Salam Sahabat, Kali ini saya akan menyajikan Contoh Makalah. Dengan Tema Substansi pengelolaan pendidikan dapat dikelompokkan menjadi substansi inti dan substansi ekstensi, substnsi inti terdiri dari pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, pengelolaan kelas, pengelolaan peserta didik, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan dan pengelolaan partisipasi masyarakat. Substansi ekstensi merupakan pendukung terhadap substansi inti antara lain berkaitan dengan pengelolaan waktu, konflik, pengelolaan sistem informasi, pengelolaan ketatausahaan sekolah dan pengelolaan kultur sekolah dan pengelolaan mutu pendidikan.Pengelolaan Pendidikan Di Sdn
Kahuripan Pamijahan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya. Semoga bermanfaat !!!
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Bidang garapan pengelolaan pendidikan
khususnya di sekolah dasar akan mempengaruhi dan memperlancar pelaksanaan
proses belajar mengajar. Kita sebagai calon seorang guru dituntut untuk
mengenal serta memahami tentang apa yang terjadi di sekolahnya karena dengan
mengetahui hal tersebut maka akan banyak membantu pelaksanaan tugas dalam
mengelola kegiatan belajar mengajar.
Substansi pengelolaan pendidikan dapat
dikelompokkan menjadi substansi inti dan substansi ekstensi, substnsi inti
terdiri dari pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, pengelolaan kelas,
pengelolaan peserta didik, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan
keuangan dan pengelolaan partisipasi masyarakat. Substansi ekstensi merupakan
pendukung terhadap substansi inti antara lain berkaitan dengan pengelolaan
waktu, konflik, pengelolaan sistem informasi, pengelolaan ketatausahaan sekolah
dan pengelolaan kultur sekolah dan pengelolaan mutu pendidikan.
B. Rumusan
Masalah
Adapun permasalahan yang selanjutnya
akan diekspose pada Bab II Pembahasan yaitu, sebagai berikut:
1.
Bagaimana
implementasi bidang garapan pengelolaan pendidikan khususnya di SDN Kahuripan,
Pamijahan-Bantarkalong Kab. Tasikmalaya?
C. Tujuan
Masalah
Penulis memiliki beberapa tujuan dalam pembuatan laporan
ini, yaitu:
1.
Untuk
mengetahui lebih luas tentang garapan pengelolaan pendidikan khususnya di SDN
Kahuripan.
2.
Untuk
memberikan sedikit pemahaman penulis kepada para pembaca terkait dengan
pengelolaan pendidikan khususnya di SD dan memberikan gambaran kepada kita
sebagai calon guru.
3.
Untuk
diajukan sebagai salah satu tugas dari dosen pengelolaan pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengelolaan
Kesiswaan
Dalam pengelolaan kesiswaan ini
khususnya di SDN Kahuripan ada beberapa garapannya yaitu sebagai berikut:
-
Pengisian
data murid baru
-
Kelengkapan
data-data murid
-
Program wajar
9 tahun
-
Pencatatan
kehadiran murid
-
Menginventarisir
kegiatan organisasi murid.
¨
Di bawah ada
beberapa data keadaan murid SDN Kahuripan Tahun 2007/2008
Kelas
|
Awal
Tahun
|
Keluar
|
Masuk
|
Akhir
Tahun
|
|||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
Jumlah
|
|
I
|
-
|
-
|
-
|
-
|
18
|
15
|
33
|
II
|
8
|
12
|
2
|
1
|
1
|
-
|
18
|
III
|
9
|
11
|
1
|
-
|
1
|
1
|
21
|
IV
|
12
|
11
|
1
|
-
|
-
|
-
|
22
|
V
|
13
|
10
|
1
|
-
|
2
|
-
|
24
|
VI
|
7
|
5
|
-
|
1
|
-
|
-
|
11
|
Jml
|
49
|
49
|
5
|
2
|
22
|
16
|
129
|
¨
Rekapitulasi
Kenaikan Tahun Pelajaran 2007/2008
Kelas
|
Murid
yang naik
|
Murid
yang tidak naik
|
Jumlah
|
Ket
|
||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
I
|
19
|
14
|
33
|
|||
II
|
7
|
11
|
18
|
|||
III
|
9
|
12
|
21
|
|||
IV
|
11
|
11
|
22
|
|||
V
|
14
|
10
|
24
|
|||
VI
|
7
|
4
|
11
|
Lulus
|
||
Jml
|
67
|
62
|
129
|
Presentase kenaikan :
100%
Siswa yang naik :
100%
Siswa yang tidak naik :
Murid kelas enam yang mengikuti UAS : 7L + 4P = 11 orang
Murid kelas enam yang lulus UAS : 7L + 4P = 11 orang
Yang melanjutkan:
-
SLTP :
1L + P = 1 orang
-
MTsN :
5L + 3P = 8 orang
-
PonTren :
1L + 1P = 2 orang
Kegiatan-kegiatan yang diikuti tahun 2007/2008.
¨
Hardiknas
1.
Lomba mata
pelajaran Bahasa Indonesia juara III
2.
Catur juara
ke-2 kecamatan
3.
Lomba mata
pelajaran IPS juara 1 tingkat kecamatan
4.
Lompat jauh
juara tingkat kecamatan
¨
Porsivita
1.
Atletik lolos
ke kabupaten
2.
Tenis meja
juara 1 tingkat kecamatan lolos ke kabupaten
3.
Lomba mata
pelajaran masuk 10 besar.
B. Pengelolaan
Kurikulum
Garapan pengelolaan kurikulum khususnya
di SDN Kahuripan adalah sebagai berikut:
-
Menyusun
program pengajaran
-
Program KBM
-
Menganalisa
hasil KBM
-
Evaluasi KBM
-
Administrasi
UAS
Dalam pelaksanaan kurikulum di SDN
Kahuripan diantaranya menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.
