BAB
II
RUANG
LINGKUP AKUNTANSI MANAJEMEN
Mengoprasikan sebuah organisasi yang kompleks dengan efisien dan efektif, manajemen membutuhkan
informasi terinci tentang operasi perusahaan. Tanpa informasi tentang operasi,
manajemen tidak mungkin membuat keputusan dengan tepat.
Tiga hal penting yang
mendasari pembahasan akuntansi manajemen, yaitu : Laporan Akuntansi, Hubungan
antar Aktivitas dalam Perusahaan, dan Proses Pengolahan.
Tugas pokok akuntansi adalah
membantu manajemen memperoleh informasi, mengorganisasikan, dan menyajikan
dalam bentuk laporan yang berupa informasi keuangan untuk pencapaian tujuan
perusahaan.
Letak fungsi akuntansi dalam
organsisasi adalah sebagai staf yang mempunyai tugas tidak langsung dalam
mencapai tujuan perusahaan sebagai jasa informasi dan konsultasi.
Secara garis besar, ruang
lingkup manajemen meliputi organisasi dan tujuan organisasi, strategi, struktur
organisasi, fungsi manajemen.
Organisasi adalah sekelompok
orang yang bekerja bersama dan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
Tujuan adalah arah yang hendak
dicapai oleh sebuah organisasi. Dilihat dari tujuannya, organisasi “nirlaba dan
laba”.
Strategi perusahaan dalam
menjalankan usahanya selalu melibatkan pemilihan bidang industri yang akan
dimasuki, produk yang akan dibuat, metode distribusi, dan alternatif untuk
memuaskan konsumen.
Struktur organisasi adalah
bagan yang menggambarkan bagian-bagian yang ada dalam sebuah organisasi sesuai
dengan tugas dan fungsi masing-masing. Ada beberapa jenis struktur organisasi,
antara lain struktur organisasi fungsional (cocok digunakan dalam perusahaan
yang mementingkan economisc of sale). Struktur organisasi devisional, setiap
devisi berhak dan berkewajiban memperoleh laba yang akan disumbangkan kepada
perusahaan. Struktur organisasi matrik membagi organisasi menjadi bagian
fungsional dan proyek. Memilih struktur organisasi yang tepat harus
mempertimbangkan tujuan, jenis, prholosofi manajemen, visi dan misi perusahaan.
Fungsi pokok manejemen pada
dasarnya adalah berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian.
Akuntansi manajemen
berhubungan dengan informasi kuantitatif berupa uang. Informasi operasi adalah
informasi mengenai operasi perusahaan secara terperinci. Laporan keuangan
merupakan klasifikasi dan ringkasan dari informasi operasi. Akuntansi manajemen
merupakan perincian dari informasi juga merupakan sumber dari informasi
akuntansi manajemen.
Tiga jenis konstruksi biaya
dalam hubungannya dengan akuntansi menajemen, yaitu akuntansi biaya penuh, akuntansi
biaya diferensial, dan akuntansi pertanggungjawaban. Harga penuh dari suatu
item adalah jumlah seluruh biaya langsung yang berkenaan dengan item tersebut
ditambah bagian yang layak dibebankan kepada item tersebut dengan biaya tidak
langsung.
Akuntansi diferensial harus
dijabarkan dalam bentuk uang, untuk biaya yang berhubungan dengan akuntansi
diferensial disebut biaya diferensial, yakni biaya yang berbeda antara satu set
kondisi/alternatif yang satu dengan kondisi yang lain.
Akuntansi pertanggungjawaban
adalah hasil perbandingan pelaksanaan center dan rencana yang ada yang
dilaporkan kepada pimpinan yang lebih tinggi.