KEDUDUKAN HADIS TAKBIR 7 & 5 PADA SALAT IED |Artikel Islam|Dunia Islam|

KEDUDUKAN HADIS TAKBIR 7 & 5 PADA SALAT IED
Oleh: Ibnu Muchtar

            Hadis-hadis tentang takbir 7 & 5 pada salat ied yang mudah kita dapati adalah melalui tujuh orang sahabat, yaitu Aisyah, Abdullah bin Amr bin Al-Ash, Amr bin Auf, Ibnu Abas, Ibnu Umar, Amr bin Al-Ash, Ammar bin Saad. Namun yang paling menarik perhatian untuk dikaji secara mendalam adalah dari sahabat Aisyah dan Abdullah bin Amr bin Al-Ash.
Riwayat Aisyah
عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  ص كَانَ يُكَبِّرُ  فِي الْفِطْرِ وَالأَضْحَى فِي الأُوْلَى سَبْعَ تَكْبِيْرَاتٍ وَفِي الثَّانِيَةِ خَمْسًا
Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Daud, Sunan Abu Daud, I: 256 melalui Qutaibah dari Ibnu Lahi’ah. Sedangkan pada riwayat Abu Daud lainnya melalui Abdullah bin Wahb dari Ibnu Lahi’ah dengan tambahan lafal
سوى تكبيرتي الركوع
Hadis ini diriwayatkan pula oleh para imam lainnya dengan redaksi yang berbeda:
1.      Ad-Daraquthni, Sunan Ad-Daraquthni II:46;
*  كان رسول الله  صلى الله عليه وسلم  يكبر في العيدين  اثني عشر تكبيرة سوى تكبيرة الاستفتاح يقرأ بقاف والقرآن المجيد واقتربت الساعة
*  أن النبي  صلى الله عليه وسلم  كبر في الفطر والأضحى سبعا وخمسا سوى تكبيرتي الركوع
* كَانَ النَّبِيُّ  ص كَانَ يُكَبِّرُ  فِي الْعِدَيْنِ فِي الأُوْلَى سَبْعَ تَكْبِيْرَاتٍ وَفِي الثَّانِيَةِ بِخَمْسٍ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ
2.      Ahmad, Musnad Al-Imam Ahmad VI:65 dan 70;
* ان رسول الله  صلى الله عليه وسلم    كان يكبر في العيدين  سبعا وخمسا قبل القراءة
* كان يكبر في العيدين  سبعا في الركعة الأولى وخمسا في الآخرة سوى تكبيرتي الركوع
3.      Al-Baihaqi, As-Sunanul Kubra III:287;
* كان رسول الله  صلى الله عليه وسلم يكبر في العيدين في الأولى سبع تكبيرات وفي الثانية خمس تكبيرات قبل القراءة
* أن رسول الله  صلى الله عليه وسلم  كبر في الفطر والأضحى سبعا وخمسا سوى تكبيرة الركوع
4.      Al-Hakim, Al-Mustadrak I:297;
* كان رسول الله  صلى الله عليه وسلم  يكبر في العيدين  اثنتي عشرة سوى تكبير الافتتاح ويقرأ ب ق والقرآن المجيد واقتربت الساعة
* كان النبي  صلى الله عليه وسلم   يكبر في العيدين  في الأولى سبع تكبيرات وفي الثانية خمس تكبيرات قبل القراءة
5.      At-Thahawi, Syarhu Ma’anil Atsar III:343/CD Al-Alfiyah Ver. 1.5 At-Turats 1999;
* أن رسول الله  صلى الله عليه وسلم  صلى بالناس يوم الفطر والأضحى فكبر في الأولى سبعا وقرأ ق والقرآن المجيد وفي الثانية خمسا وقرأ اقتربت الساعة وانشق القمر
* أن رسول الله  صلى الله عليه وسلم كان يكبر في العيدين سبعا وخمسا سوى تكبيرتي الركوع
6.      At-Thabrani, Al-Mu’jamul Ausath, III:270;
أن رسول الله  صلى الله عليه وسلم  كان يكبر  يوم الفطر والأضحى في الأولى سبعا وفي الثانية خمسا قبل القراءة 
Sebagian ulama menyatakan bahwa hadis-hadis di atas dhaif, karena semua sanadnya melalui seorang rawi bernama Abdbullah bin Lahi’ah.
