Contoh Penulisan Makalah Pengelolaan Pendidikan | Di Sdn Kahuripan Pamijahan Bantarkalong Kab. Tasikmalaya

Salam Sahabat, Kali ini saya akan menyajikan Contoh Makalah. Dengan Tema Substansi pengelolaan pendidikan dapat dikelompokkan menjadi substansi inti dan substansi ekstensi, substnsi inti terdiri dari pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, pengelolaan kelas, pengelolaan peserta didik, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan dan pengelolaan partisipasi masyarakat. Substansi ekstensi merupakan pendukung terhadap substansi inti antara lain berkaitan dengan pengelolaan waktu, konflik, pengelolaan sistem informasi, pengelolaan ketatausahaan sekolah dan pengelolaan kultur sekolah dan pengelolaan mutu pendidikan.Pengelolaan Pendidikan Di Sdn Kahuripan Pamijahan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya.  Semoga bermanfaat !!!

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Bidang garapan pengelolaan pendidikan khususnya di sekolah dasar akan mempengaruhi dan memperlancar pelaksanaan proses belajar mengajar. Kita sebagai calon seorang guru dituntut untuk mengenal serta memahami tentang apa yang terjadi di sekolahnya karena dengan mengetahui hal tersebut maka akan banyak membantu pelaksanaan tugas dalam mengelola kegiatan belajar mengajar.
Substansi pengelolaan pendidikan dapat dikelompokkan menjadi substansi inti dan substansi ekstensi, substnsi inti terdiri dari pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, pengelolaan kelas, pengelolaan peserta didik, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan dan pengelolaan partisipasi masyarakat. Substansi ekstensi merupakan pendukung terhadap substansi inti antara lain berkaitan dengan pengelolaan waktu, konflik, pengelolaan sistem informasi, pengelolaan ketatausahaan sekolah dan pengelolaan kultur sekolah dan pengelolaan mutu pendidikan.
B.     Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang selanjutnya akan diekspose pada Bab II Pembahasan yaitu, sebagai berikut:
1.      Bagaimana implementasi bidang garapan pengelolaan pendidikan khususnya di SDN Kahuripan, Pamijahan-Bantarkalong Kab. Tasikmalaya?
C.    Tujuan Masalah
Penulis memiliki beberapa tujuan dalam pembuatan laporan ini, yaitu:
1.      Untuk mengetahui lebih luas tentang garapan pengelolaan pendidikan khususnya di SDN Kahuripan.
2.      Untuk memberikan sedikit pemahaman penulis kepada para pembaca terkait dengan pengelolaan pendidikan khususnya di SD dan memberikan gambaran kepada kita sebagai calon guru.
3.      Untuk diajukan sebagai salah satu tugas dari dosen pengelolaan pendidikan.


BAB II
PEMBAHASAN
  
A.    Pengelolaan Kesiswaan
Dalam pengelolaan kesiswaan ini khususnya di SDN Kahuripan ada beberapa garapannya yaitu sebagai berikut:
-          Pengisian data murid baru
-          Kelengkapan data-data murid
-          Program wajar 9 tahun
-          Pencatatan kehadiran murid
-          Menginventarisir kegiatan organisasi murid.
¨      Di bawah ada beberapa data keadaan murid SDN Kahuripan Tahun 2007/2008
Kelas
Awal Tahun
Keluar
Masuk
Akhir Tahun
L
P
L
P
L
P
Jumlah
I
-
-
-
-
18
15
33
II
8
12
2
1
1
-
18
III
9
11
1
-
1
1
21
IV
12
11
1
-
-
-
22
V
13
10
1
-
2
-
24
VI
7
5
-
1
-
-
11
Jml
49
49
5
2
22
16
129

¨      Rekapitulasi Kenaikan Tahun Pelajaran 2007/2008
Kelas
Murid yang naik
Murid yang tidak naik
Jumlah
Ket
L
P
L
P
I
19
14


33

II
7
11


18

III
9
12


21

IV
11
11


22

V
14
10


24

VI
7
4


11
Lulus
Jml
67
62


129


Presentase kenaikan                                        : 100%
Siswa yang naik                                              : 100%
Siswa yang tidak naik                                     :       
Murid kelas enam yang mengikuti UAS         : 7L + 4P =  11 orang
Murid kelas enam yang lulus UAS                 : 7L + 4P =  11 orang
Yang melanjutkan:
-  SLTP                                    : 1L + P   = 1 orang
-  MTsN                                   : 5L + 3P = 8 orang
-  PonTren                               : 1L + 1P = 2 orang

