MANAJEMEN HATI UNTUK BERSUKUR MENURUT ISLAM

MANAJEMEN SYUKUR

 Aya dua istilah dina ajaran Islam nu ngagambarkeun dua kaayaan nu beda. Istilah kahiji disebut nikmat. Nu kadua disebut musibat. Eta istilah the, dua nana saleresna mah nuduhkeun kana sifat Maha Rahman, Maha Rahiemna Allah (Maha Welas tur Maha Asih na Allah). Ngan nurutkeun panempo manusa ditilik tina jihat lahiriahna, istilah kahiji, nikmat, ngagambarkeun kabagjaan, kabungah, suka cita, jeung kasuksesan. Sedengkeun istilah nu kadua, musibat, ngagambarkeun kasedih, kasusah, karipuh, nalangsa. Naon margina eta istilah the digambarkeun kitu dina panempo manusa, lantaran manusa mah sifat sarta tabeatna salawasna hayang meunang kabagjaan, alim susah, alim nalangsa. Sifat jeung tabeat kitu the tos dijelaskeun ku Allah dina surat al-Ma'arij:19-21
{ إِنَّ الإِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا }. { إِذَا مَسَّهُ الشَّرُ جَزُوْعًا }. { وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا }
Saestuna manusa diciptakeun dina kaayaan berkeluh kesah sarta kikir. Lamun tempo meunang kasusah, manehna berkeluh kesah. Tapi lamun meunang kabungah, manehna kikir. 
Ieu ayat kacida jelasna maparin gambaran ngeunan sifat jeung tabeat manusa, nyaeta mun meunang kasusah sarta kakurangan, manusa mah hariwang, gelisah. Tapi nalika meunang kabungah, boh ku harta atawa berhasil dina karir, manusa sok poho, tara inget saha sabenerna nu maparin eta kanikmatan the?
Tah kumargi kitu, salaku jalma nu iman ka Allah, kedah kumaha nalika mayunan dua kaayaan nu dianggap beda dina panempo manusa,nyaeta nikmat jeung musibat?
Pikeun jalma nu iman, dua kaayaan eta the mangrupakeun uji kualitas, nepi kama sabenerna kaimanan urang the? Naha nalika dipaparin kanikmatan the rek syukur atawa kufur. Sedengkeun nalika keuna musibat, naha rek sabar atawa aral subha, putus asa?
Sarta urang sadaya, umumna nganggap yen ujian ti Allah mah nalika bentukna the kasusah, karipuh. Sedengkeun kabagjaan jeung kanikmatan mah umumna tara dianggap ujian. Padahal dina surat al-Anbiya:35 tos dijelaskeun ku Allah yen ujian Allah nu ditumibakeun ka manusa the teu ngan sakadar karipuh, kasusah, kegalalan wungkul, tapi oge jeung nu mangrupa kabagjaan, kabungah, atawa kasuksesan.
كلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً (35)
Tiap-tiap manusa bakal ngalaman maot. Jeung kami rek nguji anjeun ku asy-syarru jeung al-khaeru. Q.s. Al-Anbiya:35
Saur ibnu Abas, dina tafsir Ibnu Katsir, nu dimaksud al-khaer dina ieu ayat the mangrupa kanikmatan, kabungah, atawa kabajaan, boh patali jeung awak atawa harta banda. Sedengkeun as-Syarru mangrupa musibat, kasedih, kasusah, atawa karipuh. 
Namun sebenarnya ujian dalam bentuk kenikmatan, kebahagiaan, dan kesuksesaan jauh lebih berat dibandingkan ujian dalam bentuk kesusahan dan kegagalan. Karena itu tidak sedikit manusia yang mampu istiqamah ketika diuji oleh kesusahan, namun lupa diri ketika diuji oleh kesenangan, bahkan dia tidak menyadari bahwa kesenangan itu juga merupakan ujian dari Allah. Sehubungan dengan itu Umar bin Khatab pernah menytakan:
إذا بلينا بالضراء صبرنا وإذا بلينا بالسراء فلم نصبر
“Apabila kita diuji dengan kesusahan, kita mampu sabar. Tapi ketika diuji dengan kesenangan kita tidak sabar”
Yang paling berat adalah menghilangkan rasa ujub, sombong dalam diri kita, karena seolah-olah kebahagian dan kesuksesan itu diciptakan oleh dia sendiri, semata-mata hasil prestasi manusia. Agar kita tidak termasuk orang-orang yang ujub, sombong di hadapan Allah, maka ada beberapa hal yang diajarkan oleh Islam kepada kita ketika mendapatkan kenikmatan
Pertama, ketika mendapatkan kenikmatan, kebahagian, dan kesukseaan kita diwajibkan untuk bersyukur. Apa sih yang namanya syukur itu? Saur Imam ar-Raghib al-Asfahani, Syukur teh  “Tashawwurun ni’mati wa izhharuha” artinya “Nginget-nginget kana kanikmatan sarta nembongkeun eta kanikmatan" Menampakkan nikmat antara lain mempergunakan kenikmatan itu pada tempat dan sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah sebagai pemberi nikmat itu.