Pelaksanaan
kurikulum di dasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik
untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya.
2.
Kurikulum
dilaksanakan dengan menegakkan ke lima pilar pelajar, yaitu:
a.
Belajar untuk
menerima dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa.
b.
Belajar untuk
memahami dan menghayati.
c.
Belajar untuk
mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif.
d.
Belajar untuk
hidup bersama dan berguna bagi orang lain.
e.
Belajar untuk
membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan.
3.
Pelaksanaan
kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan dan percepatan sesuai dengan potensi tahap perkembangan dan
kondisi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan dan moral.
4.
Kurikulum
dilaksanakan dalam suasana hubungan
peserta didik dan pendidikan yang saling menerima dan menghargai, akrab,
terbuka dan hangat dengan prinsip Tut Wuri Handayani, Ing Madya Mangun Karsa,
Ing ngarsa Sung Tulada (dibelakang
memberikan daya dan kekuatan, ditengah membangun semangat dan prakasa,
di depan memberikan contoh dan teladan.
5.
Kurikulum
dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multi strategi dan multi media,
sumber belajar dan teknologi yang memadai dan memanfaatkan lingkungan sekitar.
6.
Kurikulum
dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya.
7.
Kurikulum
yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran muatan lokal dan
pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan dan
kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang
pendidikan.
C. Pengelolaan
Sarana dan Prasarana
Dalam pengelolaan sarana dan prasarana
garapannya adalah sebagai berikut:
-
Mengatur
buku-buku pelajaran bagi siswa
-
Pengadaan
serta mengatur alat-alat pelajaran
-
Pengadaan
buku sumber
-
Mengatur
serta mengelola perpustakaan sekolah
-
Mengatur
serta mengelola alat-alat pelajaran olahraga, kesenian dan keterampilan.
Sarana dan kelengkapan alat-alat di SD Kahuripan:
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
|
Keadaan
|
Ket
|
||
Baik
|
Sedang
|
Rusak
|
||||
1.
|
Kursi murid
|
250
|
129
|
91
|
30
|
|
2.
|
Meja Murid
|
125
|
65
|
42
|
17
|
|
3.
|
Lemari buku
|
6
|
3
|
0
|
3
|
|
4.
|
Meja guru
|
6
|
4
|
0
|
2
|
|
5.
|
Papan tulis
|
6
|
4
|
0
|
2
|
|
6.
|
Kursi tamu
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|
7.
|
Rak buku
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|
8.
|
Mesin tik
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|
9.
|
Komputer
|
1
|
1
|
0
|
0
|
-
Penyediaan
air bersih bersih : ada
-
Penerangan/listrik : ada
-
WC : ada
-
Mushola : tidak ada
D. Pengelolaan
Keuangan
Garapan pengelolaan keuangan khususnya di
SDN Kahuripan ialah sebagai berikut:
-
Mengatur dan
menerima uang sumbangan dewan sekolah
-
Mengatur,
menerima dan membayarkan gaji pegawai
-
Mengelola
uang SPBB
-
Mengatur
serta mengamankan uang tabungan siswa.
Anak yang dapat beasiswa sebanyak 4
(empat) orang, uang tersebut langsung diberikan kepada yang bersangkutan.
E. Pengelolaan
Hubungan Sekolah dan Masyarakat
Garapan dalam hal ini ialah sebagai
berikut:
-
Mengatur
hubungan sekolah dengan instansi pemerintah
-
Mengatur
hubungan sekolah dengan orang tua siswa
-
Menyampaikan
informasi pendidikan kepada masyarakat
F. Pengelolaan
Personil
Dalam pengelolaan personil ini ada
beberapa garapannya, diantaranya:
-
Menginventarisasi
tenaga pengajar
-
Mengatur
pembagian tugas pengajar bagi guru dan tugas penjaga
-
Menyelenggarakan
daftar hadir/peluang dan cuti bagi pegawai
-
Mengusulkan
kenaikan pangkat secara kredit poin bagi guru yang sudah memenuhi syarat.
Keadaan personil SDN Kahuripan
¨
Awal tahun : Guru umum :
2L + 1P
Guru mata pelajaran : 1L + 1P
Jumlah : 3L + 2P
Penjaga : tidak ada
Sukwan : 3P + 2P
¨
Akhir tahun : Guru Umum :
2L + 2P
Guru mata pelajaran : 1L + 1P
Jumlah : 3L + 2P
Penjaga : tidak ada
Sukwan : 3P
Jumlah : 3L + 5P
Keterangan:
- Jumlah semua : 8 orang
- Kekurangan guru : 3 orang (guru umum)
- Guru sukwan : 3 orang (mengajar bahasa
Inggris, KTK, Agama)
No
|
Nama
|
Gol/
Ruang
|
Jabatan
|
Ket
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Nani Nuryani
Nasihah Abd. A .A.Ma.Pd
Wawan, S.Pd.I
Muhlas, A.Ma.Pd
Anwar Sanusi, S.Pd
R. Lita M. A.Ma.Pd
Ratni, S.Pd
Emin
Kartini
|
IV/a
IV/a
IV/a
IV/a
IV/a
III/b
|
Guru
Pembina
Guru
dewasa TK
Guru
dewasa
Guru
dewasa
Guru
dewasa
Guru
muda
|
Kepala Sekolah
Guru Kelas I
Guru Kelas IV,III
Guru Kelas IV
Guru Kelas V
Guru Kelas III
Guru bidang
Guru bidang
Guru Bidang II
|