a.      Ibnu Ma’in berkata:
لايحتج بحديثه
b.      Ad-Darimi berkata:
ضعيف الحديث
c.    Ibrahim bin Ya’qub Al-Jauzajani berkata:
 إبن لهيعة لا يوقف على حديثه ولا ينبغي أن يحتج به ولا يغتر بروايته – أحوال الرجال ترجمة 274 -
d.    At-Tirmidzi berkata:
إبن لهيعة ضعيف عند أهل الحديث, ضعفه يحيى ين سعيد القطان وغيره من قبل حفظه
e.    Ibnu Hiban berkata:
وكان شيخا صالحا ولكنه كان يدلس  عن الضعفاء قبل اختراق كتبه - المجروحين 2: 11-
f.        Ad-Daraqutni menjelaskan pada riwayat Ibnu Lahiah terdapat Idhthirab, karena pada satu riwayat Ibnu Lahiah menerima dari Yazid bin Abu Habib dari Az Zuhri. Pada riwayat yang lain dari Uqail dari Az Zuhri. Pada riwayat yang lainnya dari Abul Aswad dari Urwah. Semuanya dari Aisyah. Sedangkan Pada riwayat yang lainnya dari Al ‘Araj dari Abu Hurairah. Ad Daraqutni berkata, “Idhthirab terjadi dari Ibnu Lahiah.” At-Ta’liq ‘ala Sunan Ad-Daraqutnhi, II:46
Tanggapan
Abdullah bin Lahi’ah  lahir tahun 96/97 H dan wafat tahun 174 H (Tahdzibul Kamal XV:499-500) Ia menerima hadis dari 65 orang dan memiliki murid sebanyak 45 orang (Tahdzibul Kamal XV:488-490).
Imam Al-Bukhari berkata (Tahdzibul Kamal XV:496), dari Yahya bin Bukair
اخترق منزل بن لهيعة وكتبه في سنة سبعين ومئة
Ibnu Hajar berkata (Taqribut Tahdzib I:309):
عبد الله بن لهيعة صدوق من السابعة خلط بعد احتراق كتبه
Berdasarkan keterangan Ibnu Hajar ini, periwayatan Ibnu Lahiah pada asalnya shahih, dan untuk mendaifkan hadisnya perlu menunjukkan bukti bahwa hadis itu diriwayatkan setelah mukhtalit.
عمرو بن على يقول عبد الله بن لهيعة احترقت كتبه فمن كتب عنه قبل ذلك مثل بن المبارك وعبد الله بن يزيد المقرى أصح من الذين كتبوا بعدما احترقت الكتب.- الجرح والتعديل 5: 147 –
ورواية بن المبارك وابن وهب عنه أعدل من غيرهم. – تقريب التهذيب 1: 319 –
وروى الفضل بن زياد عن أحمد بن حنبل قال من كتب عن ابن لهيعة قديما فسماعه صحيح  – سير أعلام النبلاء 8: 21 –
قال أبو حاتم بن حبان البستي كان من اصحابنا يقولون سماع من سمع من ابن لهيعة قبل احتراق كتبه مثل العبادلة ابن المبارك وابن وهب والمقرئ وعبد الله بن مسلمه القعنبي فسماعهم صحيح ومن سمع بعد احتراق كتبه فسماعه ليس بشيء وكان ابن لهيعة من الكتابين للحديث والجماعين للعلم والرحالين فيه –  سير أعلام النبلا 8 : 23  -

Berdasarkan keterangan-keterangan di atas, periwayatan Ibnu Lahi’ah dapat diterima apabila diriwayatkan oleh empat Abdullah :
a.      Abdullah bin Wahb
b.      Abdullah bin al Mubarak
c.       Abdullah bin Yazid al Muqri
d.      Abdullah bin Maslamah
Karena mereka mendengar hadis darinya sebelum kitab-kitabnya terbakar.
Dengan demikian hadis tentang takbir tujuh dan lima pada salat Ied yang diriwayatkan melalui Ibnu Lahi’ah dapat dijadikan hujjah karena diterima oleh salah satu dari empat Abdullah di atas, yaitu Abdullah bin Wahab sebagaimana tercatat pada riwayat At Thahawi, Syarhu Ma’anil Atsar III:343.
