Aya dua istilah
dina ajaran Islam nu ngagambarkeun dua kaayaan nu beda. Istilah kahiji disebut
nikmat. Nu kadua disebut musibat. Eta istilah the, dua nana saleresna mah
nuduhkeun kana sifat Maha Rahman, Maha Rahiemna Allah (Maha Welas tur Maha Asih
na Allah). Ngan nurutkeun panempo manusa ditilik tina jihat lahiriahna, istilah
kahiji, nikmat, ngagambarkeun kabagjaan, kabungah, suka cita, jeung kasuksesan.
Sedengkeun istilah nu kadua, musibat, ngagambarkeun kasedih, kasusah, karipuh, nalangsa.
Naon margina eta istilah the digambarkeun kitu dina panempo manusa, lantaran
manusa mah sifat sarta tabeatna salawasna hayang meunang kabagjaan, alim susah,
alim nalangsa. Sifat jeung tabeat kitu the tos dijelaskeun ku Allah dina surat
al-Ma'arij:19-21
{ إِنَّ
الإِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا }. { إِذَا مَسَّهُ الشَّرُ جَزُوْعًا }. { وَإِذَا
مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا }
Saestuna manusa
diciptakeun dina kaayaan berkeluh kesah sarta kikir. Lamun tempo meunang
kasusah, manehna berkeluh kesah. Tapi lamun meunang kabungah, manehna
kikir.
Ieu ayat kacida jelasna maparin
gambaran ngeunan sifat jeung tabeat manusa, nyaeta mun meunang kasusah sarta
kakurangan, manusa mah hariwang, gelisah. Tapi nalika meunang kabungah, boh ku
harta atawa berhasil dina karir, manusa sok poho, tara inget saha sabenerna nu
maparin eta kanikmatan the?
Tah kumargi kitu, salaku jalma
nu iman ka Allah, kedah kumaha nalika mayunan dua kaayaan nu dianggap beda dina
panempo manusa,nyaeta nikmat jeung musibat?
Pikeun jalma nu iman, dua
kaayaan eta the mangrupakeun uji kualitas, nepi kama sabenerna kaimanan urang
the? Naha nalika dipaparin kanikmatan the rek syukur atawa kufur. Sedengkeun
nalika keuna musibat, naha rek sabar atawa aral subha, putus asa?
Sarta urang sadaya, umumna
nganggap yen ujian ti Allah mah nalika bentukna the kasusah, karipuh.
Sedengkeun kabagjaan jeung kanikmatan mah umumna tara dianggap ujian. Padahal dina surat
al-Anbiya:35 tos dijelaskeun
ku Allah yen ujian Allah nu ditumibakeun ka manusa the teu ngan sakadar
karipuh, kasusah, kegalalan wungkul, tapi oge jeung nu mangrupa kabagjaan,
kabungah, atawa kasuksesan.
كلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ
وَالْخَيْرِ فِتْنَةً (35)
Tiap-tiap
manusa bakal ngalaman maot. Jeung kami rek nguji anjeun ku asy-syarru jeung
al-khaeru. Q.s. Al-Anbiya:35
Saur
ibnu Abas, dina tafsir Ibnu Katsir, nu dimaksud al-khaer dina ieu ayat the
mangrupa kanikmatan, kabungah, atawa kabajaan, boh patali jeung awak atawa
harta banda. Sedengkeun as-Syarru mangrupa musibat,
kasedih, kasusah, atawa karipuh.
Namun
sebenarnya ujian dalam bentuk kenikmatan, kebahagiaan, dan kesuksesaan jauh
lebih berat dibandingkan ujian dalam bentuk kesusahan dan kegagalan. Karena itu
tidak sedikit manusia yang mampu istiqamah ketika diuji oleh kesusahan, namun
lupa diri ketika diuji oleh kesenangan, bahkan dia tidak menyadari bahwa
kesenangan itu juga merupakan ujian dari Allah. Sehubungan dengan itu Umar bin
Khatab pernah menytakan:
إذا بلينا بالضراء صبرنا وإذا
بلينا بالسراء فلم نصبر
“Apabila kita
diuji dengan kesusahan, kita mampu sabar. Tapi ketika diuji dengan kesenangan
kita tidak sabar”
Yang paling
berat adalah menghilangkan rasa ujub, sombong dalam diri kita, karena
seolah-olah kebahagian dan kesuksesan itu diciptakan oleh dia sendiri,
semata-mata hasil prestasi manusia. Agar kita tidak termasuk orang-orang yang
ujub, sombong di hadapan Allah, maka ada beberapa hal yang diajarkan oleh Islam
kepada kita ketika mendapatkan kenikmatan
Pertama, ketika
mendapatkan kenikmatan, kebahagian, dan kesukseaan kita diwajibkan untuk
bersyukur. Apa sih yang namanya syukur itu? Saur Imam ar-Raghib al-Asfahani, Syukur
teh “Tashawwurun ni’mati wa izhharuha”
artinya “Nginget-nginget kana kanikmatan sarta nembongkeun eta kanikmatan"
Menampakkan nikmat antara lain mempergunakan kenikmatan itu pada tempat dan
sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah sebagai pemberi nikmat itu.
