikum, tapi harus dengan bimbingan guru
§  Sebagai anggota bekerja sendiri-sendiri
§  Awaktu yang disedikan kurang mencukupi  masih ada beberapa  kegiatan yang belum dilakukan
§  Ada keinginan atau upaya untuk memperindah penyelam, namun tidak mampu melakukannya.
Cukup
§  Sebagian praktikum dapat dikerjakan oleh siswa tanpa bimbingan guru
§  Anggota saling bekerja sama, tapi masih ada yang bekerja sendiri
§  Waktu yang disendiakan mencukupi
§  Ada cukup upaya untuk memperindah penyelam
Baik
§  Dikerjakan mandiri (tanpa bantuan guru yang berarti)
§  Kerjasama antar anggota nampak kompak
§  Waktu yang digunakan efektif dan hasil yang diperoleh baik
§  Ada upaya untuk memperindah perahu
Sangat baik
§  Dikerjakan mandiri, tanpa bantuan/arahan guru sama sekali
§  Semua anggota kelompok aktif dan bekerja bersama-sama
§  Siswa mampu menyelesaikan praktikum sebelum habis waktu yang ditentukan
§  Siswa memiliki inisiatif untuk memperindah perahu dan hasilnya bagus

3)      Rubrik Penilaian produk / hasil karya
Kualitas
Deskripsi
Sangat kurang
§  Model tidak sesuai dengan bentuk penyelam, Penempatan alat-alat selam tidak semestinya
§  Penyelam sama sekali tidak bias turun naik didalam air
§  Tidak ada kreasi untuk memperindah penyelam, bahkan model penyelam cenderung acak-acakkan tidak sesuai dengan ketentuan
Kurang
§  Model penyelam agak menyerupai bentuk penyelam. Masih banyak alat selam yang tidak ditempatkan semestinya
§  Penyelam bisa turun didalam air, tapi tidak bisa naik lagi
§  Kurang berkreasi dalam memperindah model penyelam
Cukup
§  Model penyelam menyerupai bentuk penyelam masih ada sedikit kesalahan
§  Penyelam bisa turun naik didalam air, tidak bertahan lama
§  Ada sedikit kreasi dalam memperindah model penyelam
Baik
§  Model penyelam rapi, dengan bentuk yang wajar
§  Penyelam bisa diatur untuk naik didalam air
§  Ada hasil kreasi untuk memperindah penampilan
Sangat Baik
§  Penampilan penyelam sangat baik dan rapi
§  Dengan mudah, model penyelam dapat diatur  turun naik di dalam air
§  Memiliki kreatifitas untuk memperindah penampilan penyelam dan hasilnya memuaskan.















Pengunjung