حدثنا يونس قال ثنا ابن وهب قال أخبرني بن لهيعة عن خالد بن يزيد عن بن شهاب عن عروة عن عائشة رضي الله عنها أن رسول الله  صلى الله عليه وسلم كان يكبر في العيدين سبعا وخمسا سوى تكبيرتي الركوع
dan Abu Daud, Sunan Abu Daud, I: 256
حدثنا ابن السرح أخبرنا ابن وهب أخبرني بن لهيعة عن خالد بن يزيد عن بن شهاب بإسناده ومعناه قال سوى تكبيرتي الركوع
Adapun penilaian Tadlis dari Ibnu Hiban tidak dapat dijadikan alasan untuk pendaifan hadis takbir tujuh dan lima riwayat Ibnu Lahi’ah. Karena pada riwayat Ad Daraqutni ditegaskan dengan Shighatul Ada (bentuk penyampaian) haddatsana ( حدثنا )
وحدثنا أبو بكر النيسابوري ثنا محمد بن إسحاق ثنا إسحاق بن عيسى ثنا ابن لهيعة ثنا خالد بن يزيد عن الزهري عن عروة عن عائشة… – سنن الدارقطني 2: 46 –
(Haddatsana) Ibnu Lahi’ah dari Khalid bin Yazid menunjukkan bahwa shighah ‘an di sini ia tidak berbuat tadlis
Kemudian penilaian Idhthirab dari Ad-Daraqutni terhadap Ibnu Lahi’ah tidak tepat, karena periwayatan Ibnu Lahi’ah dari Yazid bin Abu habib dari Az Zuhri, atau dari Uqail dari Az Zuhri, atau dari Abu Al-Aswad dari Urwah,  semua matannya menegaskan bahwa takbir pada salat Ied itu tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua . Demikian pula halnya periwayatan Ibnu Lahi’ah dengan dua matan yang berbeda melalui jalan yang sama, yaitu dari Khalid bin Yazid, dari Az Zuhri, dari Urwah, dari Aisyah, 
1.  كان رسول الله  صلى الله عليه وسلم    يكبر في العيدين  اثني عشر تكبيرة سوى تكبيرة الاستفتاح
2. كان رسول الله  صلى الله عليه وسلم يكبر في العيدين  سبعا في الركعة الأولى وخمسا في الآخرة سوى تكبيرتي الركوع
tidak dapat dijadikan alasan  mudhtarrib-nya Ibnu Lahi’ah, karena yang mahfuzh adalah matan yang kedua,  yaitu diriwayatkan oleh murid Ibnu Lahi’ah bernama Abdullah bin Wahb. Muhamad bin Yahya Adz-Dzuhli berkata:
هذا هو المحفوظ لأن ابن وهب قديم السماع من بن لهيعة – إرواء الغليل 3: 108 –
Perlu diketahui bahwa Ibnu Lahi’ah termasuk rijal Al-Bukhari dan Muslim. Hadis Ibnu Lahi’ah pada Shahih Al-Bukhari ditempatkan pada beberapa tempat, di antaranya:
1) كتاب التفسير باب ( إن الذين توفاهم الملائكة …) فتح الباري 9: 140–
حَدَّثَنَا عَبْدُاللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ وَغَيْرُهُ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِالرَّحْمَنِ أَبُو الْأَسْوَدِ قَالَ قُطِعَ عَلَى أَهْلِ الْمَدِينَةِ بَعْثٌ فَاكْتُتِبْتُ فِيهِ فَلَقِيتُ عِكْرِمَةَ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ فَأَخْبَرْتُهُ فَنَهَانِي عَنْ ذَلِكَ أَشَدَّ النَّهْيِ *
2) كتاب التفسير باب (وقاتلوهم حتى لاتكون فتنة …) فتح الباري 9: 39 – 40 
…وَزَادَ عُثْمَانُ بْنُ صَالِحٍ عَنِ ابْنِ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي فُلَانٌ وَحَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ عَنْ بَكْرِ بْنِ عَمْرٍو الْمَعَافِرِيِّ أَنَّ بُكَيْرَ بْنَ عَبْدِاللَّهِ حَدَّثَهُ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ رَجُلًا أَتَى ابْنَ عُمَرَ فَقَالَ يَا أَبَا عَبْدِالرَّحْمَنِ مَا حَمَلَكَ عَلَى أَنْ تَحُجَّ عَامًا وَتَعْتَمِرَ عَامًا وَتَتْرُكَ الْجِهَادَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ  *
3) كتاب الفتن باب من كره أن يكثر سواد الفتن والظلم , فتح الباري 14: 535 –
 حَدَّثَنَا عَبْدُاللَّهِ بْنُ يَزِيدَ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ وَغَيْرُهُ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَسْوَدِ وَقَالَ اللَّيْثُ عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ قَالَ قُطِعَ عَلَى أَهْلِ الْمَدِينَةِ بَعْثٌ فَاكْتُتِبْتُ فِيهِ فَلَقِيتُ عِكْرِمَةَ فَأَخْبَرْتُهُ فَنَهَانِي أَشَدَّ النَّهْيِ …*
4) كتاب الإعتصام, باب ما يذكر من ذم الرأي … فتح الباري 13: 297 -
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ تَلِيدٍ حَدَّثَنِي ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنِي عَبْدُالرَّحْمَنِ بْنُ شُرَيْحٍ وَغَيْرُهُ عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ عَنْ عُرْوَةَ قَالَ حَجَّ عَلَيْنَا عَبْدُاللَّهِ بْنُ عَمْرٍو فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ لَا يَنْزِعُ الْعِلْمَ بَعْدَ أَنْ أَعْطَاكُمُوهُ انْتِزَاعًا وَلَكِنْ يَنْتَزِعُهُ مِنْهُمْ مَعَ قَبْضِ الْعُلَمَاءِ بِعِلْمِهِمْ فَيَبْقَى نَاسٌ جُهَّالٌ يُسْتَفْتَوْنَ فَيُفْتُونَ بِرَأْيِهِمْ فَيُضِلُّونَ وَيَضِلُّونَ *
Menurut Ibnu Hajar kata ghairuhu dan fulanun itu adalah Ibnu Lahi’ah (Fathul Bari, IX:140 & 39-40; XIII:297; XIV:535)
Sedangkan pada Shahih Muslim hanya dimuat pada satu tempat,  yaitu
كتاب المساجد ومواضع الصلاة  باب إستحباب التبكير بالعصر, صحيح مسلم 1: 278 -
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ سَوَّادٍ الْعَامِرِيُّ وَمُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ الْمُرَادِيُّ وَأَحْمَدُ بْنُ عِيسَى وَأَلْفَاظُهُمْ مُتَقَارِبَةٌ قَالَ عَمْرٌو أَخْبَرَنَا و قَالَ الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ أَنَّ مُوسَى بْنَ سَعْدٍ الْأَنْصَارِيَّ حَدَّثَهُ عَنْ حَفْصِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ قَالَ صَلَّى لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعَصْرَ فَلَمَّا انْصَرَفَ أَتَاهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِي سَلِمَةَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا نُرِيدُ أَنْ نَنْحَرَ جَزُورًا لَنَا وَنَحْنُ نُحِبُّ أَنْ تَحْضُرَهَا قَالَ نَعَمْ فَانْطَلَقَ وَانْطَلَقْنَا مَعَهُ فَوَجَدْنَا الْجَزُورَ لَمْ تُنْحَرْ فَنُحِرَتْ ثُمَّ قُطِّعَتْ ثُمَّ طُبِخَ مِنْهَا ثُمَّ أَكَلْنَا قَبْلَ أَنْ تَغِيبَ الشَّمْسُ و قَالَ الْمُرَادِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنِ ابْنِ لَهِيعَةَ وَعَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ فِي هَذَا الْحَدِيثِ *

Riwayat Abdullah bin Amr bin Al-Ash
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ قَالَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ التَّكْبِيرُ فِي الْفِطْرِ سَبْعٌ فِي الْأُولَى وَخَمْسٌ فِي الْآخِرَةِ وَالْقِرَاءَةُ بَعْدَهُمَا كِلْتَيْهِمَا  
Hadis ini (qauli) diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, As-Sunanul Kubra III:285-286; Abu Daud, Sunan Abu Daud I:299; dan Ad-Daraquthni, Sunan Ad-Daraquthni II:48. Sedangkan Ibnu Abu Syaibah, Al-Mushannaf I:493; Ahmad, Musnad Al-Imam Ahmad, II:180; Al-Baihaqi, As-sunanul Kubra, III:285-286; Abu Daud, Sunan Abu Daud, I:299; Ad-Daraquthni, II:48-49; Ibnu Majah, Sunan Ibnu Majah, At-Thahawi, Syarah Ma’anil Atsar, III:343/CD Al-Alfiyah Ver. 1.5 At-Turats 1999; Ibnul Jarud, Al-Muntaqa, I:76; dalam bentuk fi’li (amaliah Nabi saw.)
 Hadis di atas, baik qauli maupun fi’li, semuanya diriwayatkan oleh Abdullah bin Abdurrahman At-Thaifi, dari Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya (Abdullah bin Amr bin Al-Ash).
At Thaifi, dinyatakan daif oleh sebagian ulama, di antaranya Ibnu Main berkata ,’Daifun’. Abu Hatim berkata,’Laisa bil Qawwi, Layinul Hadis’. Tahdzibut Tahdzib V: 299. An Nasai berkata, ‘Laisa bil Qawwi ( Ad Duafau wal Matruqin : 145). Imam Bukhari berkata, ‘Fihi Nadharun’. 
Sedangkan ulama yang lain menyatakan bahwa At Thaifi itu Tsiqat. Ibnu Main berkata, ‘Shalihun, Shuwailih’. Ibnu Adi berkata,’Adapun seluruh hadisnya  yang ia riwayatkan dari Amr bin Syuaib mustaqimatun’. Ad Daraqutni berkata,’Yu’tabaru bihi’. Imam bukhari berkata,’Muqaribul hadis’.  Al-‘Ijli berkata, “Tsiqatun” (Tahdzibut Tahdzib, V:299)
Memperhatikan kedua penilaian di atas, maka penilaian daif terhadap At Thaifi tidak dapat diterima karena tidak diterangkan sebabnya, mengapa ia dipandang lemah. Adapun penilaian Fihi Nadharun Imam Bukhari, bukan ditujukan kepada Abdullah bin Abdurrahman At Thaifi  tetapi ditujukan kepada Abdullah bin Abdurrahman tanpa pakai At Thaifi.
Dalam kitab Mizanul ‘Itidal II:452 tercatat bahwa Abdullah bin Abdurrahman itu ada dua. Abdullah bin Abdurrahman bin Ya’la At Thaifi No. rawi 4411 dan  Abdullah bin Abdurrahman tanpa  pakai At Thaifi No. rawi 4412, dan rawi inilah yang dinyatakan oleh Al Bukhari Fihi Nadharun.
Adapun perkataan wa Fihi Nadharun dari Imam Al Bukhari yang tercatat dalam kitab Tahdzibut tahdzib V:299,  bukan sebagai celaan terhadap At Thaifi, karena ketika Imam At Tirmidzi bertanya kepada Imam Al bukhari tentang At Thaifi, Imam Bukhari berkata, Hua Shahihun. ( )
Dengan demikian yang dimaksud Fihi Nadharun oleh Imam Bukhari ialah beliau hendak menerangkan rawi yang ditinggalkan oleh para ulama, bukan oleh Imam Al Bukhari. Bahkan dapat dipahami bahwa perkataan Imam Bukhari tersebut merupakan celaan terhadap ulama yang meninggalkan At Thaifi.
Berdasarkan keterangan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Imam Al Bukhari tidak pernah mencela At Thaifi,  bahkan sebaliknya beliau menyatakan  hua shahihun dan beliau  merasa salut kepadanya.
Perlu diketahui bahwa At Thaifi termasuk rijal Muslim. Dalam shahih Muslim riwayat At Thaifi  ditempatkan pada satu tempat yaitu
كتاب الشعر
و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ ح و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ كِلَاهُمَا عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الطَّائِفِيِّ عَنْ عَمْرِو بْنِ الشَّرِيدِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ اسْتَنْشَدَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِ حَدِيثِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مَيْسَرَةَ وَزَادَ قَالَ إِنْ كَادَ لِيُسْلِمُ وَفِي حَدِيثِ ابْنِ مَهْدِيٍّ قَالَ فَلَقَدْ كَادَ يُسْلِمُ فِي شِعْرِهِ * – صحيح مسلم  2: 385  
Dengan demikian hadis-hadis yang diriwayatkan melalui Abdullah bin Abdurrahman At Thaifi itu shahih, demikian pula  hadis tentang takbir tujuh dan lima pada salat Ied.

Ibnu Muchtar
Wakil Ketua Puslitbang PP Pemuda Persis

Pengunjung