KEDUDUKAN
HADIS TAKBIR 7 & 5 PADA SALAT IED
Oleh:
Ibnu Muchtar
Hadis-hadis tentang takbir 7 & 5
pada salat ied yang mudah kita dapati adalah melalui tujuh orang sahabat, yaitu
Aisyah, Abdullah bin Amr bin Al-Ash, Amr bin Auf, Ibnu Abas, Ibnu Umar, Amr bin
Al-Ash, Ammar bin Saad. Namun yang paling menarik perhatian untuk dikaji secara
mendalam adalah dari sahabat Aisyah dan Abdullah bin Amr bin Al-Ash.
Riwayat
Aisyah
عَنْ
عَائِشَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ
يُكَبِّرُ فِي الْفِطْرِ وَالأَضْحَى فِي
الأُوْلَى سَبْعَ تَكْبِيْرَاتٍ وَفِي الثَّانِيَةِ خَمْسًا
Hadis
ini diriwayatkan oleh Abu Daud, Sunan Abu Daud, I: 256 melalui Qutaibah
dari Ibnu Lahi’ah. Sedangkan pada riwayat Abu Daud lainnya melalui Abdullah bin
Wahb dari Ibnu Lahi’ah dengan tambahan lafal
سوى تكبيرتي الركوع
Hadis
ini diriwayatkan pula oleh para imam lainnya dengan redaksi yang berbeda:
1.
Ad-Daraquthni, Sunan Ad-Daraquthni II:46;
* كان رسول الله
صلى الله عليه وسلم يكبر في
العيدين اثني عشر تكبيرة سوى تكبيرة
الاستفتاح يقرأ بقاف والقرآن المجيد واقتربت الساعة
* أن النبي
صلى الله عليه وسلم كبر في الفطر
والأضحى سبعا وخمسا سوى تكبيرتي الركوع
*
كَانَ النَّبِيُّ ص كَانَ يُكَبِّرُ فِي الْعِدَيْنِ فِي الأُوْلَى سَبْعَ
تَكْبِيْرَاتٍ وَفِي الثَّانِيَةِ بِخَمْسٍ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ
2.
Ahmad, Musnad Al-Imam Ahmad VI:65 dan 70;
* ان رسول الله صلى الله
عليه وسلم كان يكبر في العيدين سبعا وخمسا قبل القراءة
* كان يكبر في
العيدين سبعا في الركعة الأولى وخمسا في الآخرة
سوى تكبيرتي الركوع
3.
Al-Baihaqi, As-Sunanul Kubra III:287;
* كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يكبر في العيدين في الأولى
سبع تكبيرات وفي الثانية خمس تكبيرات قبل القراءة
*
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كبر في الفطر والأضحى سبعا وخمسا سوى تكبيرة الركوع
4.
Al-Hakim, Al-Mustadrak I:297;
* كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يكبر في العيدين اثنتي عشرة سوى تكبير الافتتاح ويقرأ ب ق
والقرآن المجيد واقتربت الساعة
*
كان النبي صلى الله عليه وسلم يكبر في العيدين في الأولى سبع تكبيرات وفي الثانية خمس تكبيرات
قبل القراءة
5.
At-Thahawi, Syarhu Ma’anil Atsar III:343/CD
Al-Alfiyah Ver. 1.5 At-Turats 1999;
* أن رسول الله صلى الله عليه وسلم صلى بالناس يوم الفطر والأضحى فكبر في الأولى
سبعا وقرأ ق والقرآن المجيد وفي الثانية خمسا وقرأ اقتربت الساعة وانشق القمر
*
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يكبر
في العيدين سبعا وخمسا سوى تكبيرتي الركوع
6.
At-Thabrani, Al-Mu’jamul Ausath, III:270;
أن
رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يكبر
يوم الفطر والأضحى في الأولى سبعا وفي الثانية خمسا قبل القراءة
Sebagian ulama menyatakan bahwa hadis-hadis di atas
dhaif, karena semua sanadnya melalui seorang rawi bernama Abdbullah bin
Lahi’ah.
a.
Ibnu Ma’in berkata:
لايحتج بحديثه
b.
Ad-Darimi berkata:
ضعيف الحديث
c. Ibrahim bin
Ya’qub Al-Jauzajani berkata:
إبن لهيعة لا يوقف
على حديثه ولا ينبغي أن يحتج به ولا يغتر بروايته – أحوال الرجال ترجمة 274 -
d. At-Tirmidzi
berkata:
إبن لهيعة ضعيف عند أهل الحديث, ضعفه يحيى
ين سعيد القطان وغيره من قبل حفظه
e. Ibnu Hiban
berkata:
وكان شيخا صالحا ولكنه كان يدلس عن الضعفاء قبل اختراق كتبه - المجروحين 2: 11-
f.
Ad-Daraqutni menjelaskan pada riwayat Ibnu Lahiah
terdapat Idhthirab, karena pada satu riwayat Ibnu Lahiah menerima dari Yazid
bin Abu Habib dari Az Zuhri. Pada riwayat yang lain dari Uqail dari Az Zuhri.
Pada riwayat yang lainnya dari Abul Aswad dari Urwah. Semuanya dari Aisyah.
Sedangkan Pada riwayat yang lainnya dari Al ‘Araj dari Abu Hurairah. Ad
Daraqutni berkata, “Idhthirab terjadi dari Ibnu Lahiah.” At-Ta’liq ‘ala
Sunan Ad-Daraqutnhi, II:46
Tanggapan
Abdullah
bin Lahi’ah lahir tahun 96/97 H dan
wafat tahun 174 H (Tahdzibul Kamal XV:499-500) Ia menerima hadis dari 65
orang dan memiliki murid sebanyak 45 orang (Tahdzibul Kamal XV:488-490).
Imam
Al-Bukhari berkata (Tahdzibul Kamal XV:496), dari Yahya bin Bukair
اخترق منزل بن لهيعة وكتبه
في سنة سبعين ومئة
Ibnu Hajar berkata (Taqribut Tahdzib I:309):
عبد الله بن لهيعة صدوق من
السابعة خلط بعد احتراق كتبه
Berdasarkan
keterangan Ibnu Hajar ini, periwayatan Ibnu Lahiah pada asalnya shahih, dan
untuk mendaifkan hadisnya perlu menunjukkan bukti bahwa hadis itu diriwayatkan
setelah mukhtalit.
عمرو بن على يقول عبد الله
بن لهيعة احترقت كتبه فمن كتب عنه قبل ذلك مثل بن المبارك وعبد الله بن يزيد
المقرى أصح من الذين كتبوا بعدما احترقت الكتب.- الجرح والتعديل 5: 147 –
ورواية بن المبارك وابن وهب
عنه أعدل من غيرهم. – تقريب التهذيب 1: 319 –
وروى الفضل بن زياد عن أحمد بن حنبل قال من
كتب عن ابن لهيعة قديما فسماعه صحيح – سير
أعلام النبلاء 8: 21 –
قال أبو حاتم بن حبان البستي كان من اصحابنا
يقولون سماع من سمع من ابن لهيعة قبل احتراق كتبه مثل العبادلة ابن المبارك وابن
وهب والمقرئ وعبد الله بن مسلمه القعنبي فسماعهم صحيح ومن سمع بعد احتراق كتبه
فسماعه ليس بشيء وكان ابن لهيعة من الكتابين للحديث والجماعين للعلم والرحالين فيه
– سير أعلام النبلا 8 : 23 -
Berdasarkan keterangan-keterangan di atas, periwayatan
Ibnu Lahi’ah dapat diterima apabila diriwayatkan oleh empat Abdullah :
a.
Abdullah bin Wahb
b.
Abdullah bin al Mubarak
c.
Abdullah bin Yazid al Muqri
d.
Abdullah bin Maslamah
Karena
mereka mendengar hadis darinya sebelum kitab-kitabnya terbakar.
Dengan
demikian hadis tentang takbir tujuh dan lima pada salat Ied yang diriwayatkan
melalui Ibnu Lahi’ah dapat dijadikan hujjah karena diterima oleh
salah satu dari empat Abdullah di atas, yaitu Abdullah bin Wahab
sebagaimana tercatat pada riwayat At Thahawi, Syarhu Ma’anil Atsar
III:343.
حدثنا يونس قال ثنا ابن
وهب قال أخبرني بن لهيعة عن خالد بن يزيد عن بن شهاب عن عروة عن عائشة رضي
الله عنها أن رسول الله صلى الله عليه
وسلم كان يكبر في العيدين سبعا وخمسا سوى تكبيرتي الركوع
dan Abu
Daud, Sunan Abu Daud, I: 256
حدثنا ابن السرح أخبرنا
ابن وهب أخبرني بن لهيعة عن خالد بن يزيد عن بن شهاب بإسناده ومعناه قال
سوى تكبيرتي الركوع
Adapun penilaian Tadlis dari Ibnu Hiban tidak dapat
dijadikan alasan untuk pendaifan hadis takbir tujuh dan lima riwayat Ibnu
Lahi’ah. Karena pada riwayat Ad Daraqutni ditegaskan dengan Shighatul Ada
(bentuk penyampaian)
haddatsana ( حدثنا )
وحدثنا أبو بكر
النيسابوري ثنا محمد بن إسحاق ثنا إسحاق بن عيسى ثنا ابن لهيعة ثنا خالد بن
يزيد عن الزهري عن عروة عن عائشة… – سنن الدارقطني 2: 46 –
(Haddatsana) Ibnu Lahi’ah dari Khalid bin Yazid menunjukkan
bahwa shighah ‘an di sini ia tidak berbuat tadlis
Kemudian
penilaian Idhthirab dari Ad-Daraqutni terhadap Ibnu Lahi’ah tidak tepat,
karena periwayatan Ibnu Lahi’ah dari Yazid bin Abu habib dari Az Zuhri, atau
dari Uqail dari Az Zuhri, atau dari Abu Al-Aswad dari Urwah, semua matannya menegaskan bahwa takbir pada
salat Ied itu tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua .
Demikian pula halnya periwayatan Ibnu Lahi’ah dengan dua matan yang berbeda
melalui jalan yang sama, yaitu dari Khalid bin Yazid, dari Az Zuhri, dari
Urwah, dari Aisyah,
1. كان
رسول الله صلى الله عليه وسلم يكبر في العيدين اثني عشر تكبيرة سوى تكبيرة الاستفتاح
2.
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يكبر في
العيدين سبعا في الركعة الأولى وخمسا في
الآخرة سوى تكبيرتي الركوع
tidak
dapat dijadikan alasan mudhtarrib-nya
Ibnu Lahi’ah, karena yang mahfuzh adalah matan yang kedua, yaitu diriwayatkan oleh murid Ibnu Lahi’ah
bernama Abdullah bin Wahb. Muhamad bin Yahya Adz-Dzuhli berkata:
هذا هو المحفوظ لأن ابن
وهب قديم السماع من بن لهيعة – إرواء الغليل 3: 108 –
Perlu
diketahui bahwa Ibnu Lahi’ah termasuk rijal Al-Bukhari dan Muslim. Hadis Ibnu
Lahi’ah pada Shahih Al-Bukhari ditempatkan pada beberapa tempat, di antaranya:
1) كتاب التفسير باب ( إن الذين توفاهم
الملائكة …) فتح الباري 9: 140–
حَدَّثَنَا
عَبْدُاللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ وَغَيْرُهُ قَالَا
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِالرَّحْمَنِ أَبُو الْأَسْوَدِ قَالَ قُطِعَ
عَلَى أَهْلِ الْمَدِينَةِ بَعْثٌ فَاكْتُتِبْتُ فِيهِ فَلَقِيتُ عِكْرِمَةَ
مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ فَأَخْبَرْتُهُ فَنَهَانِي عَنْ ذَلِكَ أَشَدَّ النَّهْيِ
*
2) كتاب التفسير باب
(وقاتلوهم حتى لاتكون فتنة …) فتح الباري 9: 39 – 40 –
…وَزَادَ عُثْمَانُ بْنُ
صَالِحٍ عَنِ ابْنِ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي فُلَانٌ وَحَيْوَةُ بْنُ
شُرَيْحٍ عَنْ بَكْرِ بْنِ عَمْرٍو الْمَعَافِرِيِّ أَنَّ بُكَيْرَ بْنَ
عَبْدِاللَّهِ حَدَّثَهُ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ رَجُلًا أَتَى ابْنَ عُمَرَ فَقَالَ
يَا أَبَا عَبْدِالرَّحْمَنِ مَا حَمَلَكَ عَلَى أَنْ تَحُجَّ عَامًا وَتَعْتَمِرَ
عَامًا وَتَتْرُكَ الْجِهَادَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ *
3) كتاب الفتن باب من
كره أن يكثر سواد الفتن والظلم , فتح الباري 14: 535 –
حَدَّثَنَا عَبْدُاللَّهِ بْنُ يَزِيدَ
حَدَّثَنَا حَيْوَةُ وَغَيْرُهُ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَسْوَدِ
وَقَالَ اللَّيْثُ عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ قَالَ قُطِعَ عَلَى أَهْلِ الْمَدِينَةِ
بَعْثٌ فَاكْتُتِبْتُ فِيهِ فَلَقِيتُ عِكْرِمَةَ فَأَخْبَرْتُهُ فَنَهَانِي
أَشَدَّ النَّهْيِ …*
4) كتاب الإعتصام, باب
ما يذكر من ذم الرأي … فتح الباري 13: 297 -
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ
تَلِيدٍ حَدَّثَنِي ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنِي عَبْدُالرَّحْمَنِ بْنُ شُرَيْحٍ وَغَيْرُهُ
عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ عَنْ عُرْوَةَ قَالَ حَجَّ عَلَيْنَا عَبْدُاللَّهِ بْنُ
عَمْرٍو فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ لَا يَنْزِعُ الْعِلْمَ بَعْدَ أَنْ
أَعْطَاكُمُوهُ انْتِزَاعًا وَلَكِنْ يَنْتَزِعُهُ مِنْهُمْ مَعَ قَبْضِ
الْعُلَمَاءِ بِعِلْمِهِمْ فَيَبْقَى نَاسٌ جُهَّالٌ يُسْتَفْتَوْنَ فَيُفْتُونَ
بِرَأْيِهِمْ فَيُضِلُّونَ وَيَضِلُّونَ *
Menurut
Ibnu Hajar kata ghairuhu dan fulanun itu adalah Ibnu Lahi’ah (Fathul
Bari, IX:140 & 39-40; XIII:297; XIV:535)
Sedangkan
pada Shahih Muslim hanya dimuat pada satu tempat, yaitu
كتاب المساجد ومواضع
الصلاة باب إستحباب التبكير بالعصر, صحيح
مسلم 1: 278 -
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ
سَوَّادٍ الْعَامِرِيُّ وَمُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ الْمُرَادِيُّ وَأَحْمَدُ بْنُ
عِيسَى وَأَلْفَاظُهُمْ مُتَقَارِبَةٌ قَالَ عَمْرٌو أَخْبَرَنَا و قَالَ
الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ عَنْ
يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ أَنَّ مُوسَى بْنَ سَعْدٍ الْأَنْصَارِيَّ حَدَّثَهُ
عَنْ حَفْصِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ قَالَ صَلَّى
لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعَصْرَ فَلَمَّا
انْصَرَفَ أَتَاهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِي سَلِمَةَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا
نُرِيدُ أَنْ نَنْحَرَ جَزُورًا لَنَا وَنَحْنُ نُحِبُّ أَنْ تَحْضُرَهَا قَالَ
نَعَمْ فَانْطَلَقَ وَانْطَلَقْنَا مَعَهُ فَوَجَدْنَا الْجَزُورَ لَمْ تُنْحَرْ
فَنُحِرَتْ ثُمَّ قُطِّعَتْ ثُمَّ طُبِخَ مِنْهَا ثُمَّ أَكَلْنَا قَبْلَ أَنْ
تَغِيبَ الشَّمْسُ و قَالَ الْمُرَادِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنِ ابْنِ
لَهِيعَةَ وَعَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ فِي هَذَا الْحَدِيثِ *
Riwayat
Abdullah bin Amr bin Al-Ash
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ قَالَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ التَّكْبِيرُ فِي الْفِطْرِ سَبْعٌ فِي الْأُولَى وَخَمْسٌ فِي
الْآخِرَةِ وَالْقِرَاءَةُ بَعْدَهُمَا كِلْتَيْهِمَا
Hadis
ini (qauli) diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, As-Sunanul Kubra III:285-286;
Abu Daud, Sunan Abu Daud I:299; dan Ad-Daraquthni, Sunan
Ad-Daraquthni II:48. Sedangkan Ibnu Abu Syaibah, Al-Mushannaf I:493; Ahmad,
Musnad Al-Imam Ahmad, II:180; Al-Baihaqi, As-sunanul Kubra, III:285-286; Abu
Daud, Sunan Abu Daud, I:299; Ad-Daraquthni, II:48-49; Ibnu Majah, Sunan Ibnu
Majah, At-Thahawi, Syarah Ma’anil Atsar, III:343/CD Al-Alfiyah Ver. 1.5
At-Turats 1999; Ibnul Jarud, Al-Muntaqa, I:76; dalam bentuk fi’li (amaliah Nabi
saw.)
Hadis di atas, baik qauli maupun fi’li,
semuanya diriwayatkan oleh Abdullah bin Abdurrahman At-Thaifi, dari Amr bin Syu’aib,
dari ayahnya, dari kakeknya (Abdullah bin Amr bin Al-Ash).
At
Thaifi, dinyatakan daif oleh sebagian ulama, di antaranya Ibnu Main berkata
,’Daifun’. Abu Hatim berkata,’Laisa bil Qawwi, Layinul Hadis’. Tahdzibut
Tahdzib V: 299. An Nasai berkata, ‘Laisa bil Qawwi ( Ad Duafau wal Matruqin :
145). Imam Bukhari berkata, ‘Fihi Nadharun’.
Sedangkan
ulama yang lain menyatakan bahwa At Thaifi itu Tsiqat. Ibnu Main berkata,
‘Shalihun, Shuwailih’. Ibnu Adi berkata,’Adapun seluruh hadisnya yang ia riwayatkan dari Amr bin Syuaib
mustaqimatun’. Ad Daraqutni berkata,’Yu’tabaru bihi’. Imam bukhari
berkata,’Muqaribul hadis’. Al-‘Ijli
berkata, “Tsiqatun” (Tahdzibut Tahdzib, V:299)
Memperhatikan
kedua penilaian di atas, maka penilaian daif terhadap At Thaifi tidak dapat
diterima karena tidak diterangkan sebabnya, mengapa ia dipandang lemah. Adapun
penilaian Fihi Nadharun Imam Bukhari, bukan ditujukan kepada Abdullah bin
Abdurrahman At Thaifi tetapi ditujukan
kepada Abdullah bin Abdurrahman tanpa pakai At Thaifi.
Dalam
kitab Mizanul ‘Itidal II:452 tercatat bahwa Abdullah bin Abdurrahman itu ada
dua. Abdullah bin Abdurrahman bin Ya’la At Thaifi No. rawi 4411 dan Abdullah bin Abdurrahman tanpa pakai At Thaifi No. rawi 4412, dan rawi
inilah yang dinyatakan oleh Al Bukhari Fihi Nadharun.
Adapun
perkataan wa Fihi Nadharun dari Imam Al Bukhari yang tercatat dalam kitab
Tahdzibut tahdzib V:299, bukan sebagai
celaan terhadap At Thaifi, karena ketika Imam At Tirmidzi bertanya kepada Imam
Al bukhari tentang At Thaifi, Imam Bukhari berkata, Hua Shahihun. ( )
Dengan
demikian yang dimaksud Fihi Nadharun oleh Imam Bukhari ialah beliau hendak
menerangkan rawi yang ditinggalkan oleh para ulama, bukan oleh Imam Al Bukhari.
Bahkan dapat dipahami bahwa perkataan Imam Bukhari tersebut merupakan celaan
terhadap ulama yang meninggalkan At Thaifi.
Berdasarkan
keterangan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Imam Al Bukhari tidak pernah
mencela At Thaifi, bahkan sebaliknya
beliau menyatakan hua shahihun dan
beliau merasa salut kepadanya.
Perlu
diketahui bahwa At Thaifi termasuk rijal Muslim. Dalam shahih Muslim riwayat At
Thaifi ditempatkan pada satu tempat
yaitu
كتاب
الشعر
و حَدَّثَنَا يَحْيَى
بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ ح و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ
بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ كِلَاهُمَا عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الطَّائِفِيِّ عَنْ عَمْرِو بْنِ الشَّرِيدِ عَنْ
أَبِيهِ قَالَ اسْتَنْشَدَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِمِثْلِ حَدِيثِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مَيْسَرَةَ وَزَادَ قَالَ إِنْ كَادَ
لِيُسْلِمُ وَفِي حَدِيثِ ابْنِ مَهْدِيٍّ قَالَ فَلَقَدْ كَادَ يُسْلِمُ فِي
شِعْرِهِ * – صحيح مسلم 2: 385 –
Dengan
demikian hadis-hadis yang diriwayatkan melalui Abdullah bin Abdurrahman At
Thaifi itu shahih, demikian pula hadis
tentang takbir tujuh dan lima pada salat Ied.
Ibnu Muchtar
Wakil Ketua
Puslitbang PP Pemuda
Persis