Kegiatan-kegiatan yang diikuti tahun 2007/2008.
¨      Hardiknas
1.      Lomba mata pelajaran Bahasa Indonesia juara III
2.      Catur juara ke-2 kecamatan
3.      Lomba mata pelajaran IPS juara 1 tingkat kecamatan
4.      Lompat jauh juara tingkat kecamatan    
¨      Porsivita
1.      Atletik lolos ke kabupaten
2.      Tenis meja juara 1 tingkat kecamatan lolos ke kabupaten
3.      Lomba mata pelajaran masuk 10 besar.
B.     Pengelolaan Kurikulum
Garapan pengelolaan kurikulum khususnya di SDN Kahuripan adalah sebagai berikut:
-          Menyusun program pengajaran
-          Program KBM
-          Menganalisa hasil KBM
-          Evaluasi KBM
-          Administrasi UAS
Dalam pelaksanaan kurikulum di SDN Kahuripan diantaranya menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.      Pelaksanaan kurikulum di dasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya.
2.      Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan ke lima pilar pelajar, yaitu:
a.       Belajar untuk menerima dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa.
b.      Belajar untuk memahami dan menghayati.
c.       Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif.
d.      Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain.
e.       Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
3.      Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan  yang bersifat perbaikan, pengayaan dan percepatan  sesuai dengan potensi tahap perkembangan dan kondisi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan dan moral.
4.      Kurikulum dilaksanakan dalam suasana  hubungan peserta didik dan pendidikan yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka dan hangat dengan prinsip Tut Wuri Handayani, Ing Madya Mangun Karsa, Ing ngarsa Sung Tulada (dibelakang  memberikan daya dan kekuatan, ditengah membangun semangat dan prakasa, di depan memberikan contoh dan teladan.
5.      Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multi strategi dan multi media, sumber belajar dan teknologi yang memadai dan memanfaatkan lingkungan sekitar.
6.      Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya.
7.      Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran muatan lokal dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan.  
C.    Pengelolaan Sarana dan Prasarana
Dalam pengelolaan sarana dan prasarana garapannya adalah sebagai berikut:
-          Mengatur buku-buku pelajaran bagi siswa
-          Pengadaan serta mengatur alat-alat pelajaran
-          Pengadaan buku sumber
-          Mengatur serta mengelola perpustakaan sekolah
-          Mengatur serta mengelola alat-alat pelajaran olahraga, kesenian dan keterampilan.
Sarana dan kelengkapan alat-alat di SD Kahuripan:
No
Nama Barang
Jumlah
Keadaan

Ket
Baik
Sedang
Rusak
1.
Kursi murid
250
129
91
30

2.
Meja Murid
125
65
42
17

3.
Lemari buku
6
3
0
3

4.
Meja guru
6
4
0
2

5.
Papan tulis
6
4
0
2

6.
Kursi tamu
1
1
0
0

7.
Rak buku
1
1
0
0

8.
Mesin tik
1
1
0
0

9.
Komputer
1
1
0
0


-          Penyediaan air bersih bersih    : ada
-          Penerangan/listrik                    : ada
-          WC                                          : ada
-          Mushola                                  : tidak ada
D.    Pengelolaan Keuangan
Garapan pengelolaan keuangan khususnya di SDN Kahuripan ialah sebagai berikut:
-          Mengatur dan menerima uang sumbangan dewan sekolah
-          Mengatur, menerima dan membayarkan gaji pegawai
-          Mengelola uang SPBB
-          Mengatur serta mengamankan uang tabungan siswa.
Anak yang dapat beasiswa sebanyak 4 (empat) orang, uang tersebut langsung diberikan kepada yang bersangkutan. 
E.     Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat
Garapan dalam hal ini ialah sebagai berikut:
-          Mengatur hubungan sekolah dengan instansi pemerintah 
-          Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua siswa
       -          Menyampaikan informasi pendidikan kepada masyarakat               
F.     Pengelolaan Personil
Dalam pengelolaan personil ini ada beberapa garapannya, diantaranya:
-          Menginventarisasi tenaga pengajar
-          Mengatur pembagian tugas pengajar bagi guru dan tugas penjaga
-          Menyelenggarakan daftar hadir/peluang dan cuti bagi pegawai
-          Mengusulkan kenaikan pangkat secara kredit poin bagi guru yang sudah memenuhi syarat.
Keadaan personil SDN Kahuripan
¨      Awal tahun     : Guru umum                           : 2L + 1P
  Guru mata pelajaran              : 1L + 1P
  Jumlah                                   : 3L + 2P
  Penjaga                                  : tidak ada
  Sukwan                                 : 3P + 2P

¨      Akhir tahun     : Guru Umum                          : 2L + 2P
  Guru mata pelajaran              : 1L + 1P
  Jumlah                                   : 3L + 2P
  Penjaga                                  : tidak ada
  Sukwan                                 : 3P
  Jumlah                                   : 3L + 5P
Keterangan:
-   Jumlah semua                : 8 orang
-   Kekurangan guru          : 3 orang (guru umum)
-   Guru sukwan                : 3 orang (mengajar bahasa Inggris, KTK, Agama)

No
Nama
Gol/
Ruang
Jabatan
Ket
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
Nani Nuryani
Nasihah Abd. A .A.Ma.Pd
Wawan, S.Pd.I
Muhlas, A.Ma.Pd
Anwar Sanusi, S.Pd
R. Lita M. A.Ma.Pd
Ratni, S.Pd
Emin
Kartini
IV/a
IV/a
IV/a
IV/a
IV/a
III/b

Guru Pembina
Guru dewasa TK
Guru dewasa
Guru dewasa
Guru dewasa
Guru muda

Kepala Sekolah
Guru Kelas I
Guru Kelas IV,III
Guru Kelas IV
Guru Kelas V
Guru Kelas III
Guru bidang
Guru bidang
Guru Bidang II

 



Pengunjung