Khasiat Daun Sirsak

Khasiat Daun Sirsak dan Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Sejak dahulu, sirsak telah dikenal di dunia herbal. Kata sirsak berasal dari bahasa Belanda “Zuurzak” yang berarti kantung yang asam. Sirsak (Annona muricata Linn) merupakan tanaman yang bisa tumbuh di negara yang memiliki iklim tropis, termasuk Indonesia. Tanaman ini mampu tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Namun meskipun demikian, ternyata tanaman ini juga mampu tumbuh dan berbuah di daerah yang datarannya rendah. Di seluruh belahan dunia menggunakan sirsak sebagai salah satu bahan obat penting untuk mencegah, mengatasi, dan menyembuhkan berbagai penyakit, dari penyakit yang tergolong ringan hingga penyakit yang tergolong berat/ganas



Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat sirsak untuk mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya adalah :

1. Manfaat Buah Sirsak untuk Osteoporosis
Mineral yang cukup dominan pada buah sirsak adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.
2. Manfaat Buah Sirsak untuk Hipertensi
Keunggulan sirsak terletak pada kasar sodium (natrium) yang rendah (14 mg/100 g) tetapi tinggi potassium (kalium), yaitu 278 mg/100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.
3. Manfaat Buah Sirsak untuk Antioksidan
Vitamin yang paling dominan buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 mg daging buah. Kebutuhan vitamih C perorang per hari yaitu 60 mg, telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gr daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya

tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan tetap awet muda.
4. Manfaat Daun Sirsak untuk Batu Ginjal
Batu ginjal merupakan gangguan pada ginjal akibat penimbunan atau pembentukan garam kalsium dalam urine. Pembentukan batu ginjal biasanya terjadi karena kebiasaan buang air kecil yang tidak teratur. Namun sampai saat ini penyebab utama pembentukan baru ginjal masih belum ditemukan. Daun sirsak berkhasiat mengobati penyakit batu ginjal yang biasanya di derita oleh pria produktif. Senyawa alami yang dikandung pada daun sisak seperti acetogenins, annocatin, annocatalin, annohexocin. annonacin, annomuricin, anomourine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleid acid, muricapentosin dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit batu ginjal.
5. Manfaat Daun Sirsak untuk Kanker
Kanker merupakan penyakit mematikan kedua di dunia setelah penyakit jantung. Terjadinya kanker disebabkan oleh sel abnormal jaringan tubuh yang tumbuh dan berkembang dengan cepat dan tak terkendali. Kanker atau biasa disebut tumor ganas barulah terjadi jika sel abnormal tersebut menumpuk pada jaringan dan organ tubuh. Apapun jenis penyakit kanker tidak selalu diobati dengan obat-obatan, operasi bedah, kemoterapi dan berbagai jenis pengobatan lainnya. Pengobatan alami kanker dapat dilakukan dengan pemanfaatan bahan ilmiah seperti daun sirsak. Daun sirsak dapat digunakan sebagai obat alami untuk menumpas sel-sel kanker dan membantu proses pengobatan dari penyakit kanker karena mengandung kimia alamiah yang terkandung seperti saponin, flavonoid, tanin, kalsium, fosfor, hidrat arang, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serta fistosterol, ca-oksalat dan alkaloid murisine yang mampu mengobati penyakit kanker. Salah satu contoh penggunaan daun sirsak ini banyak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi dan mengobati kanker payudara pada wanita.
Selain untuk mengobati penyakit penyakit-penyakit yang telah dijelaskan di atas, tanaman ini juga bersifat antibakteri, antiparasit, anti spasmodik, anti kanker, insektisida, hipotensif, mengobati sakit perut dn mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Pengunjung