Dengan demikian
syukur menurut Islam mencakup tiga aspek
1. Bersyukur
dengan hati
Yaitu mengakui
dan menyadari sepenuhnya bahwa segala nikmat yang diperoleh bersumber dari
Allah. Dan tidak ada seorang pun yang dapat memberikan kenikmatan itu selain
Allah. Sebagai contoh: Ketika lahir ke dunia manusia tidak tahu apa-apa. Lalu
oleh Allah diberi pendengaran, penglihatan dan hati. Coba perhatikan Udara
segar yang kita hirup setiap waktu, cahaya matahari yang menjadi sumber energi,
terangnya bulan pada malam hari, gunung-gunung yang menjulang tinggi dengan
kekayaan alamnya, air yang selalu mengalir untuk memenuhi kebutuhan hidup
manusia; itu semua adalah sebagian kecil dari nikmat-Nya. Demikian pula denyut
jantung yang mengalirkan darah keseluruh tubuh, paru-paru yang selalu mengisap
udara segar dan mengeluarkan udara kotor, ginjal yang senantiasa bekerja tanpa
mengenal lelah; itu semua adalah anugerah ilahi, yang kesemuanya bekerja di
luar pengawasaan kita, termasuk proses pencernaan makanan yang masuk perut
kita.
2. Bersyukur
dengan lidah
Yaitu
mengucapkan al-hamdu lillahi rabbil ‘alamin, artinya segala puji bagi Allah
tuhan pengurus alam semesta ini. Ucapan ini menunjukkan bahwa kekuasaan kita
terhadap alam semesta itu tidak absolut. Kepintaran kita belum ada apa-apa
dibanding ilmu Allah. Kekuatan kita belum sebarapa dibandingan dengan kekuasaan
Allah. Contoh berkedip, siapa yang sanggup menahan kedipan agar tidak berkedip.
Siapa yang mampu melawan rasa ngantuk ketika sudah waktunya untuk tidur.
Sehebat apapun menu yang dihidangkan, berbagai macam resep telah dimodifikasi,
tapi lamun letahna keur teu cageur? Komo mun salawasna ku Allah dileungitkeun
fungsi rasa dina letah, tong sadayana hiji weh rasa amisna dileungitkeun,
kumaha tah?
3. Bersyukur
dengan amal perbuatan, Di antara bentuknya
A.
mempergunakan anggota tubuh dalam melakukan hal-hal yang positif yang diridhai
Allah. Ketika anggota tubuh dipakai maksiat, maka dia sebenarnya tidak mau.
Karena dia diciptakan oleh Allah guna kebaikan diri dan manusia pada umumnya,
bukan untuk kemaksiatan.
B. Menggunakan
harta sesuai ajaran Islam dan menafkahkannya di jalan Allah
C. Jika nikmat
itu berupa ilmu, ia akan memanfaatkan ilmu itu untuk keselamatan, kebahagiaan,
dan kesejahteraan manusia, bukan membinasakan dan menghancurkan kehidupan
manusia.
Ringkasnya,
syukur dengan amal perbuatan itu berarti melaksanakan segala perintah dan
menjauhi larangan Allah, di antaranya yang sering terlupakan oleh kita adalah
sujud syukur, tidak perlu wudhu, tidak perlu menghadap kiblat, tanpa pelu
membaca apapun.
Demikianlah
hakikat syukur di dalam ajaran Islam. Dan syukur ini merupakan salah satu
target atau sasaran diwajibkannya ibadah shaum kepda orang beriman. Agar dengan
ibadah shaum itu menjadi 'abdan syakura, hamba yang pandai bersyukur,
sebagaimana difirmankan Allah dalam surat Al-Baqarah: 185
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي
أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنْ الْهُدَى
وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمْ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ
مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ
بِكُمْ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمْ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ
وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
185.
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di
dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan
penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan
yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat
tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan
barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah
baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang
lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran
bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu
mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu
bersyukur.
Kumaha ari ngawujudkeun
syukur dina pernikahan jeung rumah tangga?
Kudu Ngawujudkeun Turunan Nu Thayyib (Shaleh)
Ngawujudna turunan nu thayyib sanes dadakan, tapi
perlu kana didikan. Usahana the ti samemeh rumah tangga, ku cara memilih calon isteri nu shalelhah, Rasulullah SAW memberikan nasehat dan
pelajaran kepada orang yang hendak berkeluarga dengan bersabda: " Dapatkan
wanita yang beragama, (jika tidak) niscaya engkau merugi" (HR.Al-Bukhari
dan Muslim)
Begitu pula bagi wanita, hendaknya memilih suami
yang sesuai dari orang-orang yang datang melamarnya. Hendaknya mendahulukan
laki-laki yang beragama dan berakhlak. Rasulullah memberikan pengarahan kepada
para wali dengan bersabda :
"Bila datang kepadamu orang yang kamu sukai
agama dan akhlaknya, maka kawikanlah. Jika tidak kamu lakukan, nisacayaterjadi
fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar"
Termasuk memperhatikan anak sebelum lahir,
mengikuti tuntunan Rasulullah dalam kehidupan rumah tangga kita. Rasulullah
memerintahkan kepada kita: "Jika seseorang diantara kamu hendak menggauli
isterinya, membaca: "Dengan nama Allah. Ya Allah, jauhkanlah kami dari
syaitan dan jauhkanlah syaitan dari apa yang Engkau karuniakan kepada
kami". Maka andaikata ditakdirkan keduanya mempunyai anak, niscaya tidak
ada syaitan yang dapat mencelakakannya".
Salajengna Saba'da budak lahir
Periode pertama dalam kehidupan anak (usia enam
tahun pertama) merupakan periode yang amat kritis dan paling penting. Periode
ini mempunyai pengaruh yang sangat mendalam dalam pembentukan pribadinya.
Apapun yang terekam dalam benak anak pada periede ini, nanti akan tampak
pengaruh-pengaruhnya dengan nyata pada kepribadiannya ketika menjadi dewasa.
Dibiasakeun kana akhlak nu hade,ku cara dicontoan.
Periode kedua dalam kehidupan anak (setelah enam
tahun pertama). Pada periode ini anak menjadi lebih siap untuk belajar secara
teratur. Ia mau menerima pengarahan lebih banyak, dan lebih bisa menyesuaikan
diri dengan teman-teman sepermainannya. Dapat kita katakan, pada periode ini
anak lebih mengerti dan lebih semangat untuk belajar dan memperoleh
ketrampilan-ketrampilan, karenanya ia bisa diarahkan secara langsung. Oleh
sebab itu, masa ini termasuk masa yang paling penting dalam pendidikan dan
pengarahan anak.
a. Pengajaran baca Al Qur'an.
Al Qur'an adalah jalan lurus yang tak mengandung
suatu kebatilan apapun. Maka amat baik jika anak dibiasakan membaca Al Qu~an
dengan benar, dan diupayakan semaksimalnya agar menghafal Al Qur'an atau
sebagian besar darinya dengan diberi dorongan melalui berbagai cara. Karena
itu, kedua orangtua bendaklah berusaha agar putera puterinya masuk pada salah satu
madrasah untuk belajar Al Qur'an.
b. Pengajaran hak-hak kedua orangtua,
Diajarkan kepada anak untuk bersikap hormat,
taat dan berbuat baik kepada kedua orangtua, sehingga terdidik dan
terbiasa demikian. Anak sering bersikap durhaka dan melanggar hak-hak orangtua
disebabkan karena kurangnya perhatian orangtua dalam mendidik anak dan tidak
membiasakannya berbuat kebaikan sejak usia dini.
c. Pengajaran akhlak nu hade
Seperti etiket mengucapkan salam dan meminta izin,
etiket berpakaian, makan dan nninum,etiket berbicara dan bergaul dengan orang
lain. Juga diajarkan bagaimana bergaul dengan kedua orangtua, sanak famili yang
tua, kolega orangtua, guru-gurunya, kawan-kawannya dan teman
sepermainannya.
Diajarkan pula mengatur kamamya sendiri,
menjaga kebersihan rumah, menyusun alat bermain, bagaimana bermain tanpa
mengganggu orang lain dan bagaimana bertingkah laku di masjid dan disekolahan.
Pegajaran berbagai hal di atas dan juga lainnya
pertama-tama harus bersumber kepada Sunnah Rasulullah , lalu peri kehidupan
para salaf yang shaleh, kemudian karya tulis para pakar dalam bidang
pendidikan dan tata pergaulan.
Memperhatikan Anak Pada Masa Remaja
Pada masa ini pertumbuhan jasmani anak menjadi
cepat, wawasan akalnya bertambah luas, emosinya menjadi kuat dan semakin keras,
serta naluri seksualnya pun mulaibangkit.
Masa ini merupakan pendahuluan masa baligh.Karena
itu, para pendidik perlu memberikan perhatian terhadap masalah-masalah berikut
dalam menghadapi remaja:
1. Hendaknya anak, putera maupun puteri, merasa bahwa
dirinya sudah dewasa karena ia sendiri menuntut supaya diperlakukan sebagai
orang dewasa, bukan sebagai anak kecil lagi.
2. Diajarkan kepada anak hukum-hukum akilbaligh dan
diceritakan kepadanya kisah-kisah yang dapat mengembangkan dalam dirinya sikap
takwa dan menjauhkan diri dari hal yang haram.
3. Diberikan dorongan untuk ikut serta melaksanakan
tugas-tugas rumah tangga, seperti melakukan pekerjaan yang membuatnya merasa
bahwa dia sudah besar.
4. Berupaya mengawasi anak dan menyibukkan
waktunya dengan kegiatan yang bermanfaat serta mancarikan teman yang baik.
Maka kita semua tidak boleh melupakan aspek ini dan wajib memohon dan
berdo'a kepada Allah semoga berkenan menjadikan kita dan anak keturunan kita
orang-orang yang shaleh, hanya Dialah yang memberi petunjuk kepada jalan yang
lurus.
Oleh : Ibnu Muchtar