Dengan demikian syukur menurut Islam mencakup tiga aspek
1. Bersyukur dengan hati
Yaitu mengakui dan menyadari sepenuhnya bahwa segala nikmat yang diperoleh bersumber dari Allah. Dan tidak ada seorang pun yang dapat memberikan kenikmatan itu selain Allah. Sebagai contoh: Ketika lahir ke dunia manusia tidak tahu apa-apa. Lalu oleh Allah diberi pendengaran, penglihatan dan hati. Coba perhatikan Udara segar yang kita hirup setiap waktu, cahaya matahari yang menjadi sumber energi, terangnya bulan pada malam hari, gunung-gunung yang menjulang tinggi dengan kekayaan alamnya, air yang selalu mengalir untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia; itu semua adalah sebagian kecil dari nikmat-Nya. Demikian pula denyut jantung yang mengalirkan darah keseluruh tubuh, paru-paru yang selalu mengisap udara segar dan mengeluarkan udara kotor, ginjal yang senantiasa bekerja tanpa mengenal lelah; itu semua adalah anugerah ilahi, yang kesemuanya bekerja di luar pengawasaan kita, termasuk proses pencernaan makanan yang masuk perut kita.
2. Bersyukur dengan lidah
Yaitu mengucapkan al-hamdu lillahi rabbil ‘alamin, artinya segala puji bagi Allah tuhan pengurus alam semesta ini. Ucapan ini menunjukkan bahwa kekuasaan kita terhadap alam semesta itu tidak absolut. Kepintaran kita belum ada apa-apa dibanding ilmu Allah. Kekuatan kita belum sebarapa dibandingan dengan kekuasaan Allah. Contoh berkedip, siapa yang sanggup menahan kedipan agar tidak berkedip. Siapa yang mampu melawan rasa ngantuk ketika sudah waktunya untuk tidur. Sehebat apapun menu yang dihidangkan, berbagai macam resep telah dimodifikasi, tapi lamun letahna keur teu cageur? Komo mun salawasna ku Allah dileungitkeun fungsi rasa dina letah, tong sadayana hiji weh rasa amisna dileungitkeun, kumaha tah? 

3. Bersyukur dengan amal perbuatan, Di antara bentuknya
A. mempergunakan anggota tubuh dalam melakukan hal-hal yang positif yang diridhai Allah. Ketika anggota tubuh dipakai maksiat, maka dia sebenarnya tidak mau. Karena dia diciptakan oleh Allah guna kebaikan diri dan manusia pada umumnya, bukan untuk kemaksiatan.
B. Menggunakan harta sesuai ajaran Islam dan menafkahkannya di jalan Allah
C. Jika nikmat itu berupa ilmu, ia akan memanfaatkan ilmu itu untuk keselamatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan manusia, bukan membinasakan dan menghancurkan kehidupan manusia.
Ringkasnya, syukur dengan amal perbuatan itu berarti melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan Allah, di antaranya yang sering terlupakan oleh kita adalah sujud syukur, tidak perlu wudhu, tidak perlu menghadap kiblat, tanpa pelu membaca apapun.

