Khasiat Buah Mengkudu

Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Morinda Citrifolia L. merupakan nama latin dari buah mengkudu atau yang sering dikenal oleh masyarakat umum dengan nama pace. Buah mengkudu sudah sejak dulu dipercaya dan terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak heran jika buah mengkudu digunakan sebagai obat tradisional. Adapun cara untuk mendapatkan manfaat dari buah mengkudu yaitu dengan mengkonsumsinya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah mengkudu.


Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan antara lain sebagai :
1. Daya Tahan Tubuh.
Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Kesemua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
2. Anti Inflamasi.
Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena serangan jantung.
3. Analgesik.
Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa digunakan untuk meredam sakit kepala. Mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi.
4. Melawan Kuman.
Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang ada pada buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.
5. Anti Kanker.
Adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.
6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.
Buah mengkudu memiliki kandungan zat yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
7. Menormalkan Tekanan Darah.
Buah mengkudu dikenal juga mampu menurunkan darah tinggi. Hal tersebut disebabkan adanya zat Fitonutrien scopoletin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah.Akibatnya jantung tersebut tidak dapat kerja keras,sehingga dapat menormalkan tekanan darah.
8. Mengobati Tumor dan

Kanker.
Zat Aktif dalam buah mengkudu yang dapat menghambat sel kanker dan tumor.Karena suplai terhambat, maka tumor dan kanker dapat dimatikan.
9. Melancarkan pencernaan.
Menkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan. Penyakit seperti : perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu.
Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa buah mengkudu dapat menyembuhkan begitu banyak jenis penyakit? Hal ini terjadi karena buah mengkudu memiliki zat-zat yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Zat-zat yang terkandung dalam buah mengkudu adalah :
1. Zat Nutrisi.
Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
2. Terpenoid.
Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
3. Zat Anti Bakteri.
Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
4. Scolopetin.
Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
5. Zat Anti Kanker.
Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
6. Xeronine dan Proxeronine.
Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Pengunjung