Demikianlah hakikat syukur di dalam ajaran Islam. Dan syukur ini merupakan salah satu target atau sasaran diwajibkannya ibadah shaum kepda orang beriman. Agar dengan ibadah shaum itu menjadi 'abdan syakura, hamba yang pandai bersyukur, sebagaimana difirmankan Allah dalam surat Al-Baqarah: 185
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنْ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمْ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمْ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمْ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
Kumaha ari ngawujudkeun syukur dina pernikahan jeung rumah tangga?
Kudu Ngawujudkeun Turunan Nu Thayyib (Shaleh)
Ngawujudna turunan nu thayyib sanes dadakan, tapi perlu kana didikan. Usahana the ti samemeh rumah tangga, ku cara memilih calon isteri nu shalelhah, Rasulullah SAW memberikan nasehat dan pelajaran kepada orang yang hendak berkeluarga dengan bersabda: " Dapatkan wanita yang beragama, (jika tidak) niscaya engkau merugi" (HR.Al-Bukhari dan Muslim)
Begitu pula bagi wanita, hendaknya memilih suami yang sesuai dari orang-orang yang datang melamarnya. Hendaknya mendahulukan laki-laki yang beragama dan berakhlak. Rasulullah memberikan pengarahan kepada para wali dengan bersabda :
"Bila datang kepadamu orang yang kamu sukai agama dan akhlaknya, maka kawikanlah. Jika tidak kamu lakukan, nisacayaterjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar"
Termasuk memperhatikan anak sebelum lahir, mengikuti tuntunan Rasulullah dalam kehidupan rumah tangga kita. Rasulullah memerintahkan kepada kita: "Jika seseorang diantara kamu hendak menggauli isterinya, membaca: "Dengan nama Allah. Ya Allah, jauhkanlah kami dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari apa yang Engkau karuniakan kepada kami". Maka andaikata ditakdirkan keduanya mempunyai anak, niscaya tidak ada syaitan yang dapat mencelakakannya".
Salajengna Saba'da budak lahir
Periode pertama dalam kehidupan anak (usia enam tahun pertama) merupakan periode yang amat kritis dan paling penting. Periode ini mempunyai pengaruh yang sangat mendalam dalam pembentukan pribadinya. Apapun yang terekam dalam benak anak pada periede ini, nanti akan tampak pengaruh-pengaruhnya dengan nyata pada kepribadiannya ketika menjadi dewasa. Dibiasakeun kana akhlak nu hade,ku cara dicontoan.
Periode kedua dalam kehidupan anak (setelah enam tahun pertama). Pada periode ini anak menjadi lebih siap untuk belajar secara teratur. Ia mau menerima pengarahan lebih banyak, dan lebih bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman sepermainannya. Dapat kita katakan, pada periode ini anak lebih mengerti dan lebih semangat untuk belajar dan memperoleh ketrampilan-ketrampilan, karenanya ia bisa diarahkan secara langsung. Oleh sebab itu, masa ini termasuk masa yang paling penting dalam pendidikan dan pengarahan anak.
a. Pengajaran baca Al Qur'an.
Al Qur'an adalah jalan lurus yang tak mengandung suatu kebatilan apapun. Maka amat baik jika anak dibiasakan membaca Al Qu~an dengan benar, dan diupayakan semaksimalnya agar menghafal Al Qur'an atau sebagian besar darinya dengan diberi dorongan melalui berbagai cara. Karena itu, kedua orangtua bendaklah berusaha agar putera puterinya masuk pada salah satu madrasah untuk belajar Al Qur'an.
b. Pengajaran hak-hak kedua orangtua,
Diajarkan kepada anak untuk bersikap hormat, taat  dan berbuat baik kepada kedua orangtua, sehingga  terdidik dan terbiasa demikian. Anak sering bersikap durhaka dan melanggar hak-hak orangtua disebabkan karena kurangnya perhatian orangtua dalam mendidik anak dan tidak membiasakannya berbuat kebaikan sejak usia dini.
c.  Pengajaran akhlak nu hade
Seperti etiket mengucapkan salam dan meminta izin, etiket berpakaian, makan dan nninum,etiket berbicara dan bergaul dengan orang lain. Juga diajarkan bagaimana bergaul dengan kedua orangtua, sanak famili yang tua, kolega orangtua, guru-gurunya, kawan-kawannya dan  teman sepermainannya.
Diajarkan  pula mengatur kamamya sendiri, menjaga kebersihan rumah, menyusun alat bermain, bagaimana bermain tanpa mengganggu orang lain dan bagaimana bertingkah laku di masjid dan disekolahan.
Pegajaran berbagai hal di atas dan juga lainnya pertama-tama harus bersumber kepada Sunnah Rasulullah , lalu peri kehidupan para salaf yang shaleh, kemudian  karya tulis para pakar dalam bidang pendidikan dan tata pergaulan.
Memperhatikan Anak Pada Masa Remaja
Pada masa ini pertumbuhan jasmani anak menjadi cepat, wawasan akalnya bertambah luas, emosinya menjadi kuat dan semakin keras, serta naluri seksualnya pun mulaibangkit.
Masa ini merupakan pendahuluan masa baligh.Karena itu, para pendidik perlu memberikan perhatian terhadap masalah-masalah berikut dalam menghadapi remaja:
1.   Hendaknya anak, putera maupun puteri, merasa bahwa dirinya sudah dewasa karena ia sendiri menuntut supaya diperlakukan sebagai orang dewasa, bukan sebagai anak kecil lagi.
2.  Diajarkan kepada anak hukum-hukum akilbaligh dan diceritakan kepadanya kisah-kisah yang dapat mengembangkan dalam dirinya sikap takwa dan menjauhkan diri dari hal yang haram.
3.  Diberikan dorongan untuk ikut serta melaksanakan tugas-tugas rumah tangga, seperti melakukan pekerjaan yang membuatnya merasa bahwa dia sudah besar.
4.  Berupaya  mengawasi  anak dan menyibukkan waktunya dengan kegiatan yang bermanfaat serta mancarikan teman yang baik.
Maka kita semua tidak boleh melupakan aspek ini dan wajib memohon dan berdo'a kepada Allah semoga berkenan menjadikan kita dan anak keturunan kita orang-orang yang shaleh, hanya Dialah yang memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.


Oleh : Ibnu Muchtar



